Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Content Manager?

        Apa Itu Content Manager? Kredit Foto: Unsplash/Avel Chuklanov
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Content manager adalah seorang pengelola konten yang bertanggungjawab atas konten sebuah situs website. Tanggung jawab manajer konten mencakup perencanaan strategis dan pembuatan konten digital serta memperbarui konten dalam sistem manajemen konten (CMS).

        Content manager harus memastikan konten yang tepat akan muncul pada waktu yang tepat di tempat yang tepat di situs yang mereka awasi. Pekerjaan ini mencakup mengedit teks dan gambar sehingga muncul di situs web dengan ukuran dan kualitas yang optimal.

        Baca Juga: Apa Itu Content Management System?

        Content manager bertanggung jawab atas aktivitas editorial dan teknis. Rentang tugas yang dilakukan sangat luas dan akan bervariasi sesuai dengan perusahaan dan industri. Tanggung jawab pengelola konten umumnya meliputi:

        1. Mengembangkan strategi konten
        2. Merencanakan dan mengoordinasikan konten
        3. Membuat konten
        4. Memperbarui konten CMS
        5. Memantau dan mengontrol konten
        6. Mengoptimalkan konten

        Fokus pekerjaan manajer konten mungkin pada pembuatan konten atau pada perencanaan dan pengeditan konten eksternal. Ini berarti pengelola konten secara langsung memproduksi konten untuk Internet atau mungkin menugaskan produksi konten ke penulis lepas eksternal.

        Di samping pengalaman editorial, seorang manajer konten harus memiliki setidaknya pengetahuan HTML dasar, pemahaman tentang pemrosesan gambar dan video, ditambah keahlian SEO dan pemasaran dan keakraban dengan saluran media sosial.

        Sebagai orang yang bertanggung jawab atas konten web perusahaan dan orang yang dapat dihubungi untuk sistem manajemen konten, manajer konten biasanya akan bekerja sama dengan rekan kerja dari departemen lain.

        Manajer konten bekerja di banyak industri dan sering dipekerjakan oleh perusahaan media, agensi, perusahaan rintisan, atau perusahaan e-niaga. Dalam setiap kasus, mereka memelihara situs web perusahaan dan memberikan perencanaan strategis, persiapan, dan publikasi konten online yang ditargetkan.

        Manajer konten menerapkan strategi konten perusahaan di Internet. Mereka memastikan konten digital yang tepat, dengan kualitas yang tepat, ditempatkan di situs web.

        Tanggung jawab utama pengelola konten adalah menjaga agar informasi yang ditampilkan di situs web tetap segar, informatif, dan menarik.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: