Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Luar Biasa! Untuk Ke-5 Kali, SAMS Sepinggan Jadi Bandara Terbaik di Dunia

        Luar Biasa! Untuk Ke-5 Kali, SAMS Sepinggan Jadi Bandara Terbaik di Dunia Kredit Foto: AP 1 Sepinggan Balikpapan
        Warta Ekonomi, Balikpapan -

        Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan untuk kelima kalinya menerima penghargaan Internasional sebagai salah satu bandara terbaik untuk kategori Bandara dengan kelas Penumpang 5-15 juta.

        Penghargaan prestisius ini diperoleh melalui pengukuran secara periodik setahun penuh sehingga  predikat "Best Airports in Asia-Pasific by Size and Region", Airport Service Quality Awards 2021 (ASQ Awards 2021) yang tahun ini diselenggarakan di Krakow Polandia oleh Airport Council International (ACI).

        Baca Juga: Menhub Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Penumpang

        Selain itu, Bandara SAMS Sepinggan juga mendapatkan penghargaan "The Airport Council General's Roll of Excellence in Airport Service Quality" yang hanya diberikan kepada Bandara yang telah menerima penghargaan ASQ Award dari ACI 5 kali dalam 5 tahun secara berturut-turut. 

        Dengan predikat ini maka Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan satu-satunya di Indonesia yang mampu secara konsisten memperoleh dan mempertahankan gelar tersebut.

        General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma, menyampaikan penyerahan penghargaan berlangsung pada puncak acara Awarding kepada PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, bersama dengan Bandara Terbaik lainnya dalam rangkaian  kegiatan ACI Customer Experience Global Summit 2022 di Krakow, Polandia, 15 September 2022.

        Baca Juga: Balikpapan Kampanyekan Kota Paling Dicintai di Dunia

        "Keberhasilan yang telah dicapai, baik dalam menjaga dan mempertahankan kualitas layanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, merupakan bentuk kerja keras dan kerja sama yang baik  pihak manajemen PT Angkasa Pura I dengan seluruh pemangku kepentingan. Sungguh merupakan usaha dan pengorbanan yang memberikan kebanggaan tidak saja untuk masyarakat Kota Balikpapan dan Kalimantan Timur, melainkan seluruh Indonesia," katanya.

        Menurutnya, tidak semua negara yang memiliki Bandara Internasional mampu untuk memberikan layanan kelas dunia dan mempertahankan dalam 5 tahun berturut-turut. Dengan penghargaan prestisius tersebut, terbayar tunai jerih payah yang telah diberikan dan menjadikan energi baru untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa, sinergi, dan kerja sama yang baik serta dukungan seluruh entitas bandara.

        "Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya sampaikan ucapan terima kasih kepada stakeholder di Bandara SAMS Sepinggan yang telah berkontribusi dalam pencapaian maupun secara terus menerus menjaga prestasi ini," ujar Rika.

        ASQ Award adalah penghargaan Internasional yang diberikan kepada bandara di seluruh dunia yang mendapatkan pengakuan sebagai bandara dengan layanan terbaik. Pengakuan tersebut diperoleh dari pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa secara terus menerus sepanjang tahun, baik yang datang maupun keberangkatan melalui bandara oleh Lembaga Internasional ACI (Airport Council International), yang merupakan organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Hingga saat ini, ACI beranggotakan sebanyak 717 anggota yang mengelola 1.950 bandara yang tersebar di 185 negara di dunia.

        Baca Juga: Musim Haji Selesai, Tiga Bandara Internasional Ditutup Bagi PPLN

        Mengutip rilis resmi, ACI World Director General, Luis Felipe de Oliveira, menyampaikan rasa bangganya atas upaya pengelola bandara di dunia dalam memberikan layanan kepada pengguna jasa.

        "Setelah tahun kedua pandemi, pemenang ASQ Awards di tahun ini secara khusus adalah cerminan dari kepemimpinan dalam memberikan pengalaman pelanggan pada masa paling menantang dalam sejarah sektor industri penerbangan. Kami sangat bangga atas upaya kepemimpinan yang luar biasa dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan," ujarnya.

        Baca Juga: Angkasa Pura I Aktifkan Kembali 73 Rute Internasional dan 9 Rute Domestik

        Pada pemberian ASQ Award kali ini, PT Angkasa Pura I menjadi penerima penghargaan terbanyak di Indonesia dengan perolehan 6 award dari 15 bandara yang dikelola.

        Selain Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, bandara penerima penghargaan pada ASQ Awards 2021 antara lain Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Internasional Yogyakarta untuk kategori "Best Airport by Size and Region: 5 to 15 Million Passengers per Year in Asia-Pacific"; Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta untuk kategori "Best Airport by Size and Region: 2 to 5 Million Passengers per Year in Asia-Pacific"; serta Bandara Pattimura Ambon untuk kategori "Best Airport by Size and Region: Under 2 Million Passengers per Year in Asia-Pacific".

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Aliev
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: