Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jabar Asah Kemampuan Calon ASN dan P3K Sebelum Seleksi Lewat Aplikasi CASN Juara

        Jabar Asah Kemampuan Calon ASN dan P3K Sebelum Seleksi Lewat Aplikasi CASN Juara Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Aplikasi CASN Juara yang dirilis pada 10 September 2022 lalu oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi wadah calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dalam mengasah kemampuan sebelum seleksi.

        Calon ASN, P3K dan masyarakat kini dimudahkan saat mengikuti penyeleksian Pegawai Aparatur Sipil Negara. Sebab, Pemerintah Provinsi Jawa Barat hadirkan aplikasi latihan yakni CASN Juara.

        Baca Juga: 1.000 UMKM Jabar Dapat Nomor Induk Berusaha Gratis

        Ratusan Calon ASN dan P3K pun berupaya mengerjakan soal-soal yang disajikan melalui aplikasi CASN Juara di SMKN 3 Bandung, Rabu 23 November 2022 pagi.

        Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Jabar, Yulia Dewita mengatakan aplikasi tersebut merupakan inovasi yang dibuat Pemprov Jabar untuk memberikan layanan kepada masyarakat luas.

        "Khususnya yang berminat untuk menjadi ASN dan P3K baik di Pemprov Jabar, Pemerintah Pusat, maupun di kabupaten kota," kata Yulia kepada wartawan di Bandung, Rabu (23/11/2022)

        Aplikasi CASN Juara berisi bank soal yang bisa digunakan sebagai latihan untuk CPNS maupun P3K Desember 2023 mendatang.

        Sedangkan, pembekalan Try out CASN Juara diselenggarakan pada 23 hingga 27 November 2022 dengan jumlah peserta setidaknya 2.000 orang.

        "Untuk kesempatan kali ini, pesertanya adalah calon P3K dari tenaga kesehatan. Untuk kegiatan try out satu harinya 2 ratus orang dalam 2 sesi, jadi sekitar 2 ribu orang dalam 5 hari," ungkapnya

        Yulia menyebutkan, saat ini seleksi P3K untuk tenaga kesehatan sudah dimulai untuk proses pendaftaran dan seleksi administrasi.

        Namun, untuk pelaksanaan seleksi CPNS dan P3K di Jabar, pihaknya masih menunggu jadwal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Kesehatan. Meskipun demikian, dipastikannya seleksi akan diselenggarakan antara 6 hingga 20 Desember 2022.

        Baca Juga: Disinyalir Buat Anies Baswedan, Elite PKB Terkait Pernyataan Jokowi: Dibuat Semacam Pembusukan...

        Sedangkan lokasi penyelenggaraan Seleksi CASN tersebut tersebar di beberapa poltekes seperti di Ciamis dan Cirebon, dan juga BKN.

        Yulia  berharap, dengan adanya try out tersebut, pihaknya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi ASN baik PNS maupun P3K, untuk mengasah kemampuan mereka.

        "Try out ini juga untuk mengasah kebiasaan mereka mengerjakan soal-soal seleksi CPNS maupun P3K," ujarnya

        Baca Juga: 26 Sekolah di Cianjur Rusak Berat, Disdik Jabar Akan Beri Trauma Healing untuk Siswa/i Korban Gempa

        Dia berpesan agar semua masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi CASN Juara sebagai ajang latihan, sehingga peluang mereka untuk menjadi PNS maupun P3K lebih besar.

        Badan Kepegawaian Daerah pun menegaskan, seleksi CPNS dan P3K bersifat gratis sehingga diharapkan masyarakat tidak mempercayai oknum-oknum yang menawarkan posisi dalam pemerintahan dengan meminta imbalan uang.

        Adapun, Kepala Bidang Keperawatan RSJ Provinsi Jawa Barat, Komariati
        mengatakan, keberadaan kegiatan pembekalan Try Out CASN Juara sangat bermanfaat bagi para peserta yang saat ini diikuti oleh perawat.

        "Karena teman-teman yang nanti akan menjalani seleksi ASN diberi pembekalan dulu, bisa belajar mengetahui soal-soal apa saja yang nanti akan keluar saat seleksi ASN yang sebenarnya," ungkapnya

        Menurutnya, di era digitalisasi saat ini, keuntungan bagi para calon ASN yakni informasi sehingga kegiatan pembekalan sebelum seleksi saat ini difasilitasi pemerintah.

        "Teman-teman di zaman milenial ini sudah paham menggunakan aplikasi-aplikasi, jadi harus terus update, mengenai cara membuka aplikasi saat nanti menghadapi seleksi yang sebenarnya," kata Komariati yang akrab disapa Ety.

        Ety pun berpesan, supaya para calon ASN terutama di posisi keperawatan agar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya aplikasi CASN Juara yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini.

        "Jangan lupa terus membuka aplikasi, belajar jangan ada kata bosan dan capek, berdoa meminta dilancarkan saat seleksi serta jaga kesehatan," imbuhnya

        Baca Juga: Jangankan Cawapres, Saat Ini Gibran Dinilai Belum Tentu Bisa Menjadi Next Anies Baswedan!

        "Diharapkan dengan adanya try out ini, bisa menghasilkan calon-calon ASN yang sesuai kriteria dan bisa memenuhi seleksi yang sesungguhnya dengan terus belajar," pungkasnya

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: