Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wajib Tahu! Ini 9 Manfaat Sedekah yang Jarang Kita Sadari

        Wajib Tahu! Ini 9 Manfaat Sedekah yang Jarang Kita Sadari Kredit Foto: Unsplash/Bady QB
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sepanjang menjalani hari hingga satu tahun lamanya, coba hitung berapa kali Anda bersedekah. Sedekah merupakan perbuatan baik dalam wujud memberi yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Berbeda dengan zakat fitrah yang sifatnya wajib dan memiliki peraturan tertentu, perolehan manfaat sedekah setelah memberikan uang, barang atau cukup ilmu pengetahuan.

        Inilah manfaat sedekah yang jarang disadari, seperti dirangkum, Kamis (3/2/2022).

        1. Membebaskan Kita dari Siksa Kubur

        Sejak kecil kita sudah diajari banyak ilmu agama salah satunya mengenai siksa kubur. Siksa kubur akan datang pada siapa pun yang dalam hidupnya lebih banyak melakukan kegiatan keji atau ingkar daripada kebajikan. Pada dasarnya, cara menghindari siksa kubur sangatlah banyak. 

        Baca Juga: Hobi Donasi, Bill Gates dan Mantan Istri Sedekah Rp214 Triliun Sepanjang Tahun 2021

        Yang pertama, Anda bisa menunaikan semua ibadah wajib maupun sunah serta menghindari perbuatan tercela dan penuh dosa. Salah satu bentuk ibadah yang bisa Anda laksanakan adalah bersedekah. Sedekah ikhlas yang Anda lakukan selama ini akan memadamkan api siksa kubur, dalilnya tertulis jelas dalam HR Ath Thabrani. 

        Baca Juga: Tak Lagi Dalam Kondisi Darurat, MUI Ajak Umat Islam Gunakan Vaksin Halal

        2. Menjauhkan Diri dari Rintangan dan Bahaya

        Manfaat sedekah selanjutnya adalah menjauhkan Anda dari berbagai bahaya maupun rintangan sebagaimana pemaparan HR Ath Thabrani. Di dalam hidup ini, semua orang tanpa terkecuali memiliki masalah. Melalui sedekah, sedikit demi sedikit Anda akan meringankan berbagai rintangan menghadang di depan.

        Rasullullah SAW juga pernah bersabda jika bersedekah akan menutup 70 pintu bahaya atau niat jahat yang hendak menghampiri Anda. Penting bagi Anda untuk lebih sering bersedekah terutama ketika masih mampu melakukannya.

        3. Membuka Gerbang Rezeki

        Apa pun jenisnya, berbuat baik pada orang lain akan mendatangkan rezeki walau bukan dalam bentuk uang. Karena tidak ada yang tahu jika orang yang pernah kita tolong justru akan yang mengulurkan tangan disaat kita membutuhkannya. Hal ini merupakan bukti konkret dari keistimewaan sedekah.

        Sedekah sebagai gerbang rezeki juga tertulis jelas pada hadis salah satunya milik HR Baihaqi dan Ayat 245 pada QS. Al-Baqarah. Konon, barang siapa yang ingin mendapatkan, menginginkan dan menerima rezeki maka harus bersedekah.

        4. Memperpanjang Usia

        Salah satu manfaat sedekah yang banyak diamini para muslim adalah memperpanjang usia sesuai ajaran yang tertera pada HR Thabrani. Pada hakikatnya, kehidupan dan kematian manusia merupakan kehendak yang maha kuasa. Namun lewat sedekah secara tidak langsung Anda telah menangkal berbagai penyakit terutama penyakit hati.

        Sedikit sedekah yang Anda berikan pada orang lain akan memberikan ketenangan dan ketentraman hati. Hati yang tenang akan berimbas pada kehidupan yang baik, aman dan nyaman. 

        5. Memperoleh Panjatan Doa dari Para Malaikat

        Berdasarkan pada HR Bukhari-Muslim disebutkan jika malaikat akan turun ke bumi demi memanjatkan doa untuk siapa saja yang berkenan secara ikhlas bersedekah. Kebalikannya, mereka yang tidak pernah bersedekah bahkan memberikan non materi akan mendapatkan doa buruk karena telah menyimpan hartanya dan menjadi orang yang tamak.

        Sebagai manusia yang berakal, siapa pun ingin mendapatkan panjatan doanya para malaikat. Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk mendapatkan hal tersebut, cukup bersedekah. 

        6. Suci Hati dan Pikiran

        Penyakit hati banyak macamnya antara lain kikir dan tamak. Jadilah orang yang baik dan suci hatinya dengan memberikan sedikit harta Anda untuk sedekah sesuai bunyi ayat 92 dari QS Ali-Imran. Pada siapa harus bersedekah? Sedekah yang benar diberikan pada fakir miskin. 

        Tapi dewasa ini, ada banyak badan amal yang bekerja untuk menyalurkan sedekah. Anda bisa menyalurkan sedekah secara rutin pada badan amal untuk disampaikan ke orang-orang yang membutuhkannya. 

        7. Mengikis Dosa-dosa Kecil

        Dalam 24 jam per hari, kita mungkin tidak menyadari telah melakukan banyak dosa kecil. Supaya dosa kecil tidak semakin menggunung hapuskanlah dengan bersedekah. Sedekah bisa menjadi jalan menghapus dosa kecil selain melakukan ibadah puasa sunah sesuai sabda Rasulullah yang tertuang dalam HR At-Tarmidzi.

        Jenis sedekah yang Anda berikan juga tidak harus barang mewah atau uang. Memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat juga termasuk kegiatan sedekah. Asalkan Anda melakukannya dengan suka hati, tanpa paksaan dan pamrih.

        8. Amalan yang Tak Ada Ujungnya

        Jangan hanya fokus menjadikan nama Anda terkenal di mata dunia tapi cobalah untuk mengukir nama dengan amalan baik yang tak berujung. Contohlah mereka yang bekerja sebagai guru, ustad dan ahli ilmu pengetahuan lainnya. Tanpa mereka sadari, profesi tersebut mengantarkan mereka untuk memperoleh amalan tak terputus. 

        Karena selama hidupnya, mereka telah bersedekah non materi melalui ilmu pengetahuan pada banyak orang. Alhasil, amalan yang mereka peroleh tak pernah terhenti selama orang-orang yang mendapatkannya menggunakan ilmu tersebut untuk berbuat kebaikan. Secara tidak langsung, sedekah juga membantu Anda mengamalkan QS. Al-Baqarah ayat 261.

        9. Meringankan Sakaratul Maut

        Zakat fitrah dan puasa Ramadan membantu para umat kembali menjadi bersih atau fitri. Tapi tahukah Anda jika konsep sedekah juga erat kaitannya dengan mensucikan diri? Segala dosa kecil yang kita lakukan secara sengaja atau tidak sengaja akan terhapus oleh sedekah.

        Sedekah juga konon dapat mengurangi atau meringankan rasa sakit selama sakaratul maut. Informasi manfaat sedekah ini bisa Anda dapatkan ketika membaca buku karangan Sayyid Sabiq yang berjudul Fiqh Sunnah atau HR Ibnu Hibban dan HR Turmudzi.

        Sudah tahu apa saja manfaat sedekah maka lakukanlah kebaikannya dari sekarang. Sudah siap untuk bersedekah, kabar baiknya sekarang ada banyak kanal digital untuk bersedekah yang siap menyalurkan uang Anda ke pihak yang membutuhkan.

        Salah satunya adalah jadiberkah.id yang merupakan platform crowdfunding yang menghimpun dana Zakat, Infaq & Wakaf (Ziswaf) yang pengelolaanya dibawah Bank Syariah Indonesia. Kunjungi website jadiberkah.id, dan temukan beragam kegiatan positif dimana Anda bisa bekontribusi. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: