Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tokopedia Umumkan Tren Belanja Kuartal I/2022, Pengiriman Antarpulau Naik hingga 65 Kali Lipat!

        Tokopedia Umumkan Tren Belanja Kuartal I/2022, Pengiriman Antarpulau Naik hingga 65 Kali Lipat! Kredit Foto: Imamatul Silfia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tokopedia mengumumkan tren belanja di platformnya pada kuartal I/2022. Salah satu temuan dari catatan laporan perusahaan adalah terjadi peningkatan pengiriman signifikan pada masyarakat di daerah.

        "Tercatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura. Pengiriman antarpulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua," Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (19/5).

        Baca Juga: Bingung Cara Kelola Uang THR? Simak 5 Tips Cermat Manfaatkan THR Ala Tokopedia

        Sementara itu, bila melihat laporan per kategori, kategori Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik, serta Fesyen menjadi kategori yang memiliki jumlah transaksi tertinggi.

        "Kategori-kategori itu menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I 2022,” ungkap Ekhel.

        Pada kategori Rumah Tangga, produk yang paling laris, antara lain bantal kepala, stop kontak, dan benih/bibit tanaman. Sedangkan di kategori Kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari.

        Di kategori Makanan dan Minuman, minyak goreng, mie instan, serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku. Pada kategori Elektronik, earphone, bohlam lampu, serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli.

        Kemudian, produk kaos, sandal, serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori Fesyen Pria. Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang, dan daster menjadi produk yang paling laris. 

        Di sisi lain, inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga menunjukkan beberapa tren pada kuartal I/2022. Misalnya, wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi adalah Tanjung Pinang, Pekalongan, Gowa, Gianyar, dan Lampung Selatan.

        Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di antaranya Asmat, Halmahera Utara, Probolinggo, Jepara, dan Kepulauan Selayar. Sedangkan wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi adalah Tanjung Balai, Serang, Banyuasin, Karangasem, dan Gorontalo.

        Baca Juga: Luncurkan Allo Bank, Konglomerat Chairul Tanjung Ceritakan Awal Mula Bank Digital Besutannya

        “Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Aldi Ginastiar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: