Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Belanja Online Meningkat Tajam Jelang Liburan Akhir Tahun, Jadi Peluang Besar bagi Brand Indonesia

        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Laporan InMobi bertajuk The 2022 Indonesia Holiday Shopping Guide menunjukkan aplikasi mobile telah mengambil alih belanja desktop dan in-store sebagai saluran belanja pilihan di Indonesia. Sebanyak 77% responden berencana melakukan pembelian melalui aplikasi mobile.

        Laporan ini juga menemukan 5 dari 10 responden mengungkapkan mereka baru mencoba model pembayaran digital pada tahun ini. Temuan lain juga menyoroti pengalaman belanja dan perilaku pembelian online, konsumen Indonesia dapat dikategorisasi menjadi tiga tipe, yaitu Category Explorers (45%), Bargain Hunters (32%) dan Brand Lovers (23%).

        "Dengan prevalensi dan pertumbuhan mobile shopping di Indonesia, brand dapat memprioritaskan mobile sebagai marketing channel yang matang dan efektif untuk mendekati konsumen," kata Rishi Bedi, Managing Director Asia Pacific InMobi, dalam keterangan tertulis, Kamis (13/10/2022).

        Baca Juga: Pebisnis Simak! Ini 3 Strategi Pemasaran Penting dalam Antisipasi Resesi

        Rishi menambahkan konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile. Terlebih, di masa liburan yang identik dengan penjualan.

        "Brand dapat memanfaatkan strategi keterlibatan mobile-first secara proaktif menangkap pangsa pasar selama periode kompetitif ini, dan membantu brand menjadi yang terdepan," imbuhnya.

        Laporan InMobi juga memberikan wawasan tambahan mengenai preferensi belanja konsumen untuk musim liburan di Indonesia serta tren dan rekomendasi belanja.

        Pertama, loyalitas terhadap brand semakin lancar dengan 5 dari 10 responden berencana untuk beralih ke merek yang tidak terlalu mahal. Kedua, 57% responden sudah mencoba brand baru sepanjang tahun.

        Ketiga, barang yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia melalui aplikasi mobile tahun ini adalah produk skincare dan make-up, pakaian dan aksesoris, serta gadget. Keempat, event penjualan paling penting dan populer yang akan datang di Indonesia adalah 11.11 dan 12.12, ketika semua tipe pembelanja berencana untuk melakukan pembelian dalam fase “buy” dari perjalanan belanja mereka.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: