Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Value Proposition?

        Apa Itu Value Proposition? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Value proposition adalah nilai yang dijanjikan perusahaan untuk diberikan kepada pelanggan jika mereka memilih untuk membeli produk mereka. Value proposition atau proposisi nilai adalah bagian dari strategi pemasaran perusahaan.

        Melansir Investopedia di Jakarata, Kamis (25/8/22) value proposition dapat disajikan sebagai pernyataan bisnis atau pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meringkas mengapa konsumen harus membeli produk atau menggunakan layanan mereka.

        Pernyataan tersebut dapat meyakinkan calon konsumen bahwa satu produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan akan menambah nilai lebih atau memecahkan masalah mereka dengan lebih baik daripada penawaran serupa lainnya.

        Baca Juga: Apa Itu Value Creation?

        Value proposition harus dengan jelas menjelaskan bagaimana suatu produk memenuhi kebutuhan konsumen, mengomunikasikan secara spesifik manfaat tambahannya, dan menyatakan alasan mengapa produk tersebut lebih baik daripada produk serupa di pasar. Value proposition yang ideal adalah to-the-point dan menarik bagi pendorong pengambilan keputusan pelanggan yang paling kuat.

        Value proposition yang sukses biasanya memiliki judul yang kuat dan jelas yang mengkomunikasikan manfaat yang disampaikan kepada konsumen. Judul harus berupa satu kalimat, frasa, atau bahkan tagline yang mudah diingat, seperti slogan-slogan menarik yang menjadi bagian dari kampanye iklan yang sukses.

        Agar proposisi nilai dapat secara efektif mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan, maka harus dengan jelas mengidentifikasi siapa pelanggannya, apa masalah utama mereka, dan bagaimana produk atau layanan perusahaan menjadi solusi ideal untuk membantu mereka.

        Sementara itu, value proposition pertama kali digunakan oleh Michael Lanning dan Edward Michaels dalam makalah staf tahun 1988 untuk perusahaan konsultan McKinsey & Co. Dalam makalah tersebut, para penulis mendefinisikan proposisi nilai sebagai pernyataan yang jelas dan sederhana tentang manfaat, baik berwujud maupun tidak berwujud, yang akan diberikan perusahaan, bersama dengan perkiraan harga yang akan dibebankan kepada setiap segmen pelanggan untuk manfaat tersebut.

        Proposisi nilai berfungsi baik sebagai pernyataan pemasaran dan promosi penjualan, lebih luas dari sekadar slogan. Karena proposisi nilai dibuat untuk membedakan perusahaan atau produk bagi pelanggan, proposisi nilai harus dibuat agar mudah diingat, mulai dari situs web perusahaan hingga materi promosi dan pamflet pameran dagang.

        Perusahaan harus berusaha menciptakan proposisi nilai unik yang dapat dipahami oleh pasar sasarannya dengan cepat. Selain itu, perusahaan harus menguji proposisi nilai yang diusulkan di antara target demografisnya untuk menentukan apakah mereka berhasil menyampaikan pesan yang dimaksudkan.

        Adapun contoh dari value proposition adalah:

        1. Gojek - Pasti Ada Jalan
        2. Energen - Minum Makanan Bergizi
        3. Tokopedia - Selalu Ada, Selalu Bisa

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: