Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bingung Kemana Anak IT Akan Berlabuh? Ini Sederet Peluang Kerjanya!

        Bingung Kemana Anak IT Akan Berlabuh? Ini Sederet Peluang Kerjanya! Kredit Foto: Unsplash/ Mimi Thian
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam beberapa tahun terakhir jurusan IT atau Ilmu Komputer sedang naik daun. Pasalnya, selain perkembangan jaman yang mengharuskan segala aspek untuk menggunakan teknologi digital, skill dan keterampilan yang dimiliki oleh para lulusan IT juga bisa digunakan untuk membangun bisnis sampingan yang menjanjikan.

        Ada banyak peluang kerja IT yang bisa dijadikan sebagai referensi. Mulai dari kerja kantoran di perusahaan web hosting murah gratis domain, sampai kerja di rumah karena bisa dilakukan secara remote.

        Baca Juga: Serikat Pekerja Bersama Buruh Satu Suara, Kompak Menolak PHK Massal Jiwasraya

        Nah, jika kamu penasaran terkait kemana saja peluang kerja IT, informasi berikut ini mungkin bisa dijadikan sebagai rujukan untuk menambah pengetahuan. Simak pembahasannya sampai ke bagian akhir ya!

        Contoh Pekerjaan yang Cocok untuk Orang IT

        Masih bingung soal peluang kerja IT? Informasi di bawah ini mungkin bisa kamu jadikan sebagai salah satu rujukan agar kamu tidak perlu pusing menentukan karir di masa depan.

        1. Menjadi Tenaga Pendidik

        Pertama, setelah memiliki cukup skill dan keterampilan, kamu bisa menekuni peluang kerja sebagai tenaga pendidik. Profesi sebagai guru atau dosen sejatinya merupakan salah satu pekerjaan mulia dimana kamu bisa mengabdi dan membantu generasi muda agar lebih menekuni bidang IT demi perkembangan bangsa.

        Ada banyak peluang yang bisa kamu ambil ketika menjadi tenaga pendidik, khususnya di bidang IT. Jika kamu punya keinginan dan passion kuat, kamu bisa mengambil pekerjaan atau peluang kerja di daerah tertinggal atau second city dimana masih belum banyak tenaga IT yang ada disitu.

        2. Mengembangkan Software

        Jika kamu suka mengotak-atik program, peluang kerja IT sebagai software developer mungkin cocok untuk kamu tekuni. Peluang karir sebagai software developer sendiri saat ini juga sangat menjanjikan dimana banyak perusahaan besar seperti Google, Microsoft atau Amazon yang berlomba-lomba merekrut talent dengan skill ini.

        Dengan menekuni profesi sebagai pengembang software, kamu juga bisa merasakan kepuasan tersendiri ketika aplikasi atau software buatanmu bisa digunakan oleh banyak orang. Hal ini tentu bisa menjadi sumber kebahagiaan yang tidak ternilai bahkan oleh gaji puluhan juta sekalipun.

        3. Digital Marketing

        Siapa sih yang tidak butuh tenaga kerja di bidang digital marketing? Hampir semua bisnis dan industri saat ini butuh tenaga digital marketing untuk menunjang proses pemasaran di ranah digital. 

        Baca Juga: Berlebihan Tanggapi Guyonan Jokowi, Loyalis Anies Baswedan Dikuliti Habis: Mereka Terlalu Lebay!

        Mengingat kamu sudah familiar dengan teknologi, belajar dan menyesuaikan diri dengan tools dan platform digital marketing tentu bukan menjadi suatu hal yang sulit lagi. Kamu bahkan bisa menemukan cara kerja atau metode baru yang lebih efisien sehingga pemasaran yang dilakukan jadi lebih efektif.

        Peluang karir digital marketing sendiri cukup terbuka lebar, terlebih jika mengingat masih ada banyak sekali potensi di Indonesia yang bisa digali. 

        Bagaimana soal gaji? Kamu tidak perlu khawatir, gaji sebagai digital marketing saat ini sudah cukup layak untuk pasar Indonesia, hanya saja kamu harus pandai dalam memilih perusahaan, apakah industrinya memang sudah stabil atau masih perlu penyesuaian transisi dari konvensional ke digital.

        Baca Juga: Waduh! Eks Menterinya Jokowi Bongkar Habis Rahasia Jusuf Kalla: Dia Bisnisin Pengetahuan Internal...

        4. Sebagai Konsultan IT Perusahaan

        Peluang karir IT berikutnya adalah sebagai konsultan IT di perusahaan. Profesi ini bisa kamu lakukan ketika kamu sudah punya banyak skill dan pengalaman di bidang IT. Beberapa pakar IT di Indonesia sudah banyak yang mempraktekkan hal ini, sebagai contoh, salah satunya ada Onno W Purbo, seorang tokoh IT yang mendapat julukan sebagai bapak Internet Indonesia.

        5. Freelancer

        Sudah bosan bekerja di perusahaan yang penuh intrik dan politik kantor? Solusinya kamu bisa bekerja sebagai freelance IT untuk melayani berbagai kebutuhan sesuai skill dan keterampilan yang kamu kuasai.

        Pekerjaan sebagai freelancer saat ini cukup menjanjikan, karena kamu bisa memperoleh klien dari dalam maupun luar negeri. Sebagai freelancer, kamu juga punya banyak kebebasan, mulai dari menentukan jam kerja, memilih lokasi kerja yang nyaman, hingga tidak perlu menggunakan pakaian rapi ala pekerja kantoran.

        6. Entrepreneur

        Terakhir, sebagai lulusan IT kamu juga punya peluang yang bagus untuk menekuni dunia bisnis. Apalagi di era serba digital seperti sekarang, kamu tentu lebih paham seputar kebutuhan teknologi serta berbagai tantangannya.

        Di Indonesia sendiri sudah banyak contoh para lulusan IT yang sukses berkarir di bidang IT. Misalnya fonder Bukalapak yang merupakan lulusan ITB, pendiri Tokopedia, dan masih banyak lagi lainnya.

        Kesempatan menjadi entrepreneur di bidang IT sejatinya tidak pernah lekang oleh zaman, malah saat ini adalah momentum yang tepat karena semua usaha harus masuk ke dunia IT agar produktivitas serta pendekatan konsumen menjadi lebih mudah.

        Adapun beberapa peluang bisnis yang bisa kamu tekuni dengan berbekal skill IT di antaranya meliputi, membuat website marketplace, membangun layanan SAAS, membuat produk, atau menciptakan aplikasi.

        Baca Juga: Teknologi Modular Diyakini Bisa Mempercepat Proyek Hunian Pekerja IKN

        Itulah beberapa referensi terkait peluang kerja IT yang bisa dijadikan sebagai gambaran. Secara umum, peluang kerja IT memang sangat luas sehingga kamu bisa lebih leluasa menentukan pilihan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Hidayat
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: