Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Surya Paloh Itu Cerdas dan Taktis, Guru Besar Unair: Kepentingan Apa yang Buat NasDem Buru-buru Deklarasikan Anies?

        Surya Paloh Itu Cerdas dan Taktis, Guru Besar Unair: Kepentingan Apa yang Buat NasDem Buru-buru Deklarasikan Anies? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Keputusan NasDem yang terkesan terburu-buru dalam mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024 memancing pertanyaan banyak pihak. Diketahui, deklarasi NasDem awalnya dijadwalkan pada 10 November mendatang bertepatan dengan hari pahlawan. Namun, kenyataannya diumumkan lebih cepat dari jadwal tersebut.

        Guru besar Universitas Airlangga (Unair) Profesor Henri Subiakto mengatakan, manuver politik partai selalu terkait dengan kepentingan mereka. Dia menilai langkah NasDem terkesan buru-buru dan berani.

        Baca Juga: Siapkan Cawapres, NasDem: Yang Terpenting Adalah Persetujuan Anies Baswedan

        "Manuver politik partai itu selalu terkait dengan kepentingan mereka. Kepentingan apa yang sebabkan NasDem buru-buru deklarasikan Anies sebagai capres?" ucapnya dalam akun sosial medianya, Rabu (5/10/2022).

        Mantan Staf Ahli Kemenkominfo ini mengatakan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang paling mengetahui alasan dibalik keputusan NasDem. "Surya Paloh yang paling tahu alasannya. Yang jelas dia itu cerdas, taktis & nasionalis. Tapi kenapa langkah kontroversi itu dilakukan? Kita saksikan nanti," ujarnya.

        Menurutnya, politik itu langkah-langkah serius dan dihitung dengan cermat oleh para pelakunya. "Tapi omongan politisi itu sulit ditebak, seakan main-main, dan bisa banyak makna. Tiap orang bisa memaknai secara berbeda," tandasnya.

        Sebelumnya, pengamat politik Hendri Satrio atau Hensat mengatakan, deklarasi NasDem mengusung Anies termasuk langkah yang berani. Pasalnya, kata dia, selama ini Anies dicitrakan sebagai sosok yang berseberangan dengan istana.

        Founder lembaga survei KedaiKOPI ini memprediksi kemungkinan besar menteri-menteri NasDem bakal mengundurkan diri dari kabinet. "Atau kemudian mungkin Pak Jokowi juga akan melakukan perombakan kabinet," tambahnya.

        Baca Juga: Demokrat: Anies Baswedan Memang 'Incaran' AHY

        Menurutnya, jika kabinet Jokowi berjalan seperti biasa itu, artinya presiden merestui deklarasi Anies. Namun, jika reshuffle kabinet dilakukan, bisa saja Jokowi tak mendukung sikap NasDem.

        Sebelumnya, pengumuman pencapresan Anies Baswedan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. "Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Selatan, Senin, (3/10/2022) kemarin.

        "Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best," imbuhnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: