Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Produktif Berjejaring dengan Berpartisipasi Jadi Kreator Konten

        Produktif Berjejaring dengan Berpartisipasi Jadi Kreator Konten Kredit Foto: Unsplash/NordWood Themes
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Teknologi digital hadir sebagai bagian kehidupan bermasyarakat yang hampir sebagian besar sudah terhubung internet. Keadaan ini ikut mempertegas bahwa saat ini kita sedang berada di era percepatan transformasi digital.

        Pada awal 2022, Hootsuit dan We Are Social melaporkan jumlah pengguna internet mencapai 204,7 juta, setara 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia. Namun, banyaknya pengguna internet belum sejalan dengan tingkat kecakapan digital masyarakatnya.

        Baca Juga: Luasnya Peluang Konten Digital, Ubah Media Sosial Jadi Sarana Produktif Berkarya

        Dosen Fikom Unitama, Ahmadi Neja, mengatakan bahwa masyarakat harus mengubah paradigmanya yang selama ini hanya menjadi sebagai pengguna saja.

        "Ubah mindset untuk ikut berpartisipasi menjadi kreator juga, jangan hanya menjadi penikmat atau distibutor konten saja," ujarnya saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Kamis (6/10/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

        Untuk produktif berinternet sekarang ini sangatlah mudah, bahkan menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang. Mereka memproduksi konten sebagai influencer, selebgram atau konten kreator, dan bahkan sarana pendidikan di mana ada banyak materi pembelajaran atau tutorial. Bahkan, media digital melalui media sosial juga menjadi self branding untuk membangun kekuatan diri.

        Sebagian konten juga bisa diambil dari hobi sehingga mudah untuk menceritakannya dan kegiatan sehari-hari. Setiap orang bahkan bisa memulainya tanpa harus menjadi ahli terlebih dahulu, apalagi kini ada begitu banyak platform video dan gambar untuk pengeditan konten melalui ponsel pribadi.

        Media sosial bahkan kini merupakan kunci sukses di dunia kerja. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Career Builder pada 2.303 orang profesional yang bertugas mencari sumber daya manusia, ditemukan sebanyak 65 persen perekrut menggunakan sosial media untuk melihat calon pekerjanya. Sebanyak 45 persen di antaranya ingin tahu kualifikasi diri seseorang, dan 51 persen ingin mengetahui bagaimana calon pegawai apakah cocok dengan budaya perusahaan.

        Baca Juga: Menanamkan Etika Berinternet Anak Sejak Dini dari Keteladanan Orang Tua

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Nganjuk, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

        Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Pengusaha dan Digital Trainee, Graphologist, Diana Aletheia; Dosen Fikom Unitama, Ahmadi Neja; dan Seknas Jaringan GusduRian, Muhammad Pandu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: