Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        8 Tips Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk Perusahaan Serta Rekomendasinya

        8 Tips Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk Perusahaan Serta Rekomendasinya Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perkembangan teknologi informasi tak mungkin bisa dibendung. Oleh karenanya, setiap orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan tersebut akan tertinggal. Tak terkecuali bagi bidang usaha atau perusahaan. Tanpa menggunakan teknologi, perusahaan akan sulit berkembang karena persaingan mengharuskan kerja yang cepat dan hasil yang tepat.

        Tidak hanya satu atau dua, hampir semua bidang di perusahaan pada akhirnya harus memanfaatkan teknologi informasi, tak terkecuali bidang akuntansi. Berkaitan dengan akuntansi, kecanggihan teknologi yang termanfaatkan tidak hanya berupa hardware, tetapi juga software. Ragam kegiatan akuntansi akan sangat terbantu dengan penggunaan software yang tepat. Tak heran jika makin banyak pengembang software yang menyediakan layanannya.

        Baca Juga: Pengertian Aplikasi Absensi Online, Manfaat, dan Rekomendasinya

        Lantas, bagaimana caranya untuk memilih software akuntansi terbaik untuk perusahaan? Berikut adalah tips yang bisa Anda pertimbangkan.

        Mengenal Jenis Usaha

        Sebelum memilih software akuntansi, Anda tentu harus mengenal terlebih dahulu jenis usaha yang digerakkan oleh perusahaan. Hal ini penting karena setiap jenis usaha, seperti perdagangan, jasa, manufaktur, industri, dan lainnya memiliki karakter kegiatan yang berbeda.

        Selain itu, pertimbangkan pula bentuk bisnisnya, apakah UMKM, milik pribadi, CV, firma, atau PT. Setelah mengetahui kedua hal tersebut, Anda bisa mulai membuat list atau data kegiatan-kegiatan akuntansi yang dijalankan karena setiap jenis dan bentuk usaha memiliki kebutuhan akuntansinya sendiri.

        Tips Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik

        1. Software Online atau Offline 

        Perlu diketahui bahwa ada dua jenis software akuntansi yang sudah dikembangkan, yakni berbasis online dan offline. Software akuntansi berbasis online artinya pengendalian dan penggunaan software bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja asalkan memiliki kode akses dan jaringan internet (web-based).

        Sementara, software akuntansi berbasis offline artinya semua data harus dimasukkan langsung dari desktop atau komputer pusat yang sudah terintegrasi dengan sistem program. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan akuntansi perusahaan.

        2. Kemudahan Akses

        Jika Anda memilih software akuntansi berbasis online, kemudahan akses penting untuk diperhatikan. Salah satu ciri software yang memiliki akses mudah adalah yang sudah berbasis cloud. Software akuntansi berbasis cloud artinya pengguna bisa mengakses software di mana pun dan kapan pun selama memiliki koneksi internet.

        Dari sisi lain, kemudahan akses juga termasuk kemampuan software untuk dibuka di banyak platform dan gawai. Hal ini tentu penting karena ketika berada di luar kantor misalkan, Anda akan lebih mudah memantau atau mengelola akuntansi melalui gawai mobile.

        3. Keamanan Data

        Selain kemudahan akses, faktor keamanan data juga harus diperhatikan jika Anda memilih software akuntansi berbasis online. Beberapa hal yang harus dipastikan dari keamanan data ini kepada penyedia software akuntansi ialah bagaimana penyimpanan data software tersebut, server penyimpanan data, dan bagaimana keamanan yang dilakukan untuk perlindungan data.

        Selain itu, Anda juga bisa mengecek URL yang digunakan apakah menggunakan koneksi HTTPS. Protokol HTTPS penting karena data yang ditransfer ke server software enkripsi sehingga tidak bisa dilihat oleh hacker.

        4. Kemudahan Penggunaan

        Akan sangat percuma jika Anda memilih software akuntansi, tetapi Anda dan tim kesulitan dalam penggunaannya. Oleh karena itu, syarat user friendly harus menjadi pertimbangan utama. Biasanya, software yang paling dianggap user friendly adalah yang tampilannya simpel sehingga bisa dipahami oleh banyak orang.

        Meskipun biasanya penyedia software akuntansi memberikan petunjuk atau bahkan pelatihan, tetapi pada akhirnya dengan kemudahan penggunaan akan membuat karyawan lebih cepat paham dan tidak direpotkan di kemudian hari.

        5. Layanan Bantuan 

        Layanan bantuan atau customer support juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih software akuntansi. Pastikan bahwa penyedia software menyediakan layanan bantuan yang memadai dan cepat dalam menanggapi keluhan. Hal ini penting agar ketika terjadi kendala, Anda bisa segera menghubungi penyedia software dan masalah bisa teratasi dengan segera.

        Lantas bagaimana cara mengetahui apakah layanan bantuan yang diberikan baik? Tidak ada salahnya untuk menguji customer support tersebut dan melihat bagaimana respons yang diberikan. Keramahan dan pemberian solusi yang jelas bisa menjadi tolok ukur yang dipertimbangkan.

        6. Mempertimbangkan Skala Perusahaan

        Saat ini mungkin bisnis Anda berada di skala X, tetapi bagaimana dengan 1 atau 2 tahun ke depan? Tentunya Anda atau manajemen akan melakukan prediksi tentang perkembangan skala perusahaan di masa depan. Prediksi skala bisnis inilah yang penting untuk dipertimbangkan agar tidak salah memilih software akuntansi. Jangan sampai, software yang digunakan saat ini tidak bisa mengatasi kemajuan input data di kemudian hari. Meskipun bisa melakukan transfer data, perpindahan data seperti itu tidak semudah copy-paste biasa.

        Baca Juga: Luncurkan Model Terbaru Sony LinkBuds S, Berikut Spesifikasi dan Fitur Lengkapnya!

        7. Fitur

        Dalam memilih software akuntansi terbaik untuk perusahaan, tentu Anda akan melihat fitur-fitur yang mereka sediakan. Pastikan bahwa kebutuhan akuntansi perusahaan bisa diatasi dengan fitur-fitur yang disediakan software. Meskipun tidak mutlak, pertimbangannya mungkin saja bisa dilihat dari banyak tidaknya fitur yang disediakan.

        Selain itu, perlu diingat bahwa fitur-fitur yang ada juga harus terintegrasi dengan divisi lain. Hal ini sangat penting karena setiap divisi bisa saja memakai software berbeda sehingga selayaknya bisa diintegrasikan untuk kemudahan aktivitas.

        8. Harga

        Tips terakhir yang tentunya tak kalah penting adalah soal harga. Ya, tentu kesesuaian harga harus menjadi pertimbangan utama. Biasanya memang makin banyak fitur, makin tinggi pula harganya. Akan tetapi, semua kembali lagi ke kebutuhan perusahaan.

        Jangan sampai terjadi kemubaziran karena membeli fitur yang tidak terpakai, tetapi jangan pula sampai kekurangan karena biasanya ada biaya tambahan. Terkait biaya tambahan ini, lebih baik sudah dipastikan di awal agar jangan sampai di masa penggunaan ada biaya yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

        Itulah beberapa tips untuk Anda yang tengah mencari software akuntansi terbaik untuk perusahaan. Berbagai pertimbangan memang harus dilakukan agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk memilih software akuntansi yang sudah terpercaya dan dipakai oleh klien-klien besar.

        Salah satu penyedia software akuntansi tersebut adalah Mekari Jurnal. Software akuntansi mekari jurnal sendiri selalu melakukan terobosan dengan mengikuti kebutuhan zaman. Apalagi dengan sistem berbasis cloud, semua aktivitas akuntansi bisa dikerjakan lebih mudah dan fleksibel. Fitur yang disediakan juga sangat lengkap dan saling terintegrasi.

        6 Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

        Perkembangan teknologi sudah banyak membantu memudahkan pekerjaan manusia, tak terkecuali pada bidang akuntansi. Teknologi dapat meringkas pekerjaan seorang akuntan sehingga menjadi sangat efisien. Teknologi ini diwujudkan dengan bentuk software akuntansi.

        Dengan adanya software akuntansi, proses rekap data transaksi, perhitungan dan pelaporan informasi keuangan menjadi sangat mudah. Selain membuat pekerjaan seorang akuntan lebih efisien, juga meminimalisasi kesalahan informasi dalam tahapan siklus akuntansi.

        Berikut kami rangkum software akuntansi terbaik yang banyak digunakan perusahaan di Indonesia.

        1. Software Akuntansi Mekari Jurnal

        Sebagai salah satu software akuntansi terbaik, perangkat lunak ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Software berbasis cloud ini bisa dipergunakan untuk perusahaan skala kecil menengah. Ada banyak fitur di Jurnal. Diantaranya adalah:

        • Pelaporan lengkap dan real time;
        • Pencatatan biaya, pembuatan faktur;
        • Pelacakan persediaan;
        • Manajemen aset;
        • Cash link untuk menghubungkan software dengan akun bank perusahaan. 

        Secara keseluruhan, software akuntansi Mekari Jurnal memiliki kelebihan seperti berikut ini:

        • Mempunyai tampilan yang user friendly sehingga mudah untuk dipergunakan;
        • Mempunyai fitur lengkap;
        • Harga yang terjangkau.

        2. Zahir

        Ada beberapa perangkat lunak akuntansi tertua di Indonesia dan Zahir salah satunya. Zahir sendiri memiliki 5 paket produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

        • Zahir online: perusahaan manufaktur dan bisnis jasa.
        • Zahir essential: perusahaan perdagangan dan distribusi.
        • Zahir professional: perusahaan kontraktor dan produsen.
        • Zahir enterprise: perusahaan perusahaan besar.
        • Zahir on premise: untuk jenis perusahaan menengah dan besar.

        Zahir menawarkan fitur yang mumpuni untuk jenis produk yang ditawarkan. Misalnya untuk bisnis kecil dan menengah, software Zahir menawarkan fitur manajemen kas, pembelian dan penjualan, pembayaran utang piutang.

        Baca Juga: Dekoruma Luncurkan Thudio, Software Tambahan untuk SketchUp

        Sementara untuk jenis perusahaan enterprise, Anda bisa menggunakan fitur yang lebih lengkap. Di antaranya adalah persediaan, manajemen aset dan pengelolaan warehouse.

        Software ini memiliki keunggulan seperti:

        • Bisa dipergunakan untuk berbagai jenis perusahaan atau bisnis;
        • Ada pilihan apakah untuk bisnis besar atau kecil atau menengah;
        • Memiliki fitur lengkap;
        • Dapat diakses lewat aplikasi mobile.

        3. Accurate

        Software aplikasi dan keuangan Accurate menjadi salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk pengelolaan keuangan yang maksimal. Aplikasi ini adalah aplikasi buatan Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1998.

        Accurate memiliki 2 produk, yaitu accurate 5 untuk instalasi di komputer dan accurate online yang berbasis website. Kedua jenis produk tersebut memiliki fitur lengkap untuk pengelolaan keuangan yang maksimal. Beberapa diantaranya adalah:

        • Buku besar;
        • Kas bank;
        • Penjualan dan pembelian;
        • Stok;
        • Proyek dan manufaktur;
        • Stok dan e-faktur;
        • Laporan keuangan.

        Keunggulan dari Accurate sebagai software akuntansi terbaik Indonesia di antaranya adalah:

        • Multiplatform;
        • Fitur lengkap;
        • Keamanan yang terjamin karena penggunaan teknologi enkripsi.

        4. SAP

        Software akuntansi Jerman ini sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pelanggan di dunia. SAP menawarkan S/4 HANA Finance untuk pengelolaan keuangan berbasis awan (cloud) dan on premise ke perusahaan besar.

        SAP S/4HANA Finance ini bisa integrasi dengan SAP Success Factor. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa memiliki manajemen keuangan yang baik, tetapi juga human resource. Karena hal tersebut, software ini lebih cocok untuk dipergunakan di perusahaan besar.

        Fitur yang dapat Anda gunakan di SAP S/4HANA Finance adalah:

        • Pembuatan laporan keuangan secara real time;
        • Manajemen kredit;
        • Manajemen utang dan piutang;
        • Perencanaan keuangan;
        • Manajemen anggaran.

        Secara keseluruhan, keunggulan dari SAP yang bisa Anda miliki adalah:

        • Memprediksi berapa pengeluaran dan pendapatan perusahaan di masa depan;
        • Integrasi fitur seperti dengan software human resourcing;
        • Keamanan yang aman;
        • Penggunaan cloud computing.

        5. Omegasoft

        Software yang sebelumnya bernama Omega Accounting ini memiliki fitur penyimpanan cloud. Fitur tersebut memungkinkan Anda mengakses data secara real time kapan saja dan di mana saja. Software ini dapat dipergunakan tidak hanya untuk perusahaan besar, tetapi juga perusahaan kecil dan menengah.

        Beberapa fitur yang ditawarkan software kasir dan akuntansi ini, yaitu:

        • Analisis data;
        • Manajemen pelanggan;
        • Pengolahan penjualan
        • Accounting dan e-faktur;
        • Manajemen stok gudang;
        • Laporan keuangan;
        • Integrasi dengan sistem kasir.

        Karena fitur tersebut, beberapa keunggulan dari Omegasoft yang bisa Anda dapatkan adalah:

        • Software ini cocok untuk usaha kecil menengah dengan sistem kasir terpadu;
        • Fitur yang lengkap;
        • Sistem penyimpanan data dengan cloud yang memungkinkan Anda mengakses data secara real-time.

        Itulah software-software akuntansi yang terbaik di Indonesia. Jika Anda ingin memilih salah satunya, jangan lupa untuk mempertimbangkan keunggulan dan kelemahannya agar Anda mendapatkan yang terbaik.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: