Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Berawal dari Nol, Inilah Peluang Bisnis Makanan Rumahan

        Berawal dari Nol, Inilah Peluang Bisnis Makanan Rumahan Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Memulai bisnis tidak harus bermodalkan uang yang banyak atau lahan yang luas. Bisnis bisa dimulai hanya dari rumah, dengan peralatan yang sederhana. Dibutuhkan inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk bisa menciptakan peluang bisnis diantara banyaknya pesaing yang ada.

        Bisnis sederhana yang banyak dipilih adalah bisnis makanan rumahan. Modal utamanya adalah keahlian memasak, inovasi masakan, resep, dan promosi. Bisnis makanan rumahan menjadi opsi bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapat penghasilan namun tidak mengeluarkan modal yang besar. Hal utama yang tidak boleh dilupakan adalah membuat logo pada makanan yang akan dijual. Desain logo warung makan akan menjadi ciri yang membedakan antara produk Anda dengan orang lain.

        Logo membantu dalam penciptaan identitas merek untuk bisnis karena penggunaan utama logo adalah untuk memberikan kepercayaan, pengakuan, dan kekaguman terhadap bisnis yang Anda jalankan. Logo harus dibuat dengan sederhana, mudah diingat, tidak lekang oleh waktu, sesuai dengan produk, dan serbaguna.

        Logo yang dirancang dengan baik membantu bisnis Anda mencapai keunggulan dan perbedaan untuk target pelanggan, sehingga dapat menarik perhatian dan membuat kesan pertama yang baik jika dilakukan dengan benar.

        Sebelum menjelaskan peluang bisnis rumahan, Anda perlu memahami seberapa penting logo terhadap bisnis Anda.

        Menciptakan kesan pertama yang kuat

        Logo yang Anda miliki sama dengan memperkenalkan merek Anda kepada konsumen. Animasi logo yang kuat menciptakan kesan pertama yang kuat juga, sehingga dapat membangkitkan minat pelanggan dan memikat mereka untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis Anda.

        Menurut penelitian, Anda dan bisnis Anda hanya memiliki waktu selama tujuh detik untuk menciptakan kesan pertama. Logo memiliki potensi untuk mendorong orang membuat penilaian cepat dan memutuskan untuk membeli produk atau tidak. Setelah Anda berhasil menarik pelanggan dan mengundang pelanggan ke toko Anda, kemungkinan besar mereka akan membeli produk Anda.

        Di sisi lain, ketiadaan logo menciptakan pandangan buruk akan produk, pelanggan tidak percaya terhadap produk Anda. Tidak masalah jika produk Anda memiliki kualitas terbaik atau tim layanan pelanggan sangat kompeten, namun jika Anda tidak dapat menciptakan kesan pertama yang baik, hal itu secara langsung mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengembangkan bisnis.

        Membuktikan Kualitas Merek dengan Identitas

        Identitas merek yang baik diterjemahkan menjadi citra merek yang memiliki reputasi baik, membuat bisnis Anda lebih mudah disukai. Logo Anda membentuk dasar identitas merek yang sangat penting bagi sisi komersial agar mudah dikenal.

        Logo yang menarik menampilkan satu warna dengan gambar, atau dapat mencantumkan nama merek Anda dalam font yang mudah dipahami. Logo akan muncul di semua upaya pemasaran Anda, termasuk email, media sosial, pengemasan, kartu nama, dan sebagainya.

        Menurut Reboot, menggabungkan satu warna di logo Anda dapat meningkatkan pengenalan merek Anda hingga 80%. Pelanggan akan mengasosiasikan warna tertentu dengan bisnis Anda, sehingga meningkatkan pengenalan merek. Ini berarti lebih banyak orang akan menghubungkan logo Anda dengan pengalaman pelanggan yang baik dan produk berkualitas tinggi, sehingga bisa meningkatkan penjualan Anda.

        Menarik Target Pelanggan

        Salah satu tujuan utama bisnis adalah mendapatkan lebih banyak konsumen melalui teknik pemasaran. Logo yang baik akan muncul secara mencolok pada iklan dan menjadi dasar dari setiap kampanye pemasaran untuk menarik target pelanggan.

        Inilah cara kerjanya. Desain logo, termasuk warna dan gaya, dibuat selaras dengan ideologi bisnis Anda dan produk yang Anda jual. Logo harus relevan. Misalnya, Anda memiliki bisnis makanan, warna merah dan kuning menjadi warna yang dapat dengan mudah menarik perhatian pelanggan. Setiap warna memiliki keterikatan tertentu yang mampu menarik pelanggan ke produk Anda.

        Demikian pula, font dan jenis huruf logo berbicara tentang kepribadian dan nilai perusahaan Anda. Ini menargetkan audiens tujuan Anda. Oleh karena itu, desain logo yang menarik harus selaras dengan kebutuhan bisnis Anda.

        Meningkatkan Loyalitas Merek

        Suatu perusahaan mendapatkan loyalitas merek melalui penyampaian produk yang dilakukan secara terus-menerus, fokus pada pengalaman dan layanan pelanggan, dan konsistensi dalam semua aspek. Butuh waktu cukup lama untuk menumbuhkan loyalitas merek.

        Menurut penelitian, biaya akuisisi pelanggan lima kali lebih banyak daripada retensi pelanggan. Oleh karena itu, jika Anda ingin memperluas bisnis Anda dengan meminimalkan biaya awal, Anda harus berfokus untuk memperkuat pengabdian merek Anda di antara basis konsumen.

        Secara tidak langsung, logo akan menjadi pengikat antara bisnis Anda dan pelanggan. Logo memiliki pesan tersendiri, sehingga sebagai pembuat logo Anda harus paham betul pesan apa yang akan disampaikan dalam logo.

        Logo Anda memainkan peran penting dalam membangkitkan kesetiaan di benak pelanggan. Ini berfungsi sebagai simbol yang menunjukkan kepercayaan, aksesibilitas, dan produk berkualitas. Konsumen akan tertarik ke bisnis Anda karena logo Anda memiliki ciri unik yan tak terlupakan.

        Anda bisa memulai bisnis dengan memikirkan logo apa yang cocok dengan bisnis rumahan Anda. Bisnis makanan rumahan yang mudah dilakukan bisa menggunakan logo dengan gambar makanan yang Anda jual, atau gambar sendok dan garpu beserta piring atau mangkok. Pilih font dan warna yang menggugah selera makan calon pelanggan  Anda.

        Memulai bisnis dari nol memang tidak mudah, tetapi dengan memanfaatkan apa yang Anda miliki, semua bisa dikerjakan perlahan. Beberapa tahun terakhir, bisnis makanan rumahan menjadi bisnis yang berhasil meningkatkan penghasilan para ibu rumah tangga maupun remaja. Makanan yang dibuat tidak perlu rumit, makanan seperti ayam katsu, pasta, roti bakar, bakso, dan makanan rumahan lainnya, bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

        Lebih mudah lagi, Anda bisa menjadi reseller untuk makanan beku. Modalnya adalah freezer untuk menaruh produk. Keuntungannya makanan dapat tahan hingga berbulan-bulan, disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Anda bisa menjual produk tersebut ke pelanggan yang ada di seluruh Indonesia.

        Adanya jasa layanan pesan makan online juga membantu Anda dalam berjualan. Walaupun semua dimulai dari nol, tapi bukan berarti tidak mungkin bisnis Anda menjadi sukses. Kemudahan yang ada saat ini, cocok sekali Anda manfaatkan untuk memulai bisnis yang sederhana.

        Selain itu, bisnis katering sehat juga bisa menjadi pilihan Anda. Umumnya, katering sehat menggunakan bahan-bahan mentah yang mudah ditemukan di pasar atau minimarket. Anda bisa mengolahnya di rumah, menambahkan bumbu-bumbu, dan dikemas dengan kemasan yang menarik. Peluang bisnis katering sehat sangat menjanjikan, terutama jika dijual di kota-kota besar.

        Siapapun bisa memulai bisnis makanan rumahan dengan memanfaatkan apa yang Anda punya. Bisnis tidak lagi sulit jika Anda tahu peluang apa yang bisa Anda lakukan. Jangan lupakan untuk membuat logo yang relevan dengan bisnis Anda, lihat disini untuk referensi logo yang bisa menjadi inspirasi. Pembuatan logo bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan bantuan para desainer logo yang ada di Fastwork. Ciptakan logo terbaik untuk bisnis rumahan Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: