Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menuju Transformasi Digital UMKM, MenKopUKM Kasih Target ke Daerah dan Kementerian

        Menuju Transformasi Digital UMKM, MenKopUKM Kasih Target ke Daerah dan Kementerian Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam tercapainya transformasi digital UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menargetkan daerah dan kementerian serta lembaga untuk mengumpulkan data by name by address seluruh UMKM di Indonesia yang telah onboarding dalam platfrom digital.

        Dalam hal ini, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menargetkan daerah dapat mengumpulkan 2,4 juta di tahun 2023 dan 3,4 juta di tahun 2024, sedangkan untuk kementerian dan lembaga ditargetkan 1,6 juta di tahun 2023 dan 2,4 di tahun 2024.

        Baca Juga: KemenKopUKM Targetkan 30 Juta UMKM Onboarding Digital pada 2024

        "Program transformasi digital melibatkan 20 kementerian dan 40 lembaga dan daerah, termasuk teman-teman di platform digital industri," kata Teten di Jakarta, beberapa hari lalu.

        Teten menyatakan program transformasi digital UMKM dari kementerian, lembaga, dan daerah difokuskan kepada tujuh kelompok UMKM dan tujuh aspek transformasi digital UKMKM yang pelaksanaanya dikolaborasikan dengan platform digital dengan tiga level transformasi.

        Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Kemenkop-UKM Magangkan Pengurus Koperasi Serat Alam NTT ke Madura

        "Kita targetkan 30 juta UMKM dapat onboarding di tahun 2024. Hari ini data deal-nya sudah 20.5% juta yang terkumpul," jelasnya.

        Untuk itu, di minggu keempat bulan November 2022, Teten meminta setiap kementerian, lembaga, dan daerah untuk menyerahkan update pencapaian data transformasi digital.

        Sementara itu, pada minggu ketiga Desember, diharapkan semua yang terlibat dalam program ini dapat merumuskan kalender program transformasi digital UMKM agar sistem monitoring UMKM dapat terwujud.

        "Karena UMKM yang sudah terhubung ke platform digital penting untuk terus diberdayakan dan diperluas marketnya," ujarnya.

        Baca Juga: Dorong Mitra Binaan Naik Kelas, Kimia Farma Gelar UMKM Academy 3.0

        "Kementerian dan daerah penting melakukan pendampiangan, inkubasi untuk meningkatkan produksinya, kualitas produk karena kompetisi di platform digital makin hari semakin ketat," tegas Teten.

        Sementara itu, Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM, Siti Azizah, mengatakan nantinya program yang akan dilaporkan kementerian, lembaga, dan daerah kepada KemenkopUKM merupakan bentuk upaya moderanisasi gerakan #berubahdigital.

        Baca Juga: Program Inkubasi Digital Entrepreneur Academy Rampung, Peruri Cetak UMKM Naik Kelas

        Dengan target 30 juta data terkumpul secara onboarding di tahun 2024, bukan hanya kuantitas, namun juga kualitas data yang akurat.

        "Kita akan gunakan dengan variabel data fokus kelompok, fokus aspek digital, dan fokus wilayah," jelasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: