Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        8 Manfaat Gunakan Aplikasi Absen, Bisa Tingkatkan Kinerja Karyawan

        8 Manfaat Gunakan Aplikasi Absen, Bisa Tingkatkan Kinerja Karyawan Kredit Foto: Unsplash/Ekonomi Digital
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Di masa pandemi banyak kantor dan karyawan masih melaksanakan WFH sebagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi tetap aman di rumah. Beruntungnya, di masa pandemi ini teknologi sudah berkembang dengan baik sehingga para karyawan cukup dimudahkan dengan berbagai teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan. Salah satu perkembangan teknologi yang berguna untuk kantor adalah masalah absen karyawan.

        Sekarang ada banyak sekali aplikasi absen karyawan yang bisa dilakukan secara online yang tentunya memberikan kemudahan di masa pandemi ini, misalnya aplikasi absen online Talenta by Mekari. Kenapa sih aplikasi absen online harus digunakan oleh perusahaan di masa pandemi ini? Berikut ulasan Kenapa harus menggunakan absen karyawan online untuk perusahaan?

        Baca Juga: Aplikasi PINTU Jadi Sponsor Resmi Film Mencuri Raden Saleh

        1. Absen Karyawan di Rumah Makin Mudah

        Di masa pandemi ini, perusahaan harus tetap memikirkan kondisi kesehatan karyawannya, tetapi pekerjaan juga tetap harus berjalan. Salah satu pilihannya adalah dengan menerapkan WFH atau work from home di mana karyawan bekerja dari rumah. HRD maupun owner harus tetap menilai kinerja karyawan dengan baik mulai dari absen karyawan sampai target kerja. Aplikasi absen online bisa membantu HRD untuk menilai kinerja karyawan dengan mudah. Bagaimana caranya?

        Dalam aplikasi absen online terdapat fitur time tracker sehingga bisa mendeteksi waktu masuk dan pulang karyawan dengan baik. Informasi kehadiran dan jam pulang karyawan ini bisa langsung terinput dengan baik kepada HRD. Jadi, penilaian karyawan yang terlambat ataupun tepat waktu bisa dilakukan dengan baik. Tidak perlu menggunakan cara manual karena penilaian bisa dilakukan dengan baik.

        2. Menghindari Kumpulan/Antrean Absen saat WFO

        Saat WFO, cara absen manual biasanya menggunakan fingerprint di mana cara absen ini menimbulkan kerumunan pada karyawan. Dengan menggunakan aplikasi absen online, perusahaan bisa menghindari kerumunan karyawan saat absen karena absen karyawan online cukup menggunakan smartphone masing-masing dan absen menggunakan kamera selfie. Dengan begitu, masuk kantor saat bekerja lebih aman karena tidak menggunakan satu media untuk bergantian maupun gerombolan.

        3. Pengajuan Izin Lebih Mudah

        Saat WFO maupun WFH umumnya pengajuan izin hanya dilakukan via perpesanan pribadi, padahal hal ini kurang patut dilakukan. Pun HRD juga harus melakukan penilaian secara manual jika masih menggunakan cara absen konvensional. Menggunakan aplikasi absen online, HRD tidak perlu melakukan pendataan secara manual karena izin karyawan sudah masuk di data absen karyawan karyawan. Karyawan bisa melakukan izin melalui aplikasi absen online dengan mudah dan tentunya langsung diketahui HRD dengan baik. Salah satu aplikasi absen online yang memudahkan masalah perizinan ini adalah aplikasi absen online Talenta by Mekari.

        4. Mengurangi Kecurangan Karyawan

        Aplikasi absen online memiliki pengaturan GPS di mana karyawan hanya bisa absen karyawan di daerah yang telah ditentukan atau di titik tertentu. Perusahaan bisa mengatur daerah atau titik untuk absen karyawan di wilayah kantor sehingga karyawan hanya bisa absen di titik tersebut. Hal ini salah satu cara untuk mengurangi kecurangan karyawan karena menggunakan aplikasi absen online bisa menampilkan data real time absen kedatangan karyawan dengan baik.

        5. Penilaian Karyawan Lebih Akurat

        Menggunakan aplikasi absen online, selain memudahkan karyawan dalam melakukan absen karyawan setiap hari, juga memudahkan HRD dalam menilai kinerja karyawan dengan baik dan mudah. Semua data yang masuk dari karyawan akan terinput dengan baik kepada HRD. Pun HRD bisa mengakses semua data absen karyawan dan kinerja karyawan dengan baik, di mana ini hanya bisa diakses oleh Tim HRD sehingga penilaian kepada karyawan bisa dilakukan secara akurat mudah dan tersistem dengan baik.

        Jadi di masa penggajian datang, HRD tidak perlu pusing mengurus penilaian kinerja karyawan ini karena dengan aplikasi absen online semua data sudah tersistem yang baik baik ketika WFO maupun WFH, jadi hasil kinerja karyawan bisa langsung terlihat.

        Baca Juga: Catat! Kini WhatsApp Miliki Aplikasi di Windows, Tak Perlu Tautkan Ponsel

        6. Penilaian Berdasarkan Data

        Penilaian HRD yang objektif sangat penting untuk karyawan karena lebih adil dan sesuai dengan data yang ada. Terkadang masih ada penilaian yang dilakukan secara subjektif kepada karyawan. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang akurat dan tersistem dengan baik. Menggunakan aplikasi absen online, karyawan bisa mendapatkan penilaian yang objektif dari HRD berdasarkan kinerja nyata yang selama ini ia lakukan. Tidak ada kata subjektif, semua penilaian dilakukan berdasarkan data.

        7. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

        Penilaian yang adil dan objektif secara tidak langsung akan memberikan karyawan motivasi untuk memberikan yang terbaik karena penilaian juga berdasarkan kinerja mereka. Setiap karyawan tentunya ingin memiliki track record yang baik di perusahaan, dengan aplikasi absen online produktivitas karyawan bisa meningkat.

        8. Efisiensi Waktu

        Manfaat efisiensi waktu bisa dirasakan oleh HRD maupun untuk karyawan. Berabsen masing-masing di smartphone membuat karyawan tidak membuang-buang waktu untuk antre di fingerprint. Jadi begitu datang di kantor atau tempat kerja, karyawan bisa langsung absen sesuai waktu datang. Waktu realtime dan akurat untuk karyawan, pun tidak akan membuang waktu di pagi hari.

        Selain untuk karyawan, efisiensi juga dirasakan oleh HRD yang mengelola data karyawan, tidak perlu melakukan penilaian secara manual apalagi dengan jumlah karyawan ratusan sampai ribuan pasti sangat rumit, menggunakan aplikasi absen online lebih banyak menghemat waktu untuk penilaian karyawan karena data sudah terekam dengan baik dan jelas. Apalagi data bisa diamati hanya menggunakan laptop maupun PC jadi bisa memantau kinerja karyawan kapan pun dan di mana pun dengan baik.

        Apa yang Dibutuhkan agar Bisa Absen karyawan Online?

        Walaupun absen karyawan online cukup mudah dan hemat, baik perusahaan maupun karyawan memerlukan sarana untuk berabsen sehingga absen bisa dilakukan secara lancar setiap harinya. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk absen secara online adalah:

        1. Smartphone

        Smartphone adalah satu sarana utama yang digunakan dalam absen secara online. Smartphone ini pastinya sudah dimiliki setiap karyawan karena sekarang smartphone sudah menjadi satu kebutuhan pokok. Smartphone yang mendukung untuk absen online adalah smartphone yang memiliki kamera depan yang aktif dan fitur GPS yang bisa berfungsi dengan baik.

        2. Internet

        Kedua setelah smartphone adalah internet. Aplikasi absen online dapat diakses menggunakan internet atau secara online. Tanpa internet aplikasi tidak akan bekerja. Menjadi media utama untuk absen secara online, membuat perusahaan harus memberikan akses internet yang baik kepada karyawan. Misalnya WIFI perusahaan, sehingga setiap pagi maupun sore karyawan bisa absen dengan baik dan mudah.

        Baca Juga: Dukung UMKM, PDIP Jabar Punya Aplikasi Media Pintar Perjuangan

        3. PC/Komputer

        PC dan komputer ini adalah media yang dibutuhkan oleh admin dari aplikasi absen online seperti Tim HRD. Semua informasi yang masuk dari karyawan akan masuk dalam sistem aplikasi online sehingga HRD harus mengecek dengan baik setiap harinya, pengecekan bisa dilakukan menggunakan laptop atau komputer sehingga akses lebih mudah dan jelas. Jika perlu data juga bisa dicetak secara mandiri.

        Aplikasi absen online adalah salah satu perkembangan teknologi yang sangat berguna dalam masa pandemi ini. Karyawan bisa mudah absen di mana pun dan HRD bisa menilai karyawan dengan akurat. Salah satu aplikasi absen online yang bisa membantu Anda dengan mudah adalah aplikasi absen online Talenta by Mekari, memiliki banyak fitur yang berguna sehingga urusan absen dan kinerja karyawan bisa dilakukan secara mudah, cepat, dan efisien.

        Talenta adalah salah satu merek HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

        Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

        Kelebihan Talenta by Mekari:

        1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

        Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya:

        • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor;
        • Fitur manajemen waktu, tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan;
        • Fitur absensi mobile, seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu;
        • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

        2. Kostumisasi yang sangat terperinci

        Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci. Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

        3. Tim Support yang efektif dan responsive

        Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

        Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

        Dengan adanya fitur-fitur ini, tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: