Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menghadapi Peningkatan Pemalsuan Merek di Asia, Bagaimana Printer Membantu Bisnis Menuju Kesuksesan?

        Menghadapi Peningkatan Pemalsuan Merek di Asia, Bagaimana Printer Membantu Bisnis Menuju Kesuksesan? Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pandemi telah mengubah cara kita dalam berbelanja serta melakukan jual beli barang. Pendapatan e-commerce di Asia diperkirakan akan tumbuh senilai US$1,9 triliun di tahun 2024, yang nantinya akan menyumbang 61,4% dari pasar e-commerce global. Dengan adanya dorongan peningkatan penggunaan pasar online serta ketersediaan barang dagangan yang makin komplet, ancaman baru berupa pemalsuan merek pun menjadi makin tinggi.

        Industri pemalsuan saat ini diperkirakan telah mencapai US$500 miliar dan akan terus mengalami peningkatan yang cepat. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemegang merek agar secepatnya bertindak untuk menghemat sumber daya dan melindungi pangsa pasar yang semakin berkurang.

        Baca Juga: Genjot Pemulihan, GOTOKO Lanjutkan Ekspansi Bisnis

        Banyak perusahaan telah mengatasi tantangan ini dengan menjanjikan komitmen kepada publik untuk melakukan adaptasi yang sejalan dengan peningkatan ancaman pemalsuan merek. Mereka juga melakukan kerja sama dengan penyedia layanan cetak atau print service providers (PSPs) serta technology enablers untuk terus meningkatkan solusi keamanan.

        Seiring dengan pertumbuhan digital, industri percetakan di Asia Pasifik diperkirakan akan tumbuh pada tingkat tertinggi dalam jangka waktu dari sekarang sampai tahun 2026 nanti. Negara-negara seperti Tiongkok, India, dan Jepang telah memimpin segmen percetakan grafis komersial dan digital guna untuk mendukung pertumbuhan industrialisasi yang signifikan.

        Sebagai bagian dari upaya kolaboratif industri percetakan untuk tetap selangkah lebih maju, percetakan digital kini telah menjadi alat penting dalam melawan pemalsuan. Bahkan, para pemalsu yang sudah lihai pun sering kali tidak akan mampu meniru fitur-fitur unik yang terdapat pada security printing digital. Tentunya hal ini dapat membantu pihak yang berwenang untuk mengendalikan dan melacak produk-produk palsu yang beredar serta menghentikan peredarannya. 

        Security Printing sebagai sebuah tren terbaru

        Security printing merupakan bidang industri percetakan yang berhubungan dengan pencetakan barang-barang berharga seperti uang kertas ataupun paspor. Pasar security printing di Asia Pasifik memprediksi pertumbuhan pasar yang stabil sebesar 4,6% CAGR dalam periode 2021 hingga 2027. Seiring dengan perkembangan industri, industri security printing juga melakukan diverifikasi untuk memasukkan fitur yang makin beragam untuk melayani berbagai kebutuhan dari merek yang berbeda serta dalam penggunaan yang makin luas.

        Salah satu aplikasi utamanya adalah perlindungan merek tingkat lanjut (advanced brand protection), di mana perusahaan menggunakan fitur secure-print untuk menunjukkan keaslian suatu produk. Hal ini dapat membantu dalam menyaring produk palsu yang berkualitas rendah yang berbahaya dan sering kali keluar dari rantai pasokan dan tentunya, untuk menjaga konsumen tetap aman serta melindungi aliran pendapatan dan reputasi merek.

        Penggunaan lain dari ini adalah security printing yang sering digunakan oleh pemerintah, regulator, dan lembaga lain yang memproduksi materi cetak, seperti formulir dan dokumen. Melalui security printing, merek maupun organisasi dapat melacak, melakukan autentikasi, dan mengidentifikasi berbagai titik aliran kerja. Proses ini mirip dengan bagaimana negara perlu melakukan identifikasi paspor yang tidak hanya didasarkan pada keaslian atau validitasnya, tetapi juga pada kepemilikan oleh individu yang unik.

        Merek makin beralih ke PSP untuk memperkuat pertumbuhan dan pendapatan yang tinggi dari security printing digital. Dalam perspektif security printing digital, PSP menawarkan nilai dalam memastikan bahwa proses pencetakan untuk merek memiliki lapiran multi keamanan yang kuat dengan mencetak satu pass di lingkungan yang aman dan dilakukan pada satu waktu.

        Tech enablers juga memiliki peran penting dalam ekosistem. Misalnya, HP menyediakan teknologi bagi PSP seperti platform HP Indigo Secure yang memungkinkan mereka untuk memberikan layanan bernilai tambah, termasuk ukuran berlapis-lapis elemen terbuka dan tersembunyi dengan kombinasi tak terlihat, tinta infra merah, pencetakan data variabel, ID series, QR code, serialized micro text, guilloche patterns, dan track and tracer yang terhubung dengan cloud.

        Baca Juga: Kemenkominfo Dukung Transformasi Digital, Bantu UMKM Naik Kelas

        Ancaman umum yang dihadapi PSP saat ini

        Perubahan lanskap yang begitu cepat akibat pandemi tidak hanya menguntungkan pedagang e-commerce dan konsumen saja, tetapi juga para pemalsu. Karena pembeli makin bergantung pada saluran penjualan yang berbeda seperti e-commerce dan m-commerce, makin mudah bagi pemalsu untuk menyamar sebagai pengecer dan menjadi merek asli. Hal ini tentunya menyebabkan kekhawatiran tidak hanya seputar pendapatan yang akan menghilang, tetapi juga brand equity yang bisa rusak karena kehilangan kepercayaan dari para pelanggan.

        Selama ini, industri yang paling menderita dari praktik semacam ini adalah sektor farmasi, di mana permintaan dan pasokan obat palsu mencapai titik tertinggi sepanjang masa. Secara retrospektif, menerapkan keamanan berlapis pada dokumen, label, dan kemasan akan menciptakan rantai pasokan farmasi yang lebih aman.

        Nosco Inc. merupakan contoh yang bagus, di mana perusahaan mencetak kode batang variabel (barcode) yang tidak terlihat untuk memungkinkan pelanggan memindai dan melacak barcode di berbagai nagara untuk memastikan keaslian obat.

        Dalam lanskap bisnis yang kompetitif seperti saat ini, merek yang tidak bisa bertahan dari pemalsuan akan berada dalam posisi yang sulit untuk mencapai tujuan bisnis mereka, baik dalam memasuki pasar baru maupun untuk mendapatkan pangsa pasar. Ketika konsumen menjadi lebih cerdas dalam menentukan nilai dan perilaku pembelian mereka, serta di mana brand equity sekarang juga penting, keaslian produk menjadi sangat penting. Dalam hal ini, security printing digital telah terbukti menjadi cara yang andal dan efektif untuk membatasi pemalsuan dan produk-produk palsu. Meskipun begitu, hasil akhirnya tetap bergantung pada tindakan yang dilakukan oleh merek maupun bisnis dalam menghadapi hal tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: