Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Content Moderation?

Apa Itu Content Moderation? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Content moderation atau moderasi konten adalah proses penyaringan dan pemantauan konten yang dibuat pengguna secara online. Untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi pengguna dan merek, platform harus memoderasi konten untuk memastikan bahwa konten tersebut berada dalam pedoman perilaku yang dapat diterima oleh platform dan audiensnya.

Dengan kata lain, ketika konten dikirimkan oleh pengguna ke situs web, konten tersebut akan melalui proses penyaringan (proses moderasi) untuk memastikan bahwa konten tersebut mematuhi peraturan situs web, tidak ilegal, tidak pantas, atau melecehkan, dll.

Baca Juga: Apa Itu Content-based Filtering?

Saat platform memoderasi konten, konten buatan pengguna (UGC) yang dapat diterima dapat dibuat dan dibagikan dengan pengguna lain. Perilaku yang tidak pantas, toxic atau dilarang dapat dicegah, diblokir secara real-time, atau dihapus setelah kejadian, tergantung pada alat dan prosedur moderasi konten yang dimiliki platform. Setiap platform memiliki definisi perilaku berbeda-beda.

Moderasi konten adalah metode paling efektif untuk mencapai semua itu. Ini membantu bisnis online menyediakan lingkungan yang aman dan sehat bagi penggunanya.

Tujuan moderasi konten adalah untuk memastikan platform aman digunakan dan menjunjung tinggi program Kepercayaan dan Keamanan merek. Moderasi konten banyak digunakan oleh media sosial, situs web dan aplikasi kencan, pasar, forum, dan platform serupa.

Karena banyaknya konten yang dibuat setiap detik, platform berdasarkan konten buatan pengguna berjuang untuk tetap berada di atas teks, gambar, dan video yang tidak pantas dan menyinggung.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: