Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gokil! Jack Dorsey Umumkan Bakal Tambang Bitcoin Sendiri

        Gokil! Jack Dorsey Umumkan Bakal Tambang Bitcoin Sendiri Kredit Foto: Joshua Roberts/Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pendiri dan CEO Block Jack Dorsey baru saja mengkonfirmasi bahwa perusahaannya yang sebelumnya dikenal dengan nama Square, berencana untuk membangun sistem penambangan bitcoin.

        “Kami secara resmi membangun sistem penambangan bitcoin terbuka,” cuit Dorsey di Twitter pada hari Kamis kemarin.

        Sebelumnya, perusahaan pertama kali mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan proyek tersebut pada bulan Oktober.

        Baca Juga: Mantan CEO Twitter, Jack Dorsey Berencana Bentuk Bitcoin Legal Defense Fund

        Melansir CNBC International di Jakarta, Jumat (14/1/22) tujuan proyek ini adalah untuk membuat penambangan bitcoin lebih terdistribusi dan efisien, tweet Thomas Templeton, manajer umum perusahaan untuk hardware.

        Sebagaimana diketahui, bitcoin merupakan cryptocurrency terbesar berdasarkan nilai pasar. Bitcoin beroperasi pada model bukti kerja (PoW), di mana penambang harus bersaing untuk memecahkan teka-teki kompleks untuk memvalidasi transaksi.

        Proses tersebut tidak mudah: Membutuhkan banyak energi dan daya komputer yang tidak murah. Komputer khusus itu sendiri, bersama dengan peralatan lainnya, juga bisa sangat mahal.

        Templeton menyebutkan bahwa ada sejumlah titik keluhan pelanggan dan tantangan teknis di komunitas pertambangan yang ingin ditangani oleh Block, termasuk ketersediaan rig penambangan, harga tinggi, keandalan, dan konsumsi daya.

        “Bagi kebanyakan orang, rig penambangan sulit ditemukan. Setelah Anda berhasil melacaknya, harganya mahal dan pengirimannya tidak dapat diprediksi,” tweet Templeton.

        “Bagaimana kita bisa membuatnya sehingga siapa pun, di mana pun, dapat dengan mudah membeli rig penambangan?” tambahnya. “Kami ingin membangun sesuatu yang berfungsi. Apa yang bisa kita sederhanakan untuk mewujudkannya?”

        Templeton mengatakan bahwa Block sedang mengembangkan tim insinyur perangkat keras dan perancang perangkat lunak untuk menilai pertanyaan-pertanyaan ini.

        “Mengembangkan produk bukanlah perjalanan sendirian, dan mengevaluasi teknologi yang ada selalu menjadi bagian dari praktik kami,” katanya.

        Pengumuman ini sejatinya tidak mengejutkan. Bukan rahasia lagi bahwa Dorsey menyukai dan memiliki bitcoin.

        Sebelum melontarkan gagasan pergantian nama menjadi Block (sebelumnya Square) dan ingin membangun sistem penambangan pada bulan Oktober, Dorsey juga mengatakan pada bulan Agustus bahwa dia mencoba untuk menambang bitcoin sendiri.

        “Menambang tidak dapat diakses oleh semua orang,” tweet Dorsey pada bulan Oktober. “Penambangan Bitcoin harus semudah mencolokkan rig ke sumber listrik.”

        Saat ini, Bitcoin diperdagangkan di sekitar USD42.598 (Rp609 juta), menurut Coin Metrics.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: