Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        10 Cara Promosikan Program Affiliate

        10 Cara Promosikan Program Affiliate Kredit Foto: Unsplash/Mailchimp
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Zaman teknologi maju seperti sekarang ini membuat orang lebih mudah mendapatkan uang tambahan. Hal ini tentu berbeda dengan masa lalu, yang semua bisnis dilakukan secara manual. Akan tetapi, sekarang melalui bisnis online akan membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan.

        Belakangan ini, banyak anak muda mendapatkan uang meski tidak memiliki produk, layanan, atau penawaran. Contoh paling sederhana adalah jejaring sosial Instagram. Mereka tidak memiliki produk atau layanan fisik, tetapi mereka menyediakan platform bagi penggunanya untuk ditampilkan.

        Baca Juga: Vin Protocol Siap Luncurkan Platform Data Marketplace Berbasis Blockchain Pertama di Indonesia

        Ada banyak cara untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan mengikuti program affiliate. Banyak yang telah berhasil menghasilkan uang melalui program afiliasi. Jadi, kamu untuk mendapatka uang tidak harus menjadi seorang karyawan karena pekerja freelance pun bisa mendapatkan keuntungan.

        Kali ini kami akan memberikan informasi lengkap tentang cara bermedia sosial bagi kamu yang ingin meningkatkan kinerjanya. Yuk! Simak strategi di bawah ini:

        Cara Mempromosikan Program Affiliate

        1. Blogging

        Memiliki blog atau website adalah dasar yang harus kamu miliki untuk memiliki bisnis affiliate marketing. Blog dan situs akan menjadi wadah bagi kamu dan para pembuat konten untuk berbagi informasi dan mengedukasi pembaca.

        Tanpa blog atau website, akan sangat sulit untuk menulis artikel dan menerbitkan content promosi yang menginspirasi. Jika kamu tidak suka menulis, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk membuat video Youtube. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wadah agar kamu bisa membuat konten terlebih dahulu.

        2. Konten berkualitas

        Sebagai blogger influencer yang baik, kamu dituntut harus memiliki konten yang membantu, mendidik, menghibur, menginspirasi, dan bermanfaat bagi pembaca target. Jika kamu telah berusaha keras untuk membuat konten berkualitas, jumlah pembaca secara otomatis akan meningkat dan lalu lintas blog Anda akan meningkat.

        Selain itu, pembuat konten harus orisinal. Jadilah dirimu apa adanya. Misalnya, jika kamu seorang blogger makanan, berikan ulasan yang objektif tentang makanan yang kamu coba. Membuat konten original, netral, dan jujur memiliki keunggulan tersendiri di mata publik.

        3. Perusahaan tepercaya

        Ada banyak perusahaan yang menawarkan link affiliate. Ada banyak orang yang memberikan insentif dan kepanitiaan dengan jumlah yang mencengangkan. Mereka benar-benar ingin kamu terlibat dalam hal-hal seperti ini.

        Sangat baik untuk mengetahui sistem pendukung dan produk asli mereka. Apakah kamu bertanya produk atau layanan yang mereka tawarkan bermanfaat bagi pembaca blog? Apakah itu layak? Apakah itu kebiasaan? Apakah mereka perusahaan yang tepercaya dan berfokus pada pelanggan? Selalu ingat hal-hal seperti itu.

        4. Dukungan media sosial

        Jika kamu ingin meningkatkan traffic ke situs, blog, atau akun Youtube kamu, langkah selanjutnya kamu harus mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi. Bagikan di jejaring sosial kamu seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line atau Snapchat bahwa kamu memiliki artikel baru di website kamu.

        Pelanggan kamu yang dikenal akan mendengar dari kamu tentu akan berkunjung dan membaca blog kamu sehingga kunjungan tersebut akan memberikan nilai sebagai sebuah trafik website.

        Baca Juga: Riset InsightAsia Catat Pemain Terkuat di Industri Dompet Digital di Indonesia

        Selain itu, generasi sekarang (Millenial dan Generasi X) dan generasi mendatang seperti Centennials dan generasi mendatang sudah akrab dengan teknologi dan layanannya. Bayangkan jika kamu tidak meningkatkan kehadiran media sosial dengan mempertimbangkan generasi berikutnya sebagai generasi tech-savvy, jelas bahwa penggunaan dan fungsi media sosial akan meningkat.

        5. Search Engine Optimization (SEO)

        Jangan lupa untuk mengoptimalkan SEO, ini merupakan tehnik yang hebat untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website kamu. Sederhananya, ini adalah proses membuat situs kamu muncul di mesin pencarian (seperti Google) menggunakan pencarian organik.

        Meski hasilnya tidak instan, bisa bermanfaat di kemudian hari asalkan tahu proses penggunaannya. Trafik yang dihasilkan pun organik sehingga ketika SEO sudah tertanam maka kamu tidak perlu membayar iklan agar trafik meningkat.

        Langkah-langkah untuk mengoptimalkan penggunaan SEO secara singkat adalah:

        • Mudah diakses sehingga mesin pencari dapat membaca situs kamu dengan mudah;
        • Konten menarik yang dapat menjawab pertanyaan para pencari;
        • Optimasi kata kunci untuk menarik mesin pencari;
        • Pengalaman pengguna yang baik termasuk pemuatan cepat dan UX yang indah;
        • Bagikan konten relevan yang menghasilkan tautan, sebutan, dan promosi.

        6. Email regular atau newsletter

        Langkah selanjutnya dalam mempromosikan program affiliate adalah dengan mengirim email, bisa mingguan, dua mingguan, bulanan atau yang sering disebut dengan newsletter. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pelanggan terkait dengan promosi yang sedang dilakukan perusahaan.

        Newsletter juga menjadi cara yang bagus untuk membangun komunikasi jangka panjang dengan pembaca dan pelanggan. Mengirim email bulanan akan memberikan informasi dan ide kepada pembaca tentang produk yang sedang kamu promosikan atau jika ada perubahan atau pembaruan tentang produk tersebut.

        Tawarkan promosi, diskon, dan insentif kepada pembaca jika mereka bergabung dengan newsletter kamu. Jika berhasil, kamu tidak hanya dapat mengirimi mereka pesan yang bagus, tetapi juga akan menjadi cara untuk berkomunikasi dengan mereka.

        Ini akan sangat berguna dalam jangka panjang untuk membangun hubungan dan keterlibatan dengan pelanggan.

        7. Buat video yang bermanfaat

        Langkah selajutnya untuk mempromosikan program affiliate adalah dengan membuat konten video yang bermanfaat bagi banyak orang. Kamu bisa membuat video dalam bentuk tutorial atau review jika kamu berada dalam hubungan afiliasi.

        Misalnya, jika kamu affiliate dengan produk gadget, kamu dapat melakukan review video dan ulasan. Menyelesaikan sesuatu dalam animasi adalah ide bagus jika kamu merasa tidak nyaman menunjukkan rekaman kepada publik.

        Baca Juga: Apa Itu Marketing Campaign?

        Jika tidak, cukup berikan video produk dan suara di belakangnya. Itu semua tergantung pada preferensi kamu. Setelah membuat video, kamu dapat membagikannya di situs web atau media sosial kamu.

        8. Tambahkan banner

        Menambahkan iklan spanduk akan sangat membantu dalam meningkatkan program affiliate kamu. Pengunjung situs dapat melihat iklan banner dan mengkliknya jika mereka tertarik. Pastikan untuk menempatkannya dengan benar di situs kamu dan hindari mencampurnya dengan produk lain yang akan membingungkan pengunjung.

        9. Penawaran, Promosi, Kupon, dan Hadiah

        Banyak pembeli suka mencari hadiah yang menarik. Jika kamu bersedia memberikan hadiah kepada pelanggan setia, kamu bisa beri mereka kupon atau uang kembali jika mereka membeli produk afiliasi kamu.

        Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan produk. 

        10. Beri judul menarik

        Judul merupakan kekuatan dalam tulis menulis. Begitu juga ketika kamu ingin mempromosikan konten yang berharga. Kekuatan judul yang menarik mampu menggiring orang untuk berkunjung ke website kamu dan membuka program affiliate.

        Judul pendek yang mengagumkan akan membuat pembaca lebih tertarik dan memilih untuk mengklik situs kamu pada mesin pencarian. Makin kata kunci yang digunakan dalam judul menarik, maka akan makin tinggi peluang website kamu berada di posisi pertama.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: