Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        OCBC NISP Ajak Inovator Teknologi Nyalakan Ide di Ajang Hack@ON

        OCBC NISP Ajak Inovator Teknologi Nyalakan Ide di Ajang Hack@ON Kredit Foto: OCBC NISP
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bank OCBC NISP bekerja sama dengan DailySocial.id meluncurkan kegiatan kompetisi pemrograman yang bertajuk OCBC NISP Hack@ON dengan mengusung tema #GakPerluRibet Let's Bank Differently.

        Program Hack@ON merupakan ajang inovasi berbasis teknologi, yang bertujuan menghasilkan pengalaman perbankan baru agar #GakPerluRibet dan mengajak para talenta teknologi bangsa yang memiliki ambisi tinggi dan keinginan kuat untuk dapat meNyalakan ide orisinil dan terbaiknya, dalam memajukan inklusi keuangan untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik.

        Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pandemi telah mendorong masyarakat Indonesia bermigrasi dari aktivitas di ruang fisik ke ruang digital. Terbukti dengan adanya kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi selama tahun 2021, yaitu 8,72%, 6,87%, dan 5,51% year-on-year.

        Tak dapat dipungkiri, hal tersebut berdampak pada pola hidup masyarakat yang makin kompleks, dan mengubah masyarakat Indonesia menjadi digital savvy. Baca Juga: Chandra Asri Kantongi Pinjaman US$100 Juta dari Bank OCBC NISP, Ternyata untuk Tujuan Ini

        “Tentunya, untuk dapat berinovasi, ‘sumber daya manusia’ menjadi kunci utama dalam mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dan kompleks. Dengan era open banking ini, kami melihat peluang untuk akselerasi layanan dan inovasi, sehingga kami mengajak para inovator dan talenta teknologi bangsa untuk bersama – sama mengambil peran untuk berinovasi dan bersama – sama menjadikan Indonesia #financiallyfit,” ujar Julie Anwar, Head of Human Resources Bank OCBC NISP di Jakarta, Rabu (13/7/2022).

        Saat ini, pemerintah tengah menggaungkan Indonesia Emas 2045, sebuah visi untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Salah satu tujuan pilarnya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dengan tolak ukur sehat finansial/ keuangan. 

        "Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan. Akses perbankan harus berada di mana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda Indonesia #GakPerluRibet untuk memiliki akses ini," pungkasnya.

        Sebagai informasi, Open Banking adalah mekanisme penyediaan akses data nasabah secara terbuka namun aman melalui penggunaan teknologi berupa open Application Programming Interface (API). Dengan teknologi tersebut, pihak ketiga dapat mengakses data-data yang mereka butuhkan dari nasabah melalui sambungan yang tersedia, dengan persetujuan dari nasabah yang bersangkutan.

        Adapun pendaftaran program OCBC NISP Hack@ON dibuka pada 12 Juli – 4 September 2022. Calon peserta dapat mendaftarkan diri ke Hackathon.onelabs.co//. Total 20 peserta akan diundang untuk mengikuti kompetisi Hack@ON secara langsung di Hack Day pada 24 & 25 September 2022 di ON Space, BSD City. Nantinya, tiga pemenang dari OCBC NISP Hack@ON ini akan mendapatkan hadiah dengan total senilai lebih dari Rp200 juta. Baca Juga: Manjakan Nasabah Saat Plesiran ke Luar Negeri, OCBC NISP Hadirkan Fitur Global Wallet

        "Untuk mensosialisasikan program dan mengajak semakin banyak talenta teknologi bangsa untuk berpartisipasi di acara tersebut, Bank OCBC NISP akan melakukan Roadshow di empat kota di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajar Sulaiman
        Editor: Fajar Sulaiman

        Bagikan Artikel: