Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Berani Banget! Miliarder Ini Blak-blakan Sebut Visa & Mastercard Akan Jadi Pecundang Bisnis

        Berani Banget! Miliarder Ini Blak-blakan Sebut Visa & Mastercard Akan Jadi Pecundang Bisnis Kredit Foto: Reuters/Maxim Zmeyev
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Miliarder investor Chamath Palihapitya dengan berani meramalkan bahwa Visa dan Mastercard, yang merupakan dua pemroses pembayaran terbesar akan digulingkan oleh proyek-proyek blockchain dan DeFi (decentralized finance) yang baru muncul pada tahun 2022.

        "Pecundang bisnis terbesar saya untuk tahun 2022 adalah Visa dan MasterCard dan jalur pembayaran tradisional dan seluruh ekosistem di sekitarnya," katanya berani dalam sebuah episode "All-In Podcast" yang dirilis Rabu.

        Melansir Business Insider di Jakarta, Senin (10/1/22) menurutnya, sistem pembayaran lama yang digunakan di seluruh dunia adalah duopoli yang dibuat-buat dan tidak perlu ada.

        Baca Juga: Kata Miliarder Jepang Usai Kembali dari Luar Angkasa: Tidak Seseram Naik Rollercoaster

        Palihapitya, mantan eksekutif Facebook yang menjalankan dana modal ventura Social Capital ini membagikan pandangannya apa yang akan menjadi perdagangan spread paling menguntungkan seumur hidupnya di tahun mendatang.

        "Persingkatlah perusahaan-perusahaan ini dan siapa pun yang pada dasarnya hidup dari pajak (transaksi) 2 atau 3% ini, dan pikirkan baik-baik, proyek kripto Web3 yang membangun kembali infrastruktur pembayaran dengan cara yang sepenuhnya terdesentralisasi," katanya.

        Tanpa menjelaskan secara spesifik, ia memperkirakan pada saat yang sama bahwa banyak proyek crypto scammy ini akan menjadi nol.

        “Jika Anda membaca whitepaper dari proyek-proyek crypto ini, dan Anda secara sistematis menyusun kerangka kerja, saya pikir Anda dapat memperpanjang dan Anda dapat menjadi Visa/MasterCard pendek, karena saya pikir ini adalah kapitalisasi pasar puncak mereka,” tambahnya.

        Sebelumnya perlu diketahui bahwa perdagangan spread adalah pesanan pasar di mana seorang pedagang secara bersamaan melakukan pembelian satu sekuritas dan penjualan sekuritas terkait dalam satu unit. Investor melakukan perdagangan ini untuk mencoba mendapatkan keuntungan dari spread, atau perbedaan antara harga beli dan jual.

        Palihapitya mendasarkan pendapatnya pada keputusan Amazon untuk melarang penggunaan kartu kredit Visa di Inggris bulan lalu karena biaya transaksi yang tinggi.

        "Amazon tidak akan melakukan hal seperti itu, menurut pendapat saya, kecuali itu adalah tes yang mereka lakukan di seluruh dunia." ujarnya. "Saat ini benar-benar tidak perlu bagi semua usaha kecil ini untuk duduk di atas rel Visa, MasterCard, dan AmEx. Itu tidak perlu."

        Dia juga memperkirakan penggerak pertama untuk adopsi teknologi yang muncul ini akan berasal dari negara berkembang.

        "Inilah mengapa saya pikir fokus di pasar seperti Nigeria bagi saya jauh lebih menarik daripada berbicara tentang negara-negara Eropa Barat yang memudar ini. Di sinilah hal ini akan terjadi," katanya.

        "Kami akan melihat ke belakang dalam 10 tahun dan kapitalisasi pasar (pemroses pembayaran tradisional) akan jauh lebih rendah." lanjutnya.

        Sebagaimana diketahui, Visa dan Mastercard telah berkinerja buruk pada tahun 2021, dengan harga saham mereka secara kasar datar tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan sekitar 27% di S&P 500.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: