Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Content Management System?

        Apa Itu Content Management System? Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Content management system (CMS) adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mengelola pembuatan dan modifikasi konten digital (manajemen konten). CMS biasanya digunakan untuk manajemen konten perusahaan (ECM) dan manajemen konten web (WCM).

        CMS membantu pengguna membuat, mengelola, dan memodifikasi konten di situs web tanpa memerlukan pengetahuan teknis khusus. Dengan kata lain, CMS membantu Anda membangun situs web tanpa perlu menulis semua kode dari awal.

        Selain itu CMS juga dapat menangani semua infrastruktur dasar itu untuk Anda sehingga Anda dapat fokus pada bagian situs web yang lebih menghadap ke depan. Selain situs web, Anda juga dapat menemukan CMS untuk fungsi lain, seperti manajemen dokumen. 

        Baca Juga: Apa Itu Content Moderation?

        CMS biasanya memiliki dua komponen utama, yaitu: content management application (CMA) dan content delivery application (CDA). CMA bertugas sebagai antarmuka pengguna front-end yang memungkinkan pengguna, bahkan dengan keahlian terbatas, untuk menambah, memodifikasi, dan menghapus konten dari situs web tanpa campur tangan webmaster. Sementara CDA mengkompilasi konten dan memperbarui situs web.

        CMS juga dapat menyediakan alat untuk personalisasi, atau pemasaran one-to-one. Pemasaran one-to-one adalah kemampuan situs web untuk menyesuaikan konten dan iklannya dengan karakteristik khusus pengguna menggunakan informasi yang diberikan pengguna atau dikumpulkan oleh situs web.

        Misalnya, jika pengguna menelusuri kamera digital di mesin pencari utama, seperti Google, spanduk iklan dapat menampilkan bisnis yang menjual kamera digital, bukan bisnis yang menjual ponsel.

        Salah satu keuntungan utama CMS adalah sifatnya yang kolaboratif. Beberapa pengguna dapat masuk dan berkontribusi, menjadwalkan, atau mengelola konten yang akan dipublikasikan. Karena antarmuka biasanya berbasis browser, CMS dapat diakses dari mana saja oleh sejumlah pengguna.

        Keuntungan utama kedua dari CMS adalah memungkinkan orang non-teknis yang tidak tahu bahasa pemrograman untuk dengan mudah membuat dan mengelola konten web mereka sendiri. Editor drag-and-drop dari platform manajemen konten yang khas memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks dan mengunggah gambar tanpa perlu mengetahui HTML atau CSS (bahasa pemrograman).

        Ketika sebuah perusahaan menggunakan CMS untuk mempublikasikan halaman webnya, itu mengurangi ketergantungannya pada pengembang front-end untuk membuat perubahan pada situs web, membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk mempublikasikan halaman web baru.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: