Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sidak Pasar Keputran Surabaya, Zulhas Klaim Harga Bapok Turun: Ibu-ibu Bahagia

        Sidak Pasar Keputran Surabaya, Zulhas Klaim Harga Bapok Turun: Ibu-ibu Bahagia Kredit Foto: Antara/Mohammad Ayudha
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan ibu-ibu rumah tangga semakin bahagia karena harga barang kebutuhan pokok (bapok) terus mengalami penurunan. Dengan harga bapok yang terjaga, inflasi akan tetap terkendali.

        "Kita syukuri mudah-mudahan harga bapok rendah dan stabil terus sehingga inflasi terjaga. Kalau harga-harga turun, maka ibu-ibu yang dagang dan ibu rumah tangga senang dan bahagia," ujar Mendag Zulkifli Hasan usai inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Grosir Keputran Surabaya, Sabtu malam dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/7/2022).

        Turut hadir pada sidak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra serta Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono turut mendampingi sidak di pasar tersebut.

        Baca Juga: Zulhas Minta Pengusaha Besar Bantu UMKM demi Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

        "Sengaja saya tidak ke pasar pagi, tapi yang malam karena komoditas di pasar ini untuk dijual lagi. Saya terkejut, harga bawang merah mulai Rp25.000-Rp28.000 per kg. Artinya pengecer bisa jual Rp35.000-Rp40.000 per kg. Harga ini sudah jauh menurun dari harga sebelumnya," kata Zulkifli Hasan.

        Zulhas menyebut komoditas hortikultura lain di Pasar Keputran terus mengalami penurunan. "Segala jenis cabai, harga rata-rata sudah Rp55.000 per kg. Jadi pengecer bisa jual di harga Rp60.000-Rp65.000 per kg. Jauh lebih murah. Sementara harga bawang putih dan beras stabil.
        Sedangkan harga sayuran cenderung turun," imbuhnya.

        Ia menambahkan lagi, Kemendag akan terus melakukan pemantauan guna menjaga ketersediaan pasokan dan harga bapok di seluruh Indonesia. Sebelumnya, pada hari yang sama Mendag Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga dan pasokan bapok di Pasar Kasih Naikoten di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

        "Saya keliling terus. Tadi pagi saya ke Pasar Kasih Naikoten, Kupang. Harga daging sapi di sana termurah se-Indonesia, Rp110.000 per kg," pungkas Zulhas.

        Pasar Keputran merupakan pasar grosir, khususnya untuk produk hortikultura seperti bawang, cabai, dan sayuran. Geliat pada pasar ini mulai memuncak pada sore hingga dini hari.

        Berdasarkan pantauan, harga cabai rawit tercatat Rp55.000 per kg, cabai keriting Rp60.000 per kg, cabai besar Rp60.000 per kg, bawang merah probolinggo ukuran kecil Rp25.000 per kg, bawang merah super Rp30.000 per kg, bawang putih honan Rp19.000 per kg, serta bawang putih kating Rp24.000 per kg.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: