Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Guys! Begini Cara Tingkatkan Kecepatan Web dengan VPS

        Guys! Begini Cara Tingkatkan Kecepatan Web dengan VPS Kredit Foto: Unsplash/Nathana Rebouças
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dunia digital kini makin merajalela, bahkan banyak orang yang juga berlomba-lomba membuat Website. Bahkan dengan membuat website, bisa menghasilkan beberapa pundi-pundi cuan yang menjadi pemasukan tambahan.

        Selain itu, ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website salah satunya memperhatikan VPS.

        Baca Juga: Genjot Digital Ecosystem Mortgage, BTN Luncurkan Website e-Mitra Operation

        VPS merupakan hal terpenting dari web, maka dari itu jika dirasa kecepatan Web mulai melemah Anda bisa menggunakan VPS sebagai bantuannya untuk update kecepatan. Berikut ini ada sedikit ulasan mengenai VPS dan kelebihan menggunakan VPS, seperti dirangkum Minggu (5/6/2022).

        Tentang Makna VPS

        VPS merupakan salah satu server virtual yang memiliki fungsi untuk menyimpan data dan file pada suatu website. Bahkan VPS juga biasa digunakan pada website yang membutuhkan sumber daya bantuan yang besar. Hal ini dikarenakan VPS mmeiliki teknologi virtual yang mana nanti akan membagikan server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda.

        Baca Juga: Ini 5 Spesifikasi dan Harga Laptop Gaming Terbaik 2022, Manakah Favoritmu?

        Sementara itu, VPS juga ada yang bernama VPS Hosting yang mana jenis ini sangat cocok bagi para penyedia jasa pemrograman, developer game hingga perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan kapasitas sumber yang besar. Bahkan ada pun keunggulan dalam menggunaka VPS Hosting ini, di antaranya sebagai berikut:

        1. VPS Hosting ini lebih leluasa dalam menentukan jenis panel kontrol yang nantinya akan digunakan oleh suatu web

        2. Bisa banyak mendapatkan bandwidth dan ruang penyimpanan dibanding menggunakan shared hosting. Sehingga bisa memuat data lebih banyak dari sebelumnya.

        3. Lalu, VPS ini juga bisa menentukan sistem operasi yang akan digunakan sesuai kebutuhan website sehingga web bisa berkembang dengan baik.

        4. Pemilik juga memiliki kebebasan dalam mengubah pengaturan hosting yang digunakan dalam web.

        Cara Mengoptimalkan Web Dengan VPS

        Banyak orang yang mengeluhkan mengenai kecepatan web jika menggunakan VPS. Berikut ini ada beberapa cara untuk memperbarui kecepatan web dengan VPS, diantaranya sebagai berikut:

        1. Cobalah untuk Mengkonfigurasi Ulang Pengaturan VPS

        Untuk mengoptimalkan VPS pertama kali adalah cobalah untuk memperhatikan pengaturan VPS. Pengaturan ulang yang lebih baik adalah seperti KeepAlive, MaxRequestPerChild, StartServers, dan MaxClients bahkan keempat ini menyediakan kinerja terbaik.

        Selain itu ada beberapa hal konfigurasi terhadap server lainnya yang sangat perlu untuk diperhatikan salah satunya adalah database, email service, dan juga aplikasi yang ada di dalamnya. Tentu, dengan memeriksa hal ini kinerja hosting makin cepat.

        2. Tetap Jaga Keamanan dengan Terus Mengupdate MySQL

        Memperbaharui MySQL itu sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan bisa meningkatkan kinerja dan keamanan untuk VPS juga Web. Maka dari itu, pastikan untuk terus mengupdate pembaharuan dari MySQL itu. Karena jika tudak, ini akan berpengaruh terhadap web dan pengunjung web Anda.

        3. Coba Menerapkan Sistem Cache pada Konten Tulisan Anda

        Memanfaatkan cache memang menjadi salah satu untuk meningkatkan kinerja web dengan VPS. Bahkan Anda juga bisa mengatur penyimpanan cache ini. Bahkan lebih baik jika Anda dapat membuat konten dengan gambar yang relatif ringan, maksudnya dengan ukuran minimal. Lalu, untuk melakukan optimasi pada konten pun harus diperhatikan dengan mengurangi Javascript agar tak melambat.

        Kelebihan Update Kecepatan Web menggunakan VPS

        Kepercayaan masyarakat kepada VPS terkait update kecepatan tak perlu diragukan. Karena dengan banyaknya minat masyarakat tentu memebrikan gambaran terkait kualitas dan kelebihan yang dimiliki VPS. Keunggulan VPS:

        1. Tahapan yang harus dilalaui cukup mudah

        2. Lebih mengefesiensi waktu

        3. Pengguna diperkenankan untuk merubah settings atau pengaturan hosting yang akan digunakan

        4. Pengguna berkesempatan untuk memililih sistem operasi yang akan digunakan sesuai kebutuhan website pengguna

        5. Pengguna dapat berkesempatan mendapatkan bandwidth lebih banyak 

        6. Pengguna dapat memiliki penyimpanan yang lebih besar dibanding menggunakan shared hosting

        7. Cenderung lebih mudah dan lebih leluasa ketika pengguna sedang menentukan jenis panel kontrol yang akan digunakan

        Alasan Utama yang menyebabkan Web berjalan Lambat

        Di bagian ini, kami akan membahas seberapa jauh hal-hal tersebut mempengaruhi kecepatan loading website. Berikut di antaranya:

        1. Server Hosting yang berjalan lamban

        Server Hosting memiliki peranan penting dalam sebuah website. Karena dengan server Web Hosting yang baik maka menjadi salah satu tolak ukur kecepatan loading website. 

        2. Tema yang di usung cukup berat

        Banyak pengelola website yang mendambakan akun websitenya terlihat mewah, menarik agar diminati masyarakat. Kemewahan sebuah website diukur dari beberapa hal seperti fitur elemen visual yang indah, fitur widget, slider, hingga tampilan header yang ukurannya lebih besar. Siapa sangka dengan hal tersebut justru akan memperlambat kecepatan website. 

        3. Mengandung banyak Plugin 

        Jika Anda menggunakan plugin dalam website seperti odac yang Anda Kelola, ditambah plugin tersebut tidak pernah di update atau melakukan masa kompatibel melalui CMS maka hal ini mampu memberikan dampak kelambatan yang sangat signifikan terhadap kualitas website Anda. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: