Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dua Kunci Penerapan Digitalisasi dan Teknologi, Simak!

        Dua Kunci Penerapan Digitalisasi dan Teknologi, Simak! Kredit Foto: Unsplash/KOBU Agency
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Digitalisasi membawa perubahan signifikan pada cara masyarakat berinteraksi. Dengan itu, setiap individu dapat berjejaring dan berkomunitas di internet untuk dapat menambah relasi dan kesempatan melalui internet.

        Dosen dan Anggota Pandu Digital, Aidil Wicaksono mengatakan, digitalisasi akhirnya bukan lagi suatu pilihan tapi keharusan. Di mana dengan ketidakpastian setelah mengalami pandemi Covid-19 semua orang seolah dipaksa beradaptasi dengan teknologi.

        Baca Juga: KemenKopUKM Angkat Isu Transformasi Digital dan Akses Pembiayaan UMKM dalam Forum APEC di Thailand

        Ia mengungkapkan, ada 5 proses adaptasi masa kini, yaitu cara beradaptasi, cara mencapainya, cara belajar, cara bekerja dan cara berpikir. Adaptasi menjadi kunci untuk mencari segala solusi dari segenap perubahan yang terjadi di dunia digital, di mana sewaktu-waktu segala sesuatunya akan berubah dengan cepat.

        "Terkait perubahan yang akan selalu ada, pembentukan budaya digital membutuhkan partisipasi dan kolaborasi dari seluruh generasi," kata Aidil saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pada Kamis (8/9/2022).

        Budaya sebagai sebuah kebiasaan yang dibuat juga akan bertumbuh, termasuk dengan cara berkomunikasi saat ini yang menciptakan komunitas digital. Di mana masyarakatnya cenderung tidak menyukai aturan mengikat, senang mengekspresikan diri dan berinteraksi, tidak biasa belajar dengan instruksi melainkan dengan mencari.

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

        Baca Juga: Digitalisasi Pertamina Turut Andil Pastikan Efisiensi Operasi dan Pendistribusian BBM Tepat Sasaran

        Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain seorang dosen dan Anggota Pandu Digital, Aidil Wicaksono, Relawan TIK Ngawi, Riskiadi Purwanto, serta mengundang seorang Key Opinion Leader (KOL) dan Founder ParenThink, Mona Ratuliu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: