Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Makex Robotic Competition, Kompetisi Robotik dengan Konsep Steam Digelar Kembali Dengan Skala Nasional

        Makex Robotic Competition, Kompetisi Robotik dengan Konsep Steam Digelar Kembali Dengan Skala Nasional Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Di era Industri 4.0 ini, salah satu parameter perkembangan teknologi suatu bangsa adalah penguasaan di bidang robotika. Kompetisi robotika di tingkat siswa sekolah menjadi ajang pembuktian kemajuan setiap negara pesertanya.

        MakeX adalah sebuah platform kompetisi robotika tingkat tinggi yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kompetisi siswa serta menjembatani kesenjangan antara pendidikan STEAM (Science Technology Engineering Art Math), dan evaluasinya. Lomba robotik bergengsi ini dimulai sejak tahun 2017 dan rutin diadakan di setiap tahunnya.

        MAKEX Robotic Competition ini digelar selama dua hari yaitu tanggal 3 dan 4 November 2022.

        MakeX berkolaborasi dengan Cyberspace (pelopor pendidikan STEAM yang bergerak di bidang Coding dan Robotik untuk anak) untuk menggelar lomba robotik tingkat nasional yang berasal dari China yang disponsori oleh Makeblock sebagai pengembang pendidikan edukasi STEAM. Lomba yang diadakan merupakan tahap akhir skala Nasional.

        Indonesia menjadi salah satu negara yang akan mengirimkan peserta ke ajang bergengsi ini. Peserta kompetisi ini adalah siswa yang sudah mendapatkan pelajaran di kelas Makeblock. Para pemenang kompetisi tingkat regional di Bina Bangsa School Malang dan Kebon Jeruk, akan dipertandingkan lagi secara Nasional di Cyberspace HUB, Jakarta Utara. Inilah langkah nyata dari Makeblock Indonesia untuk mewujudkan pendidikan STEAM. 

        MAKEX Robotic Competition akan menggunakan robot jenis mBot 1 dan 2 yang merupakan robot yang dikeluarkan oleh Makeblock. Kompetisi MAKEX setiap tahunnya mengangkat tema yang berhubungan sustainability. Di tahun kelima ini, tema yang diangkat adalah zero carbon. Tema ini digaungkan dalam setiap misi di dalam arena. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi MakeX bukan untuk saling mengalahkan namun lebih menekankan pada kolaborasi antar tim, kreativitas, dan pemecahan masalah.

        Erwin Octavia selaku Head of Representative Makeblock Indonesia menjelaskan bahwa kegiatan MAKEX telah diadakan pada bulan September di Malang dan bulan October di Jakarta. Dari sekitar 300 siswa yang berpartisipasi, penutupan acara MakeX 2022 di tanggal 4 November 2022 telah berhasil memutuskan 23 siswa yang mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Thailand pada tanggal 24 – 27 November 2022. Berikut ini kategori dan pesertanya:

        Category Starter (Usia 8 – 13 Tahun)

        • Bina Bangsa School Malang - Nadya Clara Soekojo
        • SDI At Taubah - Amnan Ibraahiim Al Fatih & Teuku Hakeem Osman Ademir
        • SMP Marsudirini - Kent Gunawan Tjahjadi & Nicholas Wisnu Pradipta
        • SMP Al-Ikhlas - Faribi Gemilang Syawal & Rafi Fadhil Deanto
        • SD Tarakanita Pluit - Dominic Uriel Taneli & Cordelia Grace Lim
        • SD Tarakanita Pluit - Kevin Imanuel Haloho & Kenzo Ronaldo Hastomo

        Category Explorer (Usia 12 – 16 Tahun)

        • Sinarmas World Academy - Audric Angelo Tsai
        • Bina Tunas Bangsa School - Fredrick Ardiy Gan, Michelle Lie, & Hu Zheng Jie/Kingsley
        • Bina Bangsa School Kebon Jeruk - Brian Alexander Djohan, Francis Kurnia Kolibonso, Karren Krisnadi Darmawan, & Wu Donglin
        • Bina Bangsa School Kebon Jeruk - Calvin Mateo Susanto, Nathan Sebastian Wong, Darren Krisnadi Darmawan, & Ralph Benedict Soemali

        Kompetisi ini menjadi ajang kesiapan pendidikan STEAM di Indonesia. Salah satu pendukung pendidikan STEAM di tanah air adalah dibukanya kelas robotik dan coding pertama di Indonesia, Cyberspace yang bekerjasama dengan makeblock. Cyberspace juga memiliki lab inovasi untuk mendukung pembelajaran STEAM. 

        “Makeblock sebagai penyedia alat edukasi yang mendukung pengajaran STEAM, Robotics, Coding, dan penyediaan STEAM Laboratorium akan terus bekerja sama bahu-membahu dengan Cyberspace sebagai tempat belajar”, ujar Erwin Octavia. 

        Cyberspace dan Makeblock akan terus menggelar kompetisi MAKEX setiap tahun di Indonesia, untuk mengasah kemampuan generasi muda dalam hal semangat kolaborasi, semangat juang, dan semangat belajar untuk menghadapi era industri 4.0.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: