Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Konsistensi, Kunci Sukses Content Creator di Era Digital

        Konsistensi, Kunci Sukses Content Creator di Era Digital Kredit Foto: Unsplash/Sid Verma
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Konten kreator merupakan pekerjaan paling diminati di tengah kemajuan teknologi informasi. Konsistensi membuat konten kerap menjadi batu sandungan. Terkadang individu cepat menyerah karena merasa kontennya tidak disukai orang lain.

        Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Enno Lerian mengatakan, konsisten membuat konten menjadi hal terpenting bagi konten kreator. Sehingga individu harus selalu mengingat niat awal terjun ke dunia konten kreator.

        Baca Juga: Jadi Content Creator, Saatnya Netizen Ikut Semarakkan Era Digital!

        “Kita harus tahu dulu tujuan ketika menjadi konten kreator supaya konsisten. Kalau kita berniat menjadi konten kreator dan ingin menebar banyak manfaat dan informasi, fokusnya di situ aja, di tujuannnya,” kata Enno saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Selasa (20/9/2022).

        Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

        Tujuan setiap individu menjadi konten kreator tentu berbeda. Enno mencontohkan, ada seorang konten kreator yang memang bertujuan jualan. Sehingga, konten yang dibagikan seputar usahanya.

        Kemudian, hal-hal kecil di sekitar tiap individu bisa menjadi konten menarik. Dia mencotohkan salah satu kontennya tentang cara membersihkan kompor berminyak. Tanpa disangka konten tersebut mendapat banyak view.

        Baca Juga: Media Sosial, Gerbang Pertama Jadi Content Creator

        “Harus rajin gali terus supaya tahu konten yang menarik dan diminati orang,” kata Enno.

        Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

        Baca Juga: Tak Cuma Raih Cuan, Content Creator Bisa Turut Serta Lestarikan Budaya Indonesia

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Entrepreneur & Founder of Coffee Meets Stocks, Billy Tanhadi. Kemudian Dosen Ilmu Komunikasi dan Sekretaris PWI Jatim, Dr. Cand. Drs.Eko Pamuji, M.I.Kom, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Enno Lerian.

        Baca Juga: Content Creator, Yuk Mulai Ikut Tumbuhkan Nasionalisme!

        Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: