Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Lahir di Bandung, Forum MPR Sepakat Wujudkan Perdamaian Dunia

        Lahir di Bandung, Forum MPR Sepakat Wujudkan Perdamaian Dunia Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia akhirnya menghasilkan sebuah resolusi yang akan mewujudkan perdamaian dunia seperti halnya Dasa Sila Bandung yang dihasilkan saat Konferensi Asia-Afrika tahun 1955.

        Konferensi yang dihadiri oleh puluhan perwakilan Ketua MPR, Majelis Syura, atau lembaga sejenis dari negara-negara di Asia-Afrika yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tersebut akan berlangsung dari tanggal 24-26 Oktober 2022 di Gedung Merdeka, Gedung Sate, dan Hotel Pullman Kota Bandung.

        Baca Juga: Ridwan Kamil Harap Forum MPR Hasilkan Resolusi untuk Dunia

        "Alhamdulillah hari ini setelah dua hari kita diskusi dan akhirnya kita berhasil melahirkan forum,"kata Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI (MPR RI) Bambang Soesatyo kepada wartawan di Bandung, Rabu (26/10/2022)

        Menurutnya ada sekitar tujuh poin kesepakatan yang intinya membahas kemanusiaan dan kemerdekaan abadi. Termasuk Isu Palestina dan Yaman. Diharapkan dengan pertemuan ini akan mendapatkan titik temu dan MPR negara masing-masing meyakinkan untuk mencapai perdamaian dunia.

        "Palestina kita satu jalan dengan Pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi dan kami berkomitmen sejak KAA hanya tinggal satu negara belum merdeka yaitu Palestina dan kami mendong sepenuhnya,"ungkapnya

        Selanjutnya, Forum MPR se-dunia ini ke depan akan bersiap menghadapi berbagai tantangan isu global.

        Baca Juga: Tak Seperti AHY, Ahmad Heryawan Cuma Jago Kandang, Berduet Sama Anies Baswedan Gak Bakalan Nendang!

        "Ke depan berbagai hal mulai dari pasca pandemi Covid-19,  dampak perang Ukraina- Rusia, perubahan iklim dan seterusnya sehingga harus siap menghadapi krisis finansial, keuangan dan krisis energi,"jelasnya

        Bamsoet sapaan Ketua MPR RI, berharap kerjasama yang terus erat terjalin antar sesama negara OKI yang memiliki visi yang sama untuk membangun masa depan dunia yang lebih baik lagi.

        "Kita harap negara lain di luar OKI juga  memiliki visi sama untuk bangun masa depan dunia yang lebih baik menuju lebih baik abadi. Ini sesuai dengan konstitusi kita,"ungkapnya

        Baca Juga: Bidik Pasar Milenial Bandung, Hush Puppies Terapkan Virtual Store

        Adapun, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan selanjutnya akan disediakan forum majelis suro, MPR dan lembaga sejenis yang belum terwadahi dalam PUC akan ada forum dan kita bisa tidak lanjuti masalah ini.

        Selain itu, kata Hidayat Nur Wahid Forum MPR ini juga menyepakati sepirit Dasa Sila Bandung sebagai rujukan dalam penyelenggaraan.

        Termasuk pembentukan tim kecil untuk mempersiapkan AD/ART, visi dan misi program kerja kesekertariatan. Ada sembilan negara yang sudah sepakati dalam tim kecik ini diantaranya tim ini seperti Indonesia, Maroko, Turki, Saudi Arabia, Aljajair, Mesir dan lainnya.

        Baca Juga: Cawapres Masih Belum Sepakat, NasDem dan Anies Baswedan Harus Putar Otak: Koalisi Bisa Bubar...

        "Nanti ada pertemuan lanjutan. Tapi secara prinsip ini sudah disepakati Forum MPR dan nama sejenis lainnya jadi satu forum,"pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: