Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Berhasil Cetak Kinerja Ciamik, Jasa Raharja Tatap Tahun 2022 Dengan Target Tumbuh Berkelanjutan

        Berhasil Cetak Kinerja Ciamik, Jasa Raharja Tatap Tahun 2022  Dengan Target Tumbuh Berkelanjutan Kredit Foto: Jasa Raharja
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Jasa Raharja (Persero) yang merupakan BUMN penyelenggara program perlindungan dasar kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan, terus berupaya mengoptimalkan peran dan fungsinya dalam memberikan perlindungan santunan korban kecelakaan lalu lintas melalui berbagai langkah transformasi digital dan inovasi. Manajemen menargetkan kinerja tahun 2022 dapat tumbuh berkelanjutan, setelah meletakkan pondasi fundamental perusahaan pada tahun 2021 lalu.

        Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan, manajemen dan seluruh insan Jasa Raharja terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, melakukan inovasi transformasi digital, dan efisiensi. Ketiga langkah ini menjadi kunci bagi pertumbuhan perusahaan di saat pandemi maupun menjadi pondasi pertumbuhan yang berkelanjutan.

        “Dari sisi kualitas pelayanan santunan, Jasa Raharja menyerahkan total santunan sebesat Rp2,41 triliun mengalami kenaikan 3,2% dibandingkan tahun 2020. Sementara dalam kecepatan penyerahan santunan meninggal dunia berhasil merealisasikan rata-rata kecepatan pemberian santunan secara nasional 1 hari 10 jam dan 15 menit, 24 detik, sejak berkas diserahkan,” jelas Rivan.

        Baca Juga: Jasa Raharja Jabar Berikan Santunan Korban Kecelakaan Bagi Ahli Waris Handi dan Salsabila

        Langkah transformasi digital untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat juga dilakukan melalui pengembangan aplikasi JRKu dan Sistem Verifikasi Rawatan (Sivera). Integrasi sistem pelayanan santunan dengan IRSMS Korlantas Polri, Sistem Kependudukan dan Catatan Sipil Ditjen Dukcapil, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit dan perbankan.

        Lebih lanjut Rivan memaparkan, selain mempercepat kualitas pelayanan, Jasa Raharja sepanjang tahun lalu juga melakukan berbagai transformasi digital seperti antara lain penerapan sistem DASI-JR, sistem keuangan ORACLE e-Business Suite untuk transaksi pendapatan, investasi, klaim dan lain-lain, kemudian sistem pelaporan manajemen risiko digital Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMR), tata kelola SDM melalui HRIS, MOVIS, tata persuratan digital SIAP-JR, dan PKBL Online.

        Dengan berbagai langkah transformasi tersebut, Jasa Raharja berhasil membukukan kinerja tahun 2021 yang positif. Hal ini terlihat dari pertumbuhan laba bersih sebesar Rp1,64 triliun, meningkat 9,29% dari perolehan laba bersih tahun 2020. Dengan perolehan laba tersebut, Jasa Raharja menyumbang 65% lebih terhadap Holding Perasuransian dan Penjaminan (Indonesia Financial Group/IFG).

        Baca Juga: Tekan Angka Laka Lantas, Jasa Raharja Luncurkan Program Silaturahmi Online Bertajuk Sayang JR

        Nilai aset perusahaan juga berhasil tumbbuh 2,47% sepanjang tahun lalu, sementara itu nilai ekuitas (unaudited) tumbuh 2,28%. Rasio Risk Based Capital (RBC) perusahaan di atas 700%, jauh di atas ketentuan regulator sebesar 120%.

        Kondisi ini tentunya tidak membuat kami berpuas diri saat ini kami sedang terus mengembangkan fitur fitur dalam aplikasi JRku yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam keselamatan transportasi, tambah Rivan.

        Fitur dapat dimanfaatkan masyarakat diantaranya fitur santunan online untuk pengajuan santunan, kendaraanku untuk mendapatkan notifikasi masa berlaku Pajak Kendaraan Bermotor, serta yang akan menjadi solusi adalah Jalanku dimana dengan fitur ini masyarakat akan mendapatkan notifikasi apabila memasuki daerah rawan kecelakaan saat melakukan perjalanan ungkap Rivan.

        Selain hal tersebut saat ini Jasa Raharja juga telah memiliki jaringan yang tersebar diseluruh Indonesi dan sudah terintergaa dengan 29 Kantor Cabang, 63 Kantor Perwakilan, 31 Kantor Pelayanan, 1.646 Kantor Bersama Samsat dan telah bekerjasama dengan 2.368 Rumah Sakit di seluruh Indonesia tutup Rivan. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Bagikan Artikel: