Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mudah Cuan Era Digital, Simak Kiat Sukses di Marketplace Ini!

        Mudah Cuan Era Digital, Simak Kiat Sukses di Marketplace Ini! Kredit Foto: Imamatul Silfia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Marketplace di era digital diibaratkan sebuah pasar, di mana platform digital ini mempertemukan antara penjual dan pembeli. Marketplace bahkan sangat potensial dan memiliki nilai untuk menaikkan pendapatan sektor ekonomi digital Indonesia. 

        Sumber dari katadata.id, Tokopedia menjadi marketplace dengan jumlah pengunjung terbanyak di tahun 2021. Data mengebutkan pengunjung Tokopedia per bulan mencapai 149,6 juta orang. Fakta tersebut tentu bisa menjadi gambaran betapa besarnya potensi pasar dari marketplace.

        Baca Juga: Mengerikan! Jejak Digital Bisa Jadi Gerbang Pencurian Data Bahkan Identitas Diri

        "Hal ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman pengusaha dan pedagang, dari 149 juta bagaimana kalau kita ambil 2 persennya saja sudah sangat luar biasa," kata Victor Wahanggara saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Senin (15/8/2022).

        Lebih jauh dia mengatakan, marketplace berbeda dengan toko online, marketplace hanya menjadi sarana orang berjualan dan untuk jenis dan stok barang dikelola oleh penjual. Sementara marketplace hanya memfasilitasi saja menggunakan sistem yang ada, mulai dari promosi produk di halaman marketplace hingga transaksi antara penjual dan pembeli agar aman. 

        Setiap orang yang ingin terjun ke marketplace harus punya kecakapan digital sebagai pondasi interaksinya. Beberapa digital skills yang perlu dikuasai, seperti mengetahui cara mengakses marketplace dan tentunya harus memiliki perangkat yang memadai. Kemudian penggunaan aplikasinya dan sistem operasi untuk berkomunikasi dengan calon pembeli.

        Baca Juga: Ferdy Sambo Tak Punya Niat Buka Fakta Pembunuhan Brigadir J, Sepatutnya Dihukum Mati!

        Supaya layanan marketplace maksimal, kuasai juga aplikasi percakapan dan media sosial sebagai tempat mempromosikan barang. Di mana menjadi cara agar produk lebih dikenal dan diingat calon pembeli. Tak hanya itu ada komponen lainnya yang menunjang orang berjualan di marketplace, misalnya mengenal aplikasi dompet digital, mengetahui cara transaksi di marketplace dan perlindungan agar segala transaksi digital aman. 

        Victor pun memberikan kiat supaya berjualan di marketplace lebih maksimal. Yakni memanfaatkan iklan yang disediakan secara gratis maupun berbayar oleh pihak matketplace. Penjual juga disarankan untuk sering mengikuti kampanye dan menerapkan harga diskon yang diselenggarakan marketplace untuk menarik pengunjung. 

        Penggunaan kata kunci penamaan barang juga mempermudah pengunjung menemukan produk. Jangan lupa supaya foto produk dengan resolusi gambar baik supaya calon pembeli yakin saat bertransaksi. 

        Baca Juga: Ancaman Digital di Internet Tinggi, Netizen Harus Siap Lakukan Hal Ini!

        Merespons perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.

        Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi

        Baca Juga: Wah! PPATK Turun Tangan Soal Kasus Ferdy Sambo

        Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Pengusaha dan Digital Trainee, Graphologist Diana Aletheia, Wakil Ketua RTIK Blitar, Subana, serta Digital Marketer Enthusiast, Victor Wahanggara. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun @Siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: