Apakah itu buku besar? Buku besar atau cash book atau buku kas merupakan dokumen akuntansi utama yang berisi semua akun yang dimiliki oleh bisnis, yang berarti pembukuan perusahaan mencatat semua transaksi yang dibuat selama perusahaan berjalan. Buku kas berisi transaksi yang dipisahkan berdasarkan jenis: aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan biaya. Buku besar penting dalam perencanaan bisnis karena digunakan sebagai referensi, untuk menyimpan semua informasi keuangan bisnis, dan juga digunakan untuk membuat berbagai laporan keuangan.
Saat membuat jurnal akuntansi bisnis, ada sejumlah dokumen penting dan laporan yang akan dicatat, tidak hanya karena dokumen tersebut digunakan untuk membuat rencana bisnis yang berkaitan dengan pertumbuhan bisnis Anda, tetapi juga pembukuan keuangan ini berfungsi sebagai catatan dari histori transaksi keuangan bisnis Anda. Mungkin salah satu yang paling penting dari laporan akuntansi ini adalah buku kas.
Definisi Buku Besar
Sebelum kita memahami secara detail tentang dokumen akuntansi ini, mari kita mulai dengan hal mendasar dengan menjawab pertanyaan Apa itu buku besar?
Pada dasarnya, buku kas adalah esensi dari sistem pembukuan online Anda, ia berfungsi sebagai catatan semua akun Anda dan merinci semua transaksi yang dibuat oleh bisnis Anda. Biasanya, masing-masing transaksi Anda dalam buku besar dibagi menjadi beberapa akun (bagan akun), dikategorikan sebagai aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan biaya.
Secara keseluruhan, buku besar digunakan sebagai dokumen referensi, serta sumber daya pembukuan perusahaan dalam membuat laporan keuangan untuk mengevaluasi kesehatan dan kemajuan bisnis Anda.
Bagaimana Buku Besar Bekerja
Ketika Anda menjalankan operasi bisnis sehari-hari, biasanya dimulai dengan Anda membuat entri dalam sistem akuntansi Anda: periksa, faktur, dan setoran. Setiap transaksi dicatat di buku besar Anda, yang dikenal sebagai “posting transaksi.” Misalnya, jika Anda menulis cek untuk membayar sewa, transaksi akan masuk ke dalam dua akun di cash bookAnda.
Pertama, transaksi akan mengkreditkan (menurunkan saldo) dari rekening bank bisnis Anda dan debit (tambah saldo) ke akun pengeluaran sewa Anda. Debit dan kredit yang sama adalah bagian dari metode akuntansi masuk berganda. Metode ini memastikan bahwa buku kas perusahaan selalu seimbang, mempertahankan persamaan:
Asset = Kewajiban + Ekuitas
Akun Pada Buku Besar
Dengan memperhatikan semua transaksi yang diterbitkan dalam buku kas, setiap transaksi dicatat dalam akun yang sesuai, atau dikelompokkan ke dalam beberapa kategori (grafik akun), seperti yang disebutkan di atas. Untuk memahami buku bagus dari bisnis Anda, penting untuk memahami apa beberapa kategori akun. Ini penjelasannya:
- Aset, merupakan inventory yang dimiliki perusahaan Anda, yaitu uang tunai, piutang, peralatan, dan yang lainnya.
- Liabilitas, merupakan kewajiban atau tanggung jawab perusahaan Anda untuk membayar, termasuk hutang, dan sebagainya.
- Ekuitas, merupakan harta milik pemegang saham serta ditentukan dengan mengambil pengurangan nilai aset dan nilai liabilitas. Ekuitas dapat mencakup saham biasa atau laba ditahan.
- Pendapatan operasional, merupakan pemasukan yang diterima perusahaan Anda dari operasi usaha, atau yang biasa disebut penjualan.
- Biaya Operasional, merupakan pengeluaran yang perusahaan keluarkan untuk menjalankan bisnis, termasuk sewa, utilitas, gaji, dan sebagainya.
- Pemasukan atau keuntungan non-operasional, merupakan pemasukan yang diterima perusahaan Anda yang bukan berhubungan dengan penjualan. Misalnya, pendapatan dari investasi.
- Pengeluaran atau kerugian non-operasional, mirip dengan pendapatan non-operasional, pengeluaran dan kerugian non-operasional merupakan pengeluaran perusahaan yang tidak terkait dengan operasional menjalankan bisnis, seperti biaya bunga misalnya.
Cara Membuat Buku Besar di Excel
Cara membuat Buku Kas Excel ini dilakukan dengan menghitung nilai semua transaksi masing-masing akun dalam periode tertentu, misalnya per bulan. Nilai yang ditampilkan adalah total pada sisi debit dan kredit, kemudian menghitung perbedaan yang merupakan saldo akhir per akun.
Pada dasarnya membuat buku besar akuntansi adalah dengan cara membuat buku besar dari jurnal umum. Cara pertama adalah menyiapkan lembar buku besar, jika perusahaan menggunakan pembukuan akuntansi manual, biasanya buku besar berupa data untuk 1 akun berada dalam 1 sheet Excel
Langkah selanjutnya adalah menulis tanggal transaksi pada kolom tanggal yang dibuat. Karena yang diposting merupakan data dari jurnal, maka penulisan tanggal tersebut disesuaikan dengan tanggal transaksi seperti yang tertera pada jurnal.
Jika buku kas sudah siap, selanjutnya menulis saldo awal akun. Saldo ini berawal dari saldo pada laporan neraca akhir tahun. Bila akun tidak memiliki saldo awal, tetap ditulis “Saldo Awal” pada kolom uraian dan ditulis angka 0 pada kolom saldo.
Selanjutnya adalah mengisi keterangan atau detail transaksi dari akun yang berhubungan dengan kolom uraian. Apabila sebuah akun memiliki nilai saldo awal yang ditunjukkan pada neraca lajur sebelumnya, maka kolom uraian ditulis saldo awal.
Menulis nomor referensi pada kolom nomor referensi yang dibuat sesuai dengan jurnal dan nomor halaman jurnal yang diposting.
Menulis nominal transaksi yang sesuai dengan kolom kredit atau debet yang terdapat pada jurnal yang berkaitan. Bila nilai nominal kredit, diisi pada kolom kredit dan nilai nominal debet ditulis pada kolom debet
Pada buku besar, kolom saldo dibagi menjadi saldo debet dan kredit. Maka kita bisa isi kolom saldo tersebut sesuai dengan hasil penjumlahan atau pengurangan dari segala transaksi yang terjadi pada akun yang bersangkutan. Akhirnya akan diperoleh saldo akhir dari buku kas tersebut.
Cara Membuat Buku Besar 4 Kolom
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat cash book4 kolom ada lima langkah, selengkapnya yaitu:
- Mengisi tanggal proses posting buku kas yang dibuat, samakan tanggalnya dengan tanggal pembukuan perusahaan yang dilakukan di jurnal umum.
- Mengisi kolom keterangan, isilah kolom keterangan atau nama akun buku kas tersebut. Bila ada saldo awal untuk buku kas tersebut, maka silahkan isi keterangan tersebut dengan “Saldo awal”
- Mengisi kolom referensi, isilah kolom referensi ini dengan nama jurnal yang diposting dan nomor halamannya.
- Mengisi kolom debet dan kredit, silahkan isi kolom debet dan kredit sesuai dengan posisi akun tersebut pada jurnal umum.
- Mengisi kolom saldo, dengan hasil penambahan atau pengurangan hingga akhirnya nanti akan terlihat saldo akhir buku besar akun tersebut.
Cara Membuat Buku Besar T
Dibandingkan dengan buku besar bentuk umum, buku besar bentuk T cukup mudah. Untuk membuat jenis bentuk T ini Anda bisa mengikuti contoh dan catatan di bawah ini:
- Harta (+) di debit dan (-) di kredit
- Kewajiban (+) di kredit dan (-) di debit
- Modal (+) di kredit dan (-) di debit
- Pendapatan (+) di kredit dan (-) di debit
- Beban (+) di debit dan (-) di kredit
Laporan keuangan, mulai dari laporan laba rugi hingga neraca, dapat digunakan untuk melakukan analisa tambahan yang dapat berguna untuk menentukan kondisi kesehatan keuangan bisnis Anda.
Salah satu catatan keuangan penting adalah buku besar yang dapat digunakan untuk memberikan gambaran rinci ketika dokumen lain yang lebih spesifik tidak memberikan semua informasi yang Anda butuhkan. Lebih mudah membuat laporan buku besar menggunakan software pembukuan online, contohnya seperti Jurnal by Mekari.
Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis. Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.
Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya. Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.
Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan. Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time.
Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:
- Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
- Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
- Cash link.
- Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
- Manajemen Stok Bagaimana
Untuk bisa mendapatkan software akuntansi dari Jurnal anda hanya perlu melakukan pembelian aplikasi pembukuan online dengan harga yang sangat terjangkau, seperti paket Starter, Anda hanya perlu membayar biaya Rp199 ribu saja. Sementara itu, paket Pro dibanderol sekira Rp299 ribu, sementara untuk paket Enterprise biayanya adalah 499 ribu.
Nah, kini tentu Anda sudah memahami Bagaimana kemudahan penggunaan software akuntansi beserta dengan keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memiliki aplikasi pembukuan online ini. Bagi Anda yang tertarik menggunakan software ini tetapi belum yakin untuk membelinya maka bisa mencoba versi software free trial selama 14 hari.
Caranya tentu mudah, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran saja lalu langsung download aplikasinya. Lewat program Jurnal by Mekari, kembangkan bisnis Anda sekarang juga, karena Jurnal adalah pilihan untuk software pengelola keuangan terbaik di Indonesia saat ini.
Itulah beberapa fitur yang ada pada software akuntansi online dari Jurnal. Tentu saja kemudahan sangat bisa anda dapatkan dari satu program akuntansi untuk semua kebutuhan bisnis anda. Terlebih sistem sudah dicatat secara otomatis sehingga sangat akurat dan tepat waktu. Jurnal by Mekari juga merupakan penyedia aplikasi pembukuan online yang sangat profesional dengan lebih dari 20.000 pelanggan yang sudah mempercayakan pembelian aplikasi pembukuan online pada Jurnal.
Jika Anda tertarik dengan aplikasi pembukuan online dari Jurnal, tetapi masih belum yakin membeli paket aplikasinya, Anda bisa mencoba program free trial selama 14 hari dari Jurnal yang bisa di unduh secara gratis. Informasi yang lengkap mengenai detail, layanan, jasa dan lain sebagainya mengenai Jurnal ini, anda dapat menghubungi kami di Jurnal by Mekari.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar