Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sri Mulyani Akhirnya Bongkar Biang Kerok yang Bikin Rupiah Anjlok ke Rp15.100 per Dolar AS, Astaga!

        Sri Mulyani Akhirnya Bongkar Biang Kerok yang Bikin Rupiah Anjlok ke Rp15.100 per Dolar AS, Astaga! Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Nilai tukar rupiah berdarah-darah! Tertekan secara global, rupiah hari ini harus tunduk di kisaran Rp15.100 per dolar AS pada Selasa, 27 September 2022. 

        Melansir RTI, rupiah terkoreksi -0,55% ke level Rp15.143 per dolar AS pada Selasa pagi. Bahkan, rupiah anjlok lebih parah atas dolar Australia (-0,97%), euro (-0,92%), dan poundsterling (-1,46%). 

        Baca Juga: Bikin Kantong Jebol, Harga Emas Antam Hari Ini Ambrol

        Nasib rupiah di Asia pun nelangsa. Sebagai mata uang paling lemah se-Asia, rupiah keok melawan yen (-0,80%), won (-0,76%), dolar Singapura (-0,73%), dolar Taiwan (-0,53%), dolar Hong Kong (-0,52%), yuan (-0,48%), ringgit (-0,18%), dan baht (-0,13%).

        Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, membongkar biang kerok pelemahan rupiah hingga menembus Rp15.000 per dolar AS. Menurut Sri Mulyani, rupiah melemah dipicu oleh kenaikan suku bunga acuan AS oleh The Fed beberapa waktu lalu. Hal tersebut membuat pasar keuangan yang sebelumnya mulai membaik, kini kembali bergejolak.

        "Tekanan pasar keuangan yang tadinya cukup mereda kembali mengalami gejolak, terutama pada September. Indeks saham global yang mulai pulih dan terkoreksi lagi, juga dari dolar indeks yang menguat," tegas Sri Mulyani pada Senin, 26 September 2022.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: