Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Utang Negara: Salah Urus dan Kebijakan Serampangan Seret Suriname ke Jurang Utang

        Kisah Utang Negara: Salah Urus dan Kebijakan Serampangan Seret Suriname ke Jurang Utang Kredit Foto: Getty Images/Richard Sharrocks
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Suriname adalah salah satu negara teratas dengan utang lebih besar terhadap Produk Domestik Bruto atau PDB. Yang terjadi pada negara di bagian utara Amerika Selatan ini adalah hasil kumulatif yang terjadi selama bertahun-tahun yang dapat diulas menarik sebagai kisah utang sebuah negara.

        Peningkatan utang Suriname diakibatkan oleh ketidakhati-hatian kebijakan fiskal oleh pemerintah Suriname sebelumnya. Kesalahan dalam kebijakan politik sebuah negara, seperti Suriname, erat berdampak terhadap keuangan negara.

        Baca Juga: Kisah Utang Negara: Italia, Negara Eropa Peringkat ke-2 Utang Tertinggi

        Bentuknya seperti transfer dan subsidi yang tidak tepat sasaran meningkat lebih dari tiga kali lipat sebagai bagian dari PDB dari awal 2010-an hingga 2019. Sebagian besar disebabkan oleh peningkatan subsidi listrik dan transfer ke kementerian kesehatan, pendidikan, dan sosial. 

        Bukan cuma itu, beberapa peningkatan utang sebagai bagian dari PDB juga disebabkan oleh kontraksi ekonomi.

        Keadaan tersebut dapat menyeret Suriname ke dalam kekacauan lebih parah jika tidak ditangani dengan segera. Salah satu kerentanan utama terhadap strategi pengurangan utang Suriname.

        China, sebagai salah satu pemberi jaminan pembiayaan utang akan enggan melanjutkannya. Jaminan yang spesifik dan kredibel dengan parameter Fasilitas Dana Perpanjangan atau (EFF) akan dulit didapat.

        Program mengasumsikan, dan pihak berwenang Suriname telah berjanji, bahwa setiap utang akhirnya perlakuan dengan China akan mematuhi perbandingan perlakuan dengan kreditur Paris Club, yang telah memberikan jaminan pembiayaan yang spesifik dan kredibel.

        Belakangan ini, efek limpahan dari perang Rusia melawan Ukraina menimbulkan risiko lain. Dampak dari Rusia perang telah meningkatkan harga komoditas, termasuk untuk minyak.

        Peningkatan ini kemungkinan akan mendorong inflasi secara keseluruhan dan memburuknya neraca berjalan Suriname, dan dapat berdampak negatif terhadapnya prospek pertumbuhan. Ini mungkin juga memerlukan pengeluaran fiskal yang lebih tinggi untuk mengurangi efek yang lewat dari inflasi ke rumah tangga rentan.

        Dalam jangka menengah, harga minyak yang lebih tinggi dapat memfasilitasi investasi ke sumber daya hidrokarbon potensial Suriname, yang jika dikelola dengan hati-hati dan tanpa korupsi, akan meningkatkan prospek ekonomi makro Suriname.

        Kerentanan lainnya adalah risiko krisis keuangan di Suriname. Beberapa bank kecil sudah dekat kebangkrutan, dan sistem secara lebih luas melihat peningkatan tingkat pinjaman bermasalah.

        Program rekapitalisasi, terutama jika terjadi kebangkrutan, dapat melemahkan fiskal Suriname memposisikan dan mengganggu kemampuan otoritas untuk memenuhi target program IMF.

        Terakhir, reformasi struktural diperlukan untuk membalikkan neraca fiskal dan transaksi berjalan Suriname yang dalam ketidakseimbangan membutuhkan komitmen politik yang signifikan. Pengikisan dukungan politik, atau pemilihan pemerintah yang kurang berpikiran reformasi, dapat menghambat atau membalikkan janji Suriname lintasan reformasi.

        Pihak berwenang Suriname sedang mengejar serangkaian reformasi untuk meningkatkan prospek fiskal. Ini termasuk menaikkan harga listrik untuk mencapai pemulihan biaya, menurunkan tagihan upah sektor publik dengan membatasi pertumbuhan kompensasi nominal dan merampingkan tenaga kerja, dan mengurangi pajak pengecualian.

        Mereka juga mengganti pajak penjualan dengan pajak pertambahan nilai dan mengejar teknis reformasi untuk meningkatkan pengumpulan dan administrasi pendapatan.

        Baca Juga: Eritrea, Negara Tanduk Afrika Salah Satu Pemilik Utang Tertinggi di Dunia

        Lebih luas lagi, mereka menerapkan pagar pembatas kelembagaan untuk memperkuat pelaporan data fiskal dan menciptakan anggaran yang lebih kuat kerangka.

        Seperti disebutkan di atas, untuk memulihkan kesinambungan utang, Suriname perlu mencapai kesepakatan tentang restrukturisasi dengan kreditur eksternal, baik pejabat maupun swasta.

        IMF telah menilai bahwa Suriname sedang mengejar negosiasi itikad baik untuk merestrukturisasi utang dengan kreditur swasta mereka, dan pihak berwenang tetap terlibat dalam negosiasi dengan China dan India.

        Di domestik yang ada tunggakan kepada pemasok, Suriname sedang melakukan audit dan selanjutnya akan merancang rencana ini musim panas mendatang untuk melunasi tunggakan ini.

        Suriname juga menjajaki kemungkinan cadangan minyak di lepas pantainya. Jika ladang minyak ini terbukti signifikan dan dapat dijangkau, kerangka ekonomi makro Suriname dan restrukturisasi utang amplop akan diperbarui oleh IMF sesuai.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: