Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tren Belanja Online Makin Menggila, Lazada Terus Berinovasi Lewat LazOtomotif

Tren Belanja Online Makin Menggila, Lazada Terus Berinovasi Lewat LazOtomotif Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tren belanja online semakin menggila dan digandrungi masyarakat Indonesia. Berdasar pada data Statista Market Insights, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta orang pada 2022. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,79% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 158,65 juta pengguna.

Jika melihat tren tersebut, pengguna ecommerce di Indonesia diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai 196,47 juta pengguna hingga akhir tahun 2023. Sementara itu, Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp476,3 triliun pada 2022, atau tumbuh 18,8% (yoy). Nilai itu didapatkan dari 3,49 miliar transaksi di e-commerce sepanjang tahun lalu. Diprediksi angka itu masih bisa tumbuh lagi sebesar 20% hingga mencapai Rp572 triliun pada tahun 2023.

Seiring tren itu, kini berbagai produk termasuk produk otomotif juga tersedia dalam platform jual beli online atau marketplace. Buktinya, Lazada Indonesia mencatat rekor penjualan yang mencapai hampir tiga kali lipat melalui kategori LazOtomotif, dalam tiga tahun terakhir. Baca Juga: Produk FMCG Lokal Berjaya di Festival Belanja Lazada 11.11

Hal ini semakin mendorong Lazada untuk menghadirkan berbagai inovasi layanan yang memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi konsumen yang berbelanja spare parts, produk perawatan kendaraan, modifikasi, dan perlengkapan berkendara secara online.

Canggih Satriatama, VP Automotive Category Lazada Indonesia mengatakan, misi Lazada adalah untuk menjadikan LazOtomotif sebagai pendamping andal yang dapat membantu memenuhi kebutuhan produk otomotif.

"Baik dengan menyediakan berbagai produk otomotif populer dan kebutuhan perawatan berkala, serta menghadirkan pilihan seller yang dapat memberikan jasa layanan end-to-end," ujar Canggih di Jakarta, kemarin.

Dia menyebutkan, LazOtomotif menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan konsumen dan terbagi dalam 15 kategori mulai dari Interior hingga Eksterior Mobil, Suku Cadang, Motor, Velg, Ban, Aksesoris hingga Oli dan Pelumas Kendaraan.

Pilihan produk yang dihadirkan oleh LazOtomotif pun turut melihat tren kebutuhan konsumen dalam memenuhi keperluan otomotifnya, baik perawatan kendaraan bermotor secara berkala, perbaikan spare parts hingga modifikasi kendaraan yang dapat meningkatkan performa.

“Pertumbuhan seller UMKM kategori otomotif mencapai dua kali lipat yang turut disertai dengan meningkatnya pertumbuhan pembeli pada kategori ini,” lanjut Canggih. 

Julian Johan (Jejelogy), penggemar otomotif menambahkan, tren pembelian kelengkapan produk otomotif secara online ini sangat menarik untuk ditelusuri bagaimana para seller yang sebelumnya punya pengalaman berjualan langsung, baik untuk bengkel lokal maupun bengkel yang memiliki jaringan, kini turut menangkap antusiasme konsumen untuk dapat melakukan pembelian online.

"Konsumen di kategori ini sangat mementingkan kredibilitas platform dalam mengkurasi toko resmi yang dapat memberikan kepastian kualitas produk serta layanan yang andal," pungkasnya.

Melalui LazOtomotif, Lazada terus melakukan ekspansi untuk dapat bermitra dengan berbagai bengkel untuk dapat semakin memperluas jangkauan mereka. LazOtomotif memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan jasa pemasangan secara gratis untuk beberapa tipe produk perawatan berkala dan pemasangan spare parts yang membutuhkan keahlian teknisi. Baca Juga: Tawarkan Berbagai Inovasi, Lazada Dukung Penuh UMKM untuk Hadapi Ekonomi Digital

Astra Otoparts, salah satu mitra seller dengan inovasi model penjualannya di Lazada, mengkombinasikan berbagai lokasi toko otomotif dan bengkel yang tersebar di berbagai wilayah untuk memberikan layanan bagi konsumen yang melakukan pembelian produknya melalui LazOtomotif.

“Untuk memperluas jangkauan konsumen, wilayah maupun segmentasi, kami memilih mitra kerja sama dengan kesamaan visi demi layanan terbaik bagi konsumen dalam pembelian produk otomotif. Model penjualan yang Astra Otoparts di LazOtomotif adalah dengan konsep ‘Do It For Me’ yaitu fasilitas langsung pasang tanpa biaya dengan menunjukan bukti pembelian melalui Lazada," jelas Lie Se Chiang selaku Head of Retail Marketing and Business Development, PT Astra Otoparts.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: