Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ciptakan Portofolio Baik di Media Sosial

        Ciptakan Portofolio Baik di Media Sosial Kredit Foto: Unsplash/ Mimi Thian
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pemanfaatan media sosial makin beragam. Setiap individu bisa memanfaatkannya sebagai personal branding. Sebab, perekrut kerja sekarang ini menjadikan rekam jejak digital sebagai pertimbangan dalam menerima calon rekrutan.

        "Kalau kita melamar pekerjaan, bukan hanya CV kita yang dilihat langsung. Media sosial bisa menjadi portofolio kita juga," kata Presidium Mafindo, Google Trainer, CEO of Rempah Karsa, Puji F. Susanti, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Kamis (1/9/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

        Baca Juga: Bangun Relasi di Media Sosial Agar Lebih Cuan!

        Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dengan sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

        Di era digital, lanjut Puji, seseorang bisa melakukan branding untuk menunjukkan skill yang dimiliki melalui media sosial. Pertama, netizen follow orang-orang ekspert di bidang yang disukai. Misal digital marketing, banyak coach di Instagram yang bisa diikuti. Ambil ilmu dan tampung apa yang dibagikan mereka karena pengalaman tersebut merupakan ilmu yang berguna.

        "Di media sosial kita juga bisa membagikan apa yang sudah dipelajari. Biasanya orang belajar, khususnya di era digital, merasa reward itu penting. Jadi apa gunanya belajar kalau tidak ada orang yang tahu? Tapi kalau kita belajar, kemudian share, itu memberikan motivasi lebih tinggi," kata Puji.

        Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

        Baca Juga: Simak! Ini Sederet Manfaat Internet bagi Anak-anak

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Presidium Mafindo, Google Trainer, CEO of Rempah Karsa, Puji F. Susanti; Relawan TIK Bojonegoro, Sholikhin, S.Kom; serta Ketua Presidium MAFINDO, Septiaji Eko Nugroho.

        Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: