Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Rakernas PDIP Selesai, Megawati dan 'Pasukan Banteng' Makan Bakso Gerobakan, Simak!

        Rakernas PDIP Selesai, Megawati dan 'Pasukan Banteng' Makan Bakso Gerobakan, Simak! Kredit Foto: Instagram/Megawati Soekarno Putri
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) secara resmi telah menyelesaikan rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) kedua PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan pada Kamis (23/6/2022) sore. Momen menarik pun terjadi usai Rakernas, Ketua Umum Megawati Soekarnoputeri serta kedua anaknya mencicipi bakso bersama.

        Melansir dari Suara.com di lokasi, Rakernas II PDIP resmi ditutup Megawati sekira pukul 17.00 WIB.

        "Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dan alhamdulillah maka Rakernas kedua PDIP yang dilakukan di 2022 ini dengan resmi saya tutup," kata Megawati.

        Tak lama setelah menutup acara, Megawati serta kedua anaknya yakni, Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo, menyambangi gerobak-gerobak bakso yang memang sengaja diundang untuk dinikmati bersama.

        Selain Puan dan Prananda, pejabat teras PDIP lainnya seperti Yasonna Laoly dan Hasto Kristiyanto terlihat mendampingi untuk mencicipi hindangan bakso.

        Baca Juga: Yang Kemarin Taruhan Alphard Mohon Siap-siap! Selain Jusuf Kalla, Dua King Maker Lain Bisa Dukung Anies Baswedan Jadi Calon Presiden

        Saat itu, terlihat Megawati turut langsung menghampiri salah satu gerobak bakso di area halaman Sekolah Partai PDIP. Megawati memperhatikan secara serius proses penyajian bakso tersebut.

        Tak lama Megawati pun dipersilakan untuk duduk di kursi yang telah dipersiapkan. Kemudian bakso pun dihidangkan. Ia tampak menikmati bakso tersebut sambil mengobrol ditemani dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

        Sementara di sebelah kanannya, Puan Maharani sambil menikmati hidangan bakso, tampak meladeni pertanyaan-perntanyaan yang dilontarkan awak media.

        Dalam momen ini Megawati tak memberikan komentar soal hindangan bakso yang dinikmati. Sementara Hasto menjelaskan memang bakso menjadi makanan rutin ketika kader PDIP datang ke Kantor DPP partai.

        "Jadi kalau teman-teman setiap saat datang ke DPP partai, itu makan siang dulu. Kalau kita rapat lalu setengah 4 keluar bakso," kata Hasto.

        Puan mengatakan, agenda menikmati bakso ini adalah untuk melepas tekanan usai tiga hari menggelar rakernas.

        "Tentu saja setelah capai, tiga hari temen-temen media juga capai makan bakso bersama-sama supaya agar rileks sedikit," katanya.

        Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo diberikan tanggung jawab untuk membacakan rekomendasi eksternal hasil Rakernas berkaitan dengan Pilpres 2024 tersebut.

        Awalnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kritiyanto membacakan pemgantar hasil Rakernas kedua PDIP tersebut. Ia kemudian mempersilakan Ganjar membacakan rekomendasi hasil Rakernas berkaitan dengan tema ideologi pancasila, sistem politik dan Pemilu 2024.

        Pertama, Rakernas merekomendasikan pentingnya pembumian Pancasila berdasarkan falsafah dan spirit kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila sebagai ideologi, falsafah, landasan dan bintang penuntun seluruh kebijakan strategis pemerintahan, dan menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

        "Berkaitan hal tersebut, kurikulum pendidikan nasional di seluruh strata pendidikan harus memasukkan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib," kata Ganjar saat membacakan dihadapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputeri.

        Kedua, Ganjar membacakan, Rakernas PDIP kerua merekomendasikan mendukung sepenuhnya upaya Pemerintah dalam memulihkan dampak pandemi Covid 19 dengan mempercepat vaksinasi Covid-19, percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, bantuan sosial, peningkatan penyerapan lapangan kerja, investasi, dan stabilitas harga kebutuhan pokok rakyat.

        Ketiga, Ganjar membacakan, Rakernas PDIP kedua mendorong Presiden Jokowi untuk meningkatkan sinergi koneksitas dan kerjasama partai politikpengusung pemerintah guna memaksimalkan keberhasilan pemerintah bagi terwujudnya Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

        Kemudian poin keempat, terkait pencalonan presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024, merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Dalam poin ini ditegaskan bahwa soal capres-cawapres diusung PDIP merupakan hak prerogratif Megawati.

        Baca Juga: Pendukungnya Mohon Buka Kuping Lebar-lebar, Ganjar Pranowo Tegas untuk Patuh ke Megawati: Semua Sepakat Kok...

        "Keempat, Rakernas II Partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024, berdasarkan keputusan Kongres V Partai, AD/ART Partai, dan tradisi demokrasi Partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai, Prof. DR. H.C Megawati Soekarnoputri," tutur Ganjar.

        Usai membacakan poin empat rekomendasi, kader yang hadir di ruangan memberikan tepuk tangan yang meriah. Sontak saja seisi ruangan menjadi riuh. Ganjar yang mendengar keriuhan sempat menghentikan dulu sejenak pembacaan rekomendasi Rakernas kedua PDIP dari atas podium.

        Tak lama kemudian pembacaan rekomendasi tersebut dilanjutkan oleh Ganjar lagi hingga habis. Setidaknya ada 7 poin rekomendasi soal ideologi Pancasila, sistem politik dan Pemilu 2024.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: