Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Upaya BUMN dalam Menghadapi Mudik Pertama di Tengah Pandemi Covid-19

        Upaya BUMN dalam Menghadapi Mudik Pertama di Tengah Pandemi Covid-19 Kredit Foto: Antara
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Larangan mudik yang diterapkan oleh pemerintah dalam dua tahun terakhir akibat pamdemi Covid-19 membuat masyarakat sangat antusias untuk mengunjungi sanak saudara di kampung halaman.

        Antusiasme masyarakat dalam menyambut hari raya bersama dengan keluarga di kampung halaman nampaknya membuat perusahaan pelat merah berusaha maksimal untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai mandat yang diemban sebagai perusahaan negara.

        Persiapan demi persiapan dilakukan oleh beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baik yang bergerak di bidang transportasi, energi, maupun perbankan.

        Baca Juga: Soal Tes Covid-19 Setelah Balik Mudik: Masyarakat Umum Tak Wajib Lakukan...

        Seperti yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo) dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2022 dengan memaksimalkan 59 terminal penumpang.

        Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan, dalam antisipasi menghadapi prediksi meningkatnya jumlah penumpang, Pelindo melakukan peningkatan koordinasi dengan instansi kepelabuhanan terkait pemeriksaan persyaratan perjalanan penumpang.

        "Peningkatan informasi terkait jadwal kapal pada calon penumpang, hal ini juga didukung dengan Posko Bersama Pemantauan Angkutan Lebaran Tahun 2022 yang siap melayani pada 17 April 2022—18 Mei 2022," ujar Arif dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (28/4/2022).

        Arif memastikan kesiapan perseoran baik sarana maupun prasarana Terminal Penumpang dalam mendukung kelancaran arus mudik Lebaran Tahun 2022.

        "Tidak hanya pada terminal-terminal penumpang besar seperti di Tanjung Pinang, Tanjung Perak, Tanjung Priok maupun Makassar, tetapi juga lainnya. Sehingga arus mudik dapat berjalan aman dan lancar, serta mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan yang berlaku dalam perjalanan melalui transportasi laut," ujarnya.

        Tidak hanya memastikan peningkatan koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh instansi kepelabuhanan guna menjamin kelancaran mudik Lebaran 2022, perseroan juga menjamin para penumpang tetap aman dan sehat dengan menyediakan fasilitas-fasilitas.

        "Seperti ruang tunggu calon penumpang, mushola, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, penambahan counter check-in hingga penambahan personil keamanan," ungkapnya.

        Hal serupa juga dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero) memastikan telah siap menyambut pemudik yang akan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama arus mudik lebaran.

        Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro meemastikan jalan tol yang dikelola telah layak dan siap dilalui oleh pemudik, khususnya pengguna jalan dari arah Jawa menuju Pulau Sumatra melalui pintu awal masuk JTTS yakni Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar.

        "Seluruh pelayanan dan fasilitas penunjang telah tersedia, perbaikan jalan tol juga telah clear H-10 menuju lebaran dan semua alat berat telah ditarik dari main road. Kalau terdapat kerusakan baru, petugas sapu lubang akan standby dan siaga untuk memperbaiki dan memastikan tidak ada lubang atau zero pothole," ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (26/4/2022).

        Koentjoro mengatakan, fasilitas yang telah disiapkan Hutama Karya antara lain, layanan transaksi di 33 titik lokasi top up tunai, 47 unit mobile reader, dan 258 unit gardu operasi, sedangkan untuk rest area, Hutama Karya telah menyiapkan 21 tempat istirahat dan pelayanan serta 4 tempat istirahat sementara.

        "Demi keamanan para pemudik, kami juga telah menyiapkan layanan informasi sebanyak 97 unit VMS dan 1.130 unit CCTV. Kami juga menyiagakan 347 unit armada dan menerjunkan sebanyak 2.391 petugas selama arus mudik dan arus balik," ujarnya.

        Lanjutnya, pada mudik 2022 ini, total jalan yang dioperasikan sepanjang 571 km dan 48,8 km ruas merupakan fungsional.

        Selain fasilitas dan pelayanan yang optimal, Hutama Karya juga telah menyiapkan beberapa skema bila terjadi kepadatan arus mudik yang diprediksi terjadi pada 29-30 April dan puncak arus balik pada 7-8 Mei. Diperkirakan, potensi kemacetan akan terjadi di GT Kayu Agung Utama, GT Kotabaru, dan GT Bakauheni Selatan.

        "Terkait antisipasi apabila terjadi kepadatan, kami telah melakukan peningkatan kapasitas gerbang Bakauheni Selatan dan Kota Baru, penambahan mobile reader untuk percepatan transaksi di gerbang tol, bantuan tapping oleh petugas, menyiagakan teknisi peralatan tol, serta membuka semua gardu operasi," ungkapnya.

        Lebih lanjut, Koentjoro mengatakan jika kepadatan terjadi di jalur tol, Hutama Karya akan melakukan beberapa skema di antaranya yakni penguraian antrean pada GT Bakauheni Selatan dengan pengalihan arus menuju Gerbang Tol Bakauheni Utara, penguraian antrean pada GT Kotabaru dengan pengalihan arus menuju GT Lematang dan GT Natar, antisipasi kepadatan lalu lintas menggunakan skema contra flow dengan diskresi pihak Kepolisian, dan atau menyiapkan rubber cone untuk membebaskan bahu jalan saat terjadi antrean.

        "Kami akan memaksimalkan pelayanan di rest area jika terjadi penumpukan seperti pengaturan rest area menuju Pelabuhan Bakauheni, penambahan petugas layanan rest area, manajemen pengelolaan area parkir rest area, penerapan protokol COVID-19 di rest area, serta pengamanan rest area dengan CCTV," tutupnya.

        Persiapan juga dilakukan dua perusahaan pelat merah yang melayani perjalanan udara yaitu PT Angkasa Pura I dengan melakukan beberapa persiapan sarana dan prasarana.

        Corporate Communication Senior Manager AP I Gede Eka Sandi Asmadi mengatakan, demi memberikan kelancaran pemudik perseroan melakukan beberapa pengecekan sarana dan prasarana dalam ruang lingkup bandar udara.

        "Sarana dan prasarana tentunya kami sudah siapkan juga dengan Fasilitas di airside seperti runway kita selalu check kekesatan runway," ujar Eka saat dikonfirmasi Warta Ekonomi, Rabu (27/4/2022).

        Eka mengatakan, pada saat musim hujan perseroan telah membersihkan saluran-saluran air, penangkal petir hingga fasilitas lainnya.

        "Untuk di terminal kita persiapkan fasilitas vaksinasi, self check-in, penyiagaan personel tambahan dari TNI, Polri, KKP, Otban dan land transportation," ujarnya.

        Sebagai pengelola 15 Bandara, Angkasa Pura I juga memastikan kenyamanan dan keselamatan pengguna jasa dengan selalu mengutamakan Protokol Kesehatan"Kami sudah menyiapkan Posko di masing-masing Bandara dari tanggal 25 April-10 Mei 2022 dan kami juga sudah melakukan Sosialisasi mengenai persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan pada saat Mudik," tutupnya.

        Hal serupa juga dilakukan oleh PT Angkasa Pura II menyebut akan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa penerbangan untuk melaksanakan mudik Lebaran 2022.

        VP of Corporate Communication Angkasa Pura II Hufron Kurniadi mengatakan, perseroan telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder guna memberikan kenyamanan bagi penumpang.

        "Termasuk Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Injourney Holding, dimana AP II adalah anggota dari holding tersebut," ujar Hufron saat dikonfirmasi Warta Ekonomi, Rabu (27/4/2022).

        Hufron mengatakan, dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang, bbrp langkah dilakukan salah satunya adalah dengan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder secara erat untuk memastikan pelayanan yang terbaik.

        Selain itu, perseroan juga mendirikan posko angkutan Lebaran di 20 kantor cabang Angkasa Pura II terhitung sejak 22 April hingga 13 Mei 2022.

        "AP II berupaya mewujudkan mudik Aman, mudik Sehat, dgn tetap menerapkan prinsip Safety, Security, Service, dan Compliance terhadap bebagai regulasi termasuk protokol kesehatan Covid 19," ujarnya.

        Guna menghindari lonjakan, perseroan menghimbau kepada masyarakat agar dapat melakukan mudik lebih awal agar keberangkatan penerbangan terdistribusi dengan baik, atau tidak terkonsentrasi di waktu-waktu tertentu.

        Hufron melanjutkan, secara umum, sarana dan prasarana pendukung untuk pelayanan mudik pada Lebaran 2022 sudah siap.

        "Khusus untuk di Bandara Soekarno-Hatta, telah diaktifkan kembali Sub Terminal 1A. Sehingga untuk operasional dan pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta ditopang 3 Terminal (Terminal 1 2 3)," ungkapnya.

        Lanjutnya, untuk sarana transportasi atau penghubung antar Terminal 1 2 3 dan Stasiun Kereta Bandara, sejak tanggal 25 April 2022 telah diaktifkan Automated People Mover System (APMS) atau Kalayang atau Skytrain, dengan jam operasional atau layanan mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

        APMS atau Kalayang akan melayani pengguna jasa bandara selama Angkutan Lebaran 2022 saja yaitu mulai tanggal 25 April-10 Mei 2022. Di luar waktu operasional Kalayang atau mulai pukul 21.00-06.00 WIB, maka pengguna jasa bandara dapat menggunakan layanan shuttle bus yang beroperasi 24 jam.

        "Terkait kesiapan SDM, dapat disampaikan bahwa jumlah personel yang disiapkan mencapai kurang lebih 5.500 orang terdiri dari Airport Rescue & Fire Fighting (ARRF), Apron Movement Control (AMC), Aviation Security (AVSEC), BKO TNI dan Polri, Customer Service, Terminal Inspection Services, Airport Operation Control, Medical Service, dan SDM lain yang terkait dengan operasional dan layanan di bandara," tutupnya.

        Persiapan ArmadaMenyambut antusiasme masyarakat Garuda Indonesia Group menyiapkan hal tersebut dengan matang mulai dari kondisi armada hingga pelayanan ke masyarakat.

        "Sejalan dengan diperbolehkan perjalanan mudik pada perayaan Lebaran kali ini, Garuda Indonesia berkomitmen untuk terus mengoptimalkan aksesibilitas layanan penerbangannya baik dari segi kapasitas maupun layanan penumpang," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra kepada Warta Ekonomi dikutip Sabtu (30/4/2022).

        Irfan mengatakan, dalam menghadapi mudik 2022 banyak sekali persiapan yang dilakukan perseroan terutama mengenai kelaiakan armada pesawat.

        "Iya pasti (terjamin) kita kan punya anak perusahaan GMF yang secara kemampuan dan kapasitas kan menakjubkan secara mekanikal engineringnya, bahwa kenyataanya di lapangan ada satu dua kerusakan ya biasa lah," ujarnya.

        Meski begitu, ia tetap berkomitmen untuk memastikan keselamatan adalah nomor satu dalam penerbangan Garuda Indonesia Group. Hal tersebut dilakukan dengan mengirimkan teknisi-teknisi ke seluruh daerah.

        "Kita siapkan pesawat sparepart yang kira-kira akan muncul dan kita sudah komunikasikan dengan supplier untuk safety, mustinya tidak ada kejutan yang perlu kita jadikan perhatian," ungkapnya.

        Dalam menghadapi mudik kali ini perseroan menyiapkan 30-35 armada untuk dapat melayani pemudik dengan maksimal.

        Lanjutnya, Garuda Indonesia Group mengangkut sebanyak 47.132 penumpang dengan total penerbangan sebanyak 326 penerbangan. Total penumpang Garuda Indonesia Group tersebut meningkat hingga 65,5 persen dibandingkan periode awal arus mudik pada tanggal 25 April 2022.

        Sementara pada hari Jumat (29/4) Garuda Indonesia Group diperkirakan akan mengangkut sebanyak 48.360 penumpang dengan total penerbangan sebanyak 333 penerbangan.

        Lebih lanjut, selain memaksimalkan operasional angkutan penumpang Garuda Indonesia Group juga mengoptimalkan lini bisnis kargo di mana pada periode peak season Lebaran 2022 ini, tonase kargo domestik maupun internasional di periode peak season Lebaran menunjukan peningkatan hingga 35 persen dibandingkan periode sebelum peak season.

        Adapun pada puncak periode mudik kali ini operasional penerbangan berjalan dengan lancar melalui capaian rata-rata On Time Performance sebesar 96 persen.

        “Kami akan terus memperkuat berkoordinasi secara sinergis dengan stakeholder layanan penerbangan guna memastikan kesiapan operasional penerbangan secara berkesinambungan dapat senantiasa berjalan optimal," ungkapnya.

        Hal tersebut, termasuk memastikan langkah edukasi terhadap penumpang atas komitmen penerapan protokol kesehatan yang menjadi wujud tanggung jawab bersama serta prioritas dalam mudik Lebaran yang aman dan sehat tahun ini.

        "Kami tentunya memahami bahwa mudik Lebaran ini tidak sekedar menjadi sebuah tradisi dalam merayakan Lebaran, melainkan juga menjadi wadah silahturahmi bersama keluarga dan orang terdekat. Oleh karenanya momentum baik ini kiranya dapat diselaraskan dengan komitmen untuk saling menjagakhususnya melalui penerapan protokol kesehatan secara konsisten pada aktivitas keseharian kita," tutup Irfan.

        Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyebut telah mempersiapkan sarana dan prasarana mudik lebaran 2022.

        Persiapan tersebut dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan mengantisipasi lonjakan pemudik setelah dua tahun tidak mendapat izin dari pemerintah akibat lonjakan Covid-19.

        “Kita telah siapkan selama dua tahun kita tidak mudik," ujar Didiek dalam konferensi pers, Selasa (26/4/2022).

        Didiek mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh perseroan dalam dua tahun terakhir terutama menjelang masa mudik lebaran 2022 yaitu dengan melakukan perawatan prasarana dengan ramp check.

        "Itu dilakukan ramp check baik prasarana lintasnya maupun sarananya bersama dengan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan," ujarnya.

        Beberapa persiapan prasarana telah dilakukan perseroan guna mengantisipasi mudik lebaran yang dilakukan sebelum puasa yaitu dengan melakukan pengecekan di seluruh lintasan kereta di Pulau Jawa baik lintas utara maupun selatan.

        Didiek menyebut, untuk jalur utara dilakukan pengecekan dari Jakarta sampai Surabaya dan Banyuwangi. Sedangkan lintas selatan dilakukan pengecekan dari Jakarta, Bandung, Purwekorto, Jogja, Solo, Malang, sampai ke Surabaya.

        "Jadi kita ingin meyakinkan kepada seluruh masyarakat kereta api siap untuk memasuki angkutan lebaran dan memberikan pelayanan yang terbaik yang bisa kita berikan dengan tentunya prokes sehingga mudik tahun ini mudik yang aman dan sehat," ungkapnya.

        Selain itu, Didiek menyebut mudik tahun ini berbeda karena kita saat ini harus menjaga kesehatan kita, karena untuk disiplin dan persisten, sesuai dengan surat edarat Satgas (Penanganan Covid) maupun surat edaran Kemenhub.

        “Kesiapan kita yang lain adalah dengan perawatan prasarana yang terus dilakukan, itu dilakukan ramp check, bersama juga dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, kita sebelum bulan puasa kita cek seluruh lintas melalui utara hingga Surabaya dan Banyuwangi,” tutupnya.

        Dalam pelaksanaan mudik 2022 perseroan menyiagakan 459 lokomotif dalam rangka mengantisipasi animo masyarakat untuk melakukan mudik lebaran setelah 2 tahun dilarang untuk melakukan mudik oleh pemerintah akibat Covid-19.

        VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan perseroan juga menyiagakan 1.603 kereta yang siap dioperasikan untuk mengangkut pemudik.

        "KAI mempersiapkan sarana untuk Angkutan Lebaran ini dengan menyiagakan 459 Lokomotif dan 1.603 Kereta yang siap operasi untuk mengakomodir seluruh permintaan masyarakat yang ingin mudik dan balik menggunakan kereta api," ujar Joni saat dikonfirmasi Warta Ekonomi, Rabu (27/4/2022).

        Joni mengatakan, kereta-kereta tersebut akan dimaksimalkan sepenuhnya untuk operasional KA di masa Angkutan Lebaran ini, baik yang reguler maupun KA-KA tambahan."Pada Angkutan Lebaran 2022 ini, kami mengoperasikan 3.680 perjalanan KA Jarak Jauh Reguler atau rata-rata 167 KA per hari," ujarnya.

        Selain itu, perseroan juga akan mengoperasikan KA tambahan sebanyak rata-rata 35 KA per hari dan ditambah lagi rata-rata 6 KA per hari.

        "Kami akan mengevaluasi untuk menambah perjalanan KA lagi jika animo masyarakat semakin besar," ungkapnya.

        Lanjutnya, dengan tersedianya kereta dan lokomotif tadi maka dengan kata lain perseroan telah menyediakan hingga 4,6 juta tempat duduk yang mampu mengangkut pemudik.

        "Kami menyediakan sekitar 4,6 juta tempat duduk, yang terdiri dari sekitar 2,5 juta tempat duduk KA Jarak Jauh dan 2,1 juta tempat duduk KA Lokal," tutupnya.

        Persiapan Aplikasi

        Dalam menyukseskan mudik 2022 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memastikan layanan e-Channel berjalan lancar dalam menghadapi periode libur Lebaran, melalui pelaksanaan program BRI Gerakan E-Channel Siaga Terpadu (BRIGesit) Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2022.

        Dalam program ini BRI membentuk task force guna memastikan masyarakat merasa nyaman dan aman dalam mengakses layanan BRI di tengah peningkatan aktivitas ekonomi.

        Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan BRIGesit RAFI merupakan operasi kesiapan seluruh perangkat e-Channel BRI seperti ATM, CRM dan EDC pada saat Ramadan dan Lebaran 1443 H.

        “Kita ketahui bersama momentum Ramadan, dan Idul Fitri ini selalu diiringi dengan peningkatan transaksi di tengah masyarakat baik di kota-kota besar hingga ke daerah-daerah terutama tujuan mudik. Terlebih lagi masyarakat akan memanfaatkan momen libur Lebaran kali ini untuk melepas rindu pulang kampung, karena pandemi membuat mudik lebaran tertunda pada dua tahun terakhir. Karena itu melalui BRIGesit RAFI kami ingin memastikan layanan operasional berjalan lancar,” kata Catur.

        Dalam program ini, task force diberi tugas khusus untuk memonitor dan melakukan follow up kepada vendor maupun berkoordinasi dengan Kantor BRI terkait untuk mempercepat penanganan problem e- Channel.

        Program tersebut menjadi komitmen perseroan untuk selalu memberikan layanan prima bagi masyarakat di bulan Ramadan hingga H+10 lebaran. Hal itu mengingat peningkatan transaksi ekonomi yang dilakukan masyarakat menjelang dan beberapa hari setelah hari raya Idul Fitri.

        Hal serupa juga dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) dengan mengembangkan tujuh fitur utama sekaligus pembaruan user interface dalam aplikasi Travoy guna membantu pengguna jalan dalam menyiapkan perjalanan mudik agar lebih aman dan nyaman.

        Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, Aplikasi Travoy dirancang sebagai asisten digital perjalanan dengan sejumlah fitur unggulan dari Jasa Marga Tollroad Command Center yang diintegrasikan di dalam aplikasi dan dapat diakses oleh masyarakat.

        “Setelah melakukan survey kepada user dan pengguna jalan, kebutuhan yang mendominasi adalah informasi mengenai kondisi lalu lintas, layanan customer care serta alternatif rute perjalanan. Kebutuhan ini telah kami kembangkan dalam tujuh fitur utama di aplikasi Travoy versi 4.0, yang kami targetkan dapat melengkapi aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze," ujar Heru dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (27/4/2022).

        Adapun tujuh fitur tersebut merupakan empat fitur baru dan tiga fitur yang telah ada di versi sebelumnya serta ditingkatkan efektivitasnya, di antaranya:

        Cek Saldo. Mengecek saldo e-Toll dalam ‘sekali tap’, yang saat ini dapat digunakan oleh pengguna e-Toll Brizzi, e-Money dan Tapcash. Struk Digital atau Melihat riwayat transaksi tol dan mencetaknya dalam bentuk digital serta dapat berlaku sebagaimana struk yang ada di gerbang tol. CCTV Real Time untuk Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.913 CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.

        Rest area yang menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas, tenant, hingga kapasitas parkir. Tarif Tol untuk membantu para pengendara untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan menyediakan informasi seputar tarif tol berdasarkan golongan kendaraan. Informasi Lalu Lintas Terkini yang menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contra flow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.

        Fitur ketujuh adalah Chat Us dengan menghadirkan layanan customer service yang mudah diakses melalui platform WhatsApp, siap membantu kebutuhan pengguna jalan dengan semakin cepat dan tepat.

        Heru berharap, penambahan fitur-fitur baru menjawab kebutuhan pengguna jalan, terutama di saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

        "Kami memahami pengguna jalan akan membutuhkan berbagai informasi lalu lintas yang bergerak sangat dinamis, untuk bisa menentukan rute perjalanan dengan baik. Berbagai informasi yang terintegrasi dalam aplikasi Travoy diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga pengguna jalan akan selalu update dengan kondisi terkini,” ujarnya.

        Dengan pembaruan aplikasi ini, Heru berharap para pengguna jalan tol bisa mempersiapkan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan lebih baik sehingga tidak terjadi hambatan, seperti terjebak kepadatan yang bisa diantisipasi sebelumnya, kekurangan saldo e-Toll atau kesulitan menemukan titik lokasi rest area.

        “Pembaruan ini juga diperkuat dengan dua fitur pamungkas yaitu Chat Us, yang merupakan penambahan layanan customer care kepada pengguna jalan dengan lebih mudah melalui WhatsApp serta fitur Informasi Lalu Lintas Terkini yang menyajikan jadwal pemberlakuan rekayasa lalu lintas hingga informasi gangguan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Jasa Marga Group,” tutupnya.

        Ketersediaan Energi

        PT PLN (Persero) pastikan siap melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik dengan menyiagakan seluruh stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang ada di rest area sepanjang Tol Trans Jawa.Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Diah Ayu Permatasari menjelaskan tak hanya menyiapkan pasokan listrik yang andal bagi masyarakat di rumah, PLN juga memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan untuk kendaraan listrik berjalan optimal dalam memfasilitasi masyarakat yang akan mudik pada tahun ini.

        "Saat ini, PLN sudah mengoperasikan SPKLU di 8 rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Dari mulai Cikampek hingga Kertosono, Madiun," ujar Diah dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (30/4/2022).

        Diah mengatakan, delapan titik tersebut berada di Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo), Rest Area KM 389 B (Batang - Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang - Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci) dan Rest Area KM 6 (Jakarta -Cikampek).

        Tak hanya di rest area, kata Diah, para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di PLN. PLN saat ini sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

        "Jika para pemudik juga hendak jalan jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik EV bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN," ujarnya.

        Sebagaimana diketahui, pada tahun ini, pemerintah menargetkan ada 580 SPKLU yang beroperasi.

        Untuk itu saat ini PLN aktif menggenjot pembangunan SPKLU ini. Harapannya, pada momen lebaran berikutnya makin meningkatkan gairah para pemilik EV untuk mudik ke kampung halaman dengan meningkatnya fasilitas EV di ruang publik.

        Bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik dapat menggunakan Fitur electric vehicle di PLN Mobile, untuk mengetahui lokasi 126 SPKLU yang tersebar di 48 kota di Indonesia.

        Layanan Mudik Gratis

        Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan 26 perusahaan pelat merah memberangkatkan 40 ribu pemudik gratis dari Gelora Bung Karno. Pelepasan ini dipimpin langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Rabu (27/4/2022).

        "Kami bergotong-royong bersama 26 BUMN, dan saya yakini semua 41 BUMN juga mendorong mudik bareng ini. Kita sekarang menyiapkan fasilitas bagi 40 ribu pemudik dengan kereta api dan bus," ujar Erick Thohir.

        Erick mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi bersama Kementerian BUMN, para Direksi BUMN, dan tentu mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan dan Kepolisian untuk memastikan pelayanan mudik berjalan dengan baik, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

        "Karena mudik kali ini sangat spesial mengingat sudah 2 tahun masyarakat tidak mudik," ujarnya.

        Erick menyebut, sebanyak total 542 perjalanan bus dan 24 perjalanan kereta api untuk para pemudik diberangkatkan secara bertahap dari sejumlah titik di Jakarta ke hampir 40 kota tujuan, yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan termasuk 4 destinasi di Sumatera.Untuk moda transportasi bus, sekitar 25 ribu pemudik diberangkatkan secara bertahap mulai 27 sampai 29 April 2022, sedangkan untuk moda kereta api, 15 ribu pemudik diberangkatkan mulai 27 April hingga 1 Mei 2022 dari Stasiun Pasar Senen.

        Pemberangkatan perdana 249 armada bus dengan 12.450 pemudik oleh Erick Thohir hari ini disambut antusias para pemudik yang mengikuti acara pulang kampung bareng BUMN pertama yang diselenggarakan sejak pandemi COVID-19.

        Program ini diikuti para pekerja tenaga alih daya (outsourcing) di lingkungan BUMN, penyandang disabilitas, dan masyarakat umum yang telah mendaftar secara daring pada periode 9-23 April 2022, melengkapi dokumen kependudukan sah dan syarat vaksinasi COVID-19 dosis 3.

        Bagi pemudik yang belum mendapatkan vaksin dosis 3, BUMN penyelenggara menyediakan vaksinasi booster, tes PCR atau antigen sebelum keberangkatan, sesuai syarat yang diberlakukan Pemerintah.

        Erick menjelaskan, program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 merupakan bentuk mudik yang aman, bertanggung jawab, dan sehat.

        "Aman, karena mengalihkan puluhan ribu pengguna kendaraan terutama sepeda motor dari jalan raya ke moda transportasi umum seperti bus dan kereta api yang terkoordinir. Sehat, karena para pemudik telah melengkapi diri dengan vaksinasi COVID-19 dosis 3 dan kami menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan pemudik pulang dalam keadaan sehat dan tidak menularkan virus COVID-19 di tempat tujuannya," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: