Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Super-app?

        Apa Itu Super-app? Kredit Foto: KrAsia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Super-app adalah aplikasi seluler atau web yang dapat menyediakan berbagai layanan termasuk pembayaran dan pemrosesan transaksi keuangan yang secara efektif menjadi platform perdagangan dan komunikasi mandiri yang mencakup banyak aspek kehidupan pribadi dan komersial.

        Super-app menjadi aplikasi super yang telah mengalami banyak perkembangan, dan semakin banyak pula perusahaan teknologi yang mengembangkan aplikasi super ini. Contoh aplikasi super yang terkenal termasuk WeChat Tencent di China, Grab di Asia Tenggara hingga GoJek di Indonesia.

        Istilah super-app pertama kali digunakan untuk menggambarkan WeChat, aplikasi yang digunakan oleh 1,2 miliar orang, sebagian besar dari China.

        Baca Juga: Apa Itu Anggaran Dasar?

        Pengakuan WeChat sebagai aplikasi super berasal dari kombinasi perpesanan, pembayaran, e-niaga, dan banyak lagi dalam satu aplikasi, membuatnya sangat diperlukan bagi banyak pengguna. Pembentukan model aplikasi super WeChat telah membuat perusahaan seperti Meta (sebelumnya Facebook) mencoba dan membangun aplikasi serupa di luar China.

        Di Asia Tenggara, Grab dan Gojek mengklaim klasifikasi super-app meskipun kekurangan banyak fitur yang ditawarkan oleh WeChat. Oleh karena itu, perusahaan tahap pertumbuhan seperti Shopee, Traveloka, dan AirAsia juga telah memperluas jangkauan layanan yang ditawarkan oleh aplikasi masing-masing.

        Super App adalah banyak aplikasi dalam satu aplikasi. Ini adalah OS yang memisahkan tirani aplikasi. Ini adalah portal ke Internet untuk generasi mobile-first.

        Alipay dari Ant Group mengambil jalan berbeda untuk menjadi aplikasi super. Sementara WeChat memulai dengan obrolan, Alipay memulai dengan pembayaran dan kemudian menambahkan layanan dan layanan keuangan.

        Selain itu, Meituan-Dianping memulai sebagai situs penawaran harian, kemudian berubah menjadi platform untuk pengiriman makanan, layanan gaya hidup, hiburan, perjalanan, dan yang terbaru, persewaan bank daya. Perusahaan menjadi menguntungkan pada 2019, menunjukkan bahwa pendekatannya berhasil.

        Super-app menghadirkan peluang baru untuk bisnis, tetapi meningkatkan taruhan untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik.

        Meskipun aplikasi super memiliki potensi pendapatan yang besar, pada akhirnya mereka akan mendapatkan audiens berdasarkan beberapa dasar pengembangan dan pengujian perangkat lunak yang baik. Dan, mereka akan menguji kelinci percobaan, karena dunia aplikasi super relatif kecil.

        Selain itu, aplikasi super harus berinteraksi dengan lancar dengan beberapa vendor pihak ketiga. Lalu ada bagian pembayaran yang sangat penting dan keamanan terkait.

        Analis dan penguji kualitas perlu mengevaluasi aplikasi, sistem, dan aliran kontrol perangkat lunak untuk memastikan tidak ada cacat. Akhirnya, pelanggan Anda perlu mempertimbangkan: bagaimanapun, mereka akan menjadi pengguna harian yang akan berhasil atau menghancurkannya.

        Super-app harus merangkul tren dan karakteristik yang diharapkan konsumen di pasar saat ini. Untuk melakukan ini, perusahaan yang mengerjakan aplikasi super perlu mempertimbangkan:

        1. Inklusivitas 

        Aplikasi harus bekerja untuk semua pelanggan sepanjang waktu. Ini berarti memindahkan pemikiran dunia fisik ke dunia digital dan sebaliknya. Menghilangkan hambatan inklusivitas akan menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi semua orang. Aplikasi super perlu bergerak maju dengan hati-hati di sini.

        2. Tanggung jawab sosial

        Banyak aplikasi memiliki kesempatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, tidak hanya dengan apa yang mereka lakukan, tetapi dengan bagaimana mereka melakukannya. Apakah aplikasi super menggabungkan layanan yang mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan? Ambil layanan transportasi: apakah itu berkontribusi terhadap pemanasan global atau menggunakan opsi hijau seperti mobil listrik? Apakah aplikasi super berkontribusi terhadap pemborosan dalam pengemasan dan pengiriman produk yang buruk atau menguranginya?

        3. Privasi data

        Geografi tertentu seperti Eropa, AS, dan Kanada lebih melindungi data pribadi daripada yang lain. Data adalah komponen dasar untuk kesuksesan aplikasi super. Semakin banyak data yang dikumpulkan, semakin baik penawaran bagi individu yang menggunakannya. Jadi, sekali lagi, pembuat aplikasi super perlu memasukkan pertimbangan privasi ke dalam aplikasi mereka dan mengatasi masalah pengguna.

        Untuk memastikan semua bagian kompleks dari super-app berjalan baik, pengujian perangkat lunak akan menjadi lebih penting dari sebelumnya. Ekspektasi pengguna terkait dengan desain fungsional dan interaksi aplikasi dalam aplikasi super memungkinkan potensi bug perangkat lunak yang signifikan sehingga memicu kritik dari pengguna yang lebih paham teknologi saat ini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: