Hebat!! Edward Tirtanata Jadikan Ide Receh Kopi Kenangan Membekas di Hati Customer
CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata mengungkap bahwa harga kopi paling murah di Kopi Kenangan yakni Americano dengan harga sekitar Rp15 ribu-an. Nama Kopi Kenangan sendiri terinspirasi dari kenangan bersama mantan, yang sedikit banyak ada yang berdasarkan pengalaman pribadi Edward.
Dalam video YouTube Merry Riana "EDWARD TIRTANATA: GILA! IDE BISNISNYA RECEH, TAPI CABANG DIMANA-MANA | The Merry Riana Show", Edward mengatakan bahwa sebagian besar ide Kopi Kenangan berasal darinya yang dikonsultasikan bersama 'Branding Consultant'. Edward mengakui meski terkesan receh, namun nama tersebut justru membekas di hati para customer.
Baca Juga: Wah Gak Nyangka! Bos Kopi Kenangan Edward Tirtanata Pernah Jualan Baju Ngambil dari Tanah Abang!
Dalam mencari ide, Edward mengatakan bahwa ia lebih sering tercetus ide justru saat ia sedang tidak mencari.
"Dari bikin nama, logo sampai toko pertama jadi tuh persiapannya hanya tiga bulan," ujar Edward.
Kopi Kenangan sendiri memiliki aplikasi pemesanan kopi. Nama membernya pun unik-unik mulai dari Jomblo, Baper, CLBK hingga Bahagia. Edward berujar bahwa kata 'Bahagia' ini merujuk pada ketika istri, pacar dan mantan 'akur' bersamaan.
Adapun target pasar Kopi Kenangan, Edward membongkar bahwa ia cukup kaget melihat harga kopi di Jakarta yang rata-rata seharga Rp40 ribu-an. Menurut Edward, jika semua orang meminum kopi seharga itu saja sudah separuh UMR Jakarta. Oleh karena itu, Edward merasa kopi seharusnya bisa ramah di kantong banyak orang.
Terakhir, Edward mengungkap bahwa marketing yang baik adalah marketing yang 'effortless' tidak membutuhkan banyak uang. Edward menganalogikan marketing Kopi Kenangan dengan punya pacar. Jika seseorang punya pacar karena menghabiskan uang, itu berarti ada yang salah.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: