Dukung Pemulihan Pariwisata, Adira Finance Gelar FKL di Alamendah, Bandung
Sebagai bentuk komitmen terhadap pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bersinergi dan berkolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) di Desa Wisata Alamendah Kab. Bandung.
Mengangkat tema “Desa Wisata Ramah Berkendara”, Desa Wisata Alamendah ini merupakan desa kelima sekaligus desa terakhir dalam rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 yang telah dilaksanakan sejak Agustus hingga November 2022.
Adira Finance bersama Kemenparekraf RI mengadakan Festival Kreatif Lokal 2022 di 5 Desa Wisata di daerah Jawa dan Bali yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Baca Juga: Melesat 52%, Adira Finance Bukukan Laba Bersih Rp1,1 Triliun di Triwulan III 2022
“Ini merupakan wujud komitmen kami Adira Finance bersama Kemenparekraf RI untuk terus berupaya membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi covid 19, dengan mengajak sahabat-sahabat kami dari komunitas motor untuk touring bersama dan memperkenalkan Desa Wisata Alamendah sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta otomotif,” ujar Direktur Marketing Adira Finance, Swandajani, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (7/11/2022).
Dia berharap, melalui kegiatan ini dapat menjadi pemicu semangat para pelaku ekonomi kreatif dan pengelola pariwisata untuk terus berinovasi sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan yang berkunjung dan menikmati keunikan Desa Wisata Alamendah.
Lebih lanjut, Swandajani menjelaskan, Adira Finance dan Kemenparekraf RI memilih Desa Alamendah sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara bukan tanpa alasan, pihaknya melihat potensi-potensi yang ada dapat dikembangkan kearah lebih baik dan kriteria pendukung yang sudah memadai, meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.
Kepala Desa Alamendah, Awan Rukmawan mengungkapkan, desa alamendah ini merupakan desa percontohan tingkat nasional dan terbaik ke 2 ADWI kategori digitalisasi.
"Kedepannya kami berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan dan desa kami menjadi inspirasi berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Sekali lagi terima kasih telah memilih desa kami untuk menjadi salah satu destinasi desa wisata ramah berkendara," pungkasnya.
Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon. Baca Juga: Jadi Desa Wisata Ramah Berkendara, Adira Finance Ajak Komunitas Motor Jelajahi Karanganyar
“Zurich pun memahami bahwa pelaku usaha merupakan salah satu penggerak perekonomian dan melalui kolaborasi dengan Adira Finance, Zurich akan memberikan edukasi pengelolaan risiko untuk mereka sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan UKM di Indonesia khususnya Desa Wisata. Dan kami juga sangat senang dapat melihat antusiasme komunitas motor. Salah satu produk perlindungan motor, Motopro, memastikan bahwa jika terjadi sesuatu pada motor, Anda akan dilindungi dengan baik," tutur Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman