Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ingat, Ada Kritik Membangun

        Ingat, Ada Kritik Membangun Kredit Foto: Unsplash/Surface
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pembuatan konten budaya di media sosial merupakan cara kreatif melestarikan budaya di era digital. Individu tentunya tidak boleh mudah menyerah ketika mendapat komentar negatif.

        Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dengan 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

        Baca Juga: Modus Kejahatan Siber Makin Beragam, Kecakapan Digital Pengguna Harus Ditingkatkan

        "Jangan pernah takut dengan feedback yang tidak sesuai harapan. Itu justru yang membantu kita tumbuh. Kalau masih punya energi, jawab saja dengan positif, sampaikan terima kasih dan masukan tersebut akan membuat kemajuan bagi diri kita dan hasil karya kita," kata Relawan Mafindo, Dosen Praktisi, HR Professional, Rovien Aryunia, S.Pd., M.PPO., M.M saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Jumat (16/9/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

        Beragam sajian dalam bentuk foto, video, maupun tulisan bisa dibuat di media digital. Misal, membuat video proses pembuatan batik dan mengunggahnya. Terpenting, hargai setiap perbedaan sekaligus prioritaskan upaya menjaga konten budaya yang diproduksi.

        Dalam berkarya, dia melanjutkan, ada feedback tidak berkaitan dengan konten yang dibuat. Individu sebaiknya abaikan komentar tersebut. "Itu akan merusak diri kita dan karya kita. Kalau masih punya energi, jawab dengan positif dan guyon. Kalau menggangu silakan blokir," kata Rovien.

        Sebagai respons menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital: Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Relawan Mafindo, Dosen Praktisi, HR Professional, Rovien Aryunia, S.Pd., M.PPO., M.M.; Dosen, Praktisi Digital Parenting, RTIK Indonesia, Ismaili, M.Pd; serta mengundang Kaprodi Ekonomi Syariah STAI Muhammadiyah Tulungagung dan Sekretaris Relawan TIK Jatim, Mei Santi, S.Sy., M.Sy.

        Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: