Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Content Strategy?

        Apa Itu Content Strategy? Kredit Foto: Unsplash/The Creative Exchange
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Content strategy atau strategi konten adalah perencanaan tingkat tinggi, pelaksanaan, tata kelola, dan manajemen dari siklus konten yang mendukung inisiatif bisnis utama. Pada dasarnya, strategi konten adalah rencana permainan brand untuk mengarahkan traffic, prospek, keterlibatan, penjualan, dan hasil bisnis lainnya melalui konten.

        Strategi konten adalah salah satu komponen terpenting dari strategi pemasaran karena menentukan siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana sebuah brand berencana untuk terhubung dengan audiens.

        Strategi konten jauh lebih luas daripada daftar format konten dan topik. Strategi konten mencakup persona pembeli, map road, kalender editorial, audit, dan tata kelola konten.

        Baca Juga: Apa Itu Content Advertising?

        Strategi yang dijalankan dengan baik membentuk budaya konten dalam bisnis yang mendorong investasi lebih besar. Selain itu, ini menyediakan kerangka kerja untuk mengukur ROI pemasaran konten, menjaga akuntabilitas, dan memastikan hasil yang dapat diprediksi secara berkelanjutan. Membuat konten membutuhkan waktu dan uang agar menghasilkan konten yang bagus.

        Melansir Terakeet di Jakarta, Selasa (12/4/22) strategi konten adalah aktivitas bisnis tingkat yang lebih tinggi daripada pemasaran konten. 

        Strategi konten adalah map road yang memandu pemasaran konten. Pengambilan keputusanlah yang mendasari siapa yang akan terpengaruh oleh konten Anda, bagaimana konten Anda akan mengatasi semua kebisingan, dan hasil yang diinginkan.

        Di sisi lain, pemasaran konten adalah proses mengatur, menjadwalkan, membuat, menerbitkan, dan mempromosikan konten. Pemasaran konten adalah taktik yang mengikuti dari strategi konten.

        Seorang ahli strategi konten mengidentifikasi kepentingan bisnis yang akan dipenuhi melalui konten dan merancang rencana untuk membuat dan mendistribusikan konten tersebut.

        Untuk diketahui, strategi konten dan strategi SEO berjalan beriringan. Bagian utama dari strategi yang efektif adalah mengidentifikasi pertanyaan, keinginan, poin rasa sakit, dan tantangan yang mendorong audiens Anda untuk bertindak. 

        Kemudian, seorang ahli strategi konten melakukan riset kata kunci strategis untuk menentukan bagaimana audiens mencari solusi untuk kebutuhan. Lalu membuat konten seputar topik yang dipilih untuk memenuhi maksud pencarian mereka.

        Jangan meremehkan manfaat SEO dari strategi konten. Sebuah brand yang banyak berinvestasi dalam pencarian organik memiliki pangsa pasar online paling banyak.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: