Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        LG Electronics Turun Tangan Jaga Higienitas Pengungsi Terdampak Gempa Cianjur

        LG Electronics Turun Tangan Jaga Higienitas Pengungsi Terdampak Gempa Cianjur Kredit Foto: LG Electronics Indonesia
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Bencana gempa di Kabupaten Cianjur Jawa Barat 21 November 2022 lalu menyebabkan sebagian masyarakat Cianjur harus hidup dalam tenda pengungsian sebagai pemukiman sementara.

        Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat  hingga 27 November 2022 lalu jumlah pengungsi terdampak gempa Cianjur mencapai 73,874 jiwa. Jumlah tersebut tersebar pada 325 titik pengungsian.

        Baca Juga: Jabar Bangun Fasilitas Umum Bagi Korban Gempa Cianjur

        Melihat kondisi tersebut,  PT. LG Electronics Indonesia (LG) menyediakan layanan cuci pakaian gratis bagi masyarakat terdampak gempa Cianjur. Di bawah pilar corporate social responsibility perusahaan, LG Loves & Cares, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini menggelar tenda kepedulian dengan layanan yang berfokus pada higienitas masyarakat di pengungsian.

        President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin mengatakan layanan utama tenda kepedulian LG ini berupa ketersediaan fasilitas cuci pakaian secara cuma-cuma. Selain itu, LG juga memberikan dukungan unit TV LG dan juga freezer yang harapannya dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan bagi kebutuhan pengungsi.

        “Mesti hidup dalam tenda sebagai pemukiman sementara, akan membuat higienitas menjadi masalah rentan yang bakal dialami masyarakat terdampak bencana gempa,” kata Lee Taejin dalam keterangan resminya, Kamis (8/12/2022)

        Lee menilai dengan kondisi serba terbatas,  higienitas inilah yang kerap lepas dari perhatian para pengungsi diantara kebutuhan lainnya.

        “Maka kami berharap, dukungan ini dapat membantu meringankan beban pengungsi utamanya dalam hal penjagaan higienitas,” ujarnya

        Baca Juga: Tak Diberi Kursi Duet Anies Baswedan, PKS Bisa Hengkang Menuju Prabowo: Mereka Mencari Kepastian...

        Adapun, Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, Jay Jang mengatakan untuk menjalankan layanan cuci pakaian gratis ini, LG membawa enam unit mesin cuci dengan kapasitas 14 kilogram. Dengan jumlah tersebut, perusahaan mengharapkan dapat memberi layanan pada lebih dari 100 orang setiap harinya.

        "LG tak bakal membatasi jumlah cucian masing-masing orang yang memanfaatkan jasa ini," tegasnya

        Jay kembali menegaskan, dalam memberikan layanan cuci pakaian gratis ini, LG juga bakal berupaya menerapkan berbagai kemudahan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerumunan. Termasuk diantaranya, merancang masyarakat dapat datang dan hanya mendaftarkan cucian pada petugas di tenda.

        Baca Juga: Bantu Pemulihan Pascagempa Cianjur, BRI Peduli Terus Layani Masyarakat Terdampak

        Saat pakaian kemudian selesai dicuci, petugas akan membantu mengantarkannya atau yang bersangkutan dapat mengambilnya kembali di tenda layanan cuci gratis LG.

        “Rancangan ini kami terapkan untuk tetap mengupayakan protokol kesehatan berjalan sehingga dapat mencegah timbulnya persoalan kesehatan lain nantinya,” ujarnya

        Sementara itu,, Customer Service President of LG Electronics Indonesia, Changdae Son menambahkan tenda kepedulian LG Loves & Cares ini akan memberikan layanan sepanjang sepuluh hari penuh terhitung dari dimulainya tanggal 5 Desember 2022. Namun demikian,  hal ini merupakan perencanaan awal yang dapat berubah sesuai dengan dinamika pelaksanaannya di lokasi.

        “Sepanjang pelaksanaan kami akan memantau dan sangat terbuka opsi untuk memperpanjang atau mengembangkan aksi kepedulian ini sesuai dinamika pemulihan masyarakat di sana. Kami berharap fasilitas ini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat terdampak bencana gempa ini,"jelasnya

        Selain itu, LG juga memberikan peluang bagi masyarakat sekitar untuk dapat melakukan perbaikan perangkat elektronik LG miliknya yang mengalami kendala.

        Baca Juga: Bukan Sama Anies Baswedan, Prabowo Disarankan Gaet Ganjar Pranowo: Keduanya Figur Representasi...

        "Khusus untuk program ini, sasarannya lebih luas, juga meliputi masyarakat sekitar yang tak langsung terdampak,"pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: