Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dilayani Tokopedia Catat Kenaikan Transaksi Hingga 5 Kali Lipat pada Kuartal I/2022

        Dilayani Tokopedia Catat Kenaikan Transaksi Hingga 5 Kali Lipat pada Kuartal I/2022 Kredit Foto: Imamatul Silfia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tokopedia mengumumkan fitur Dilayani Tokopedia mencatatkan petumbuhan transaksi hingga lima kali lipat pada kuartal I/2022. Selain itu, berdasarkan data internal perusahaan per Mei 2022, penjual yang menggunakan Dilayani Tokopedia memperoleh peningkatan transaksi rata-rata hampir empat kali lipat dibandingkan dengan catatan transaksi sebelum menggunakan layanan tersebut.

        Adapun, kategori yang mengalami peningkatan transaksi tertinggi, yaitu Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga.

        Baca Juga: Tokopedia Bagikan 5 Tips Tingkatkan Omzet untuk UMKM, Wajib Simak!

        Dilayani Tokopedia sendiri merupakan layanan gudang pintar oleh Hyperlocal Tokopedia yang membantu penjual menangani operasional bisnis, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan ketika terjadi kendala. Pada kuartal I/2022, pengiriman barang tercepat melalui Dilayani Tokopedia adalah 10 menit sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli. 

        "Kami mencatat pengiriman barang terjauh di Kuartal I/2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatra Utara, ke Kabupaten Merauke, Papua," ujar Samuel Simanjuntak, Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, dalam konferensi pers, Rabu (8/6/2022).

        Baca Juga: Gandeng BI dan OJK, Tokopedia Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Lokal

        Dalam kesempatan yang sama, dua perwakilan UMKM yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia mengaku merasakan dampak positif pada bisnis yang mereka jalani.

        Uma Hapsari, pemilik usaha Amazara, UMKM Yogyakarta yang menjual berbagai alas kaki perempuan, mengungkapkan jangkauan pengiriman produknya makin meluas sejak menggunakan Dilayani Tokopedia, bahkan hingga ke Papua.

        "Jumlah pesanan di provinsi luar Jawa pun meningkat secara signifikan, dengan kenaikan tertinggi di Sulawesi Selatan, Riau, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, dan Lampung," jelas Uma.

        Di sisi lain, Iwan Amariko, pemiliki Toko Kopi Gayo, mengaku sangat terbantu dengan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta. Pasalnya, lokasi produksi dan penyimpanan produk usahanya berlokasi di pedalaman Aceh sehingga dirinya kerap menghadapi tantangan terkait pelayanan dan logistik.

        Baca Juga: Rayakan Hari Kebangkitan Nasional, Tokopedia Berikan Inovasi Terbarunya!

        "Sejak memanfaatkan Dilayani Tokopedia, Toko Kopi Gayo dapat menjaring pasar di Pulau Jawa dan Indonesia Timur," tutur Iwan.

        Dia menambahkan, Dilayani Tokopedia juga membuat pengiriman barang hingga ke tangan konsumen dapat berlangsung lebih cepat. Sejumlah faktor tersebut berdampak positif pada bisnisnya.

        Baca Juga: Tokopedia Umumkan Tren Belanja Kuartal I/2022, Pengiriman Antarpulau Naik hingga 65 Kali Lipat!

        "Bagi Toko Kopi Gayo, Tokopedia berada di urutan pertama dalam kontribusi terhadap omzet," tandasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Ayu Almas

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: