Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Temui Forum Pemred, Wapres Ma'ruf Amin Terkejut Dengar Gimana Nasib Media Indonesia: Sudah Darurat

        Temui Forum Pemred, Wapres Ma'ruf Amin Terkejut Dengar Gimana Nasib Media Indonesia: Sudah Darurat Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan para insan pers yaitu pimpinan redaksi dari berbagai media online, cetak, dan elektronik yang tergabung dalam Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred) di Rumah Dinas Jalan Diponogoro, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2022).

        Wapres mengatakan kehidupan media saat ini dirasa kurang baik atau tidak baik-baik saja. Untuk itu, pertemuan ini tercetus atas terkejutnya Wapres akan tutupnya media cetak Republika dan beberapa media lainnya yang akan bertransformasi menjadi media online.

        Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin: Saya Keliling Seluruh Papua, Aman-aman Saja

        "Bahwa saya memang merasa agak terkejut membaca pengumuman Republika yang katanya mau ditutup ya. Juga, ada beberapa media cetak lainnya yang akan beralih ke online," kata Wapres dalam sambutannya.

        Untuk itu, Wapres ingin mendengar langsung bagaimana kondisi media saat ini dari insan pimpinan media, asosiasi, dan industri. 

        "Saya kira malam ini saya ingin mendengar cerita tidak baiknya seperti apa? Agar saya secara langsung bapak-bapak mengetahui persoalan yang dihadapi Media melalui sudut pandang pemimpin organisasi media," jelas Wapres.

        Untuk itu, Wapres berharap pertemuan ini dapat menghasilkan kebijakan yang menjadi jalan keluar dari permasalahan media.

        Baca Juga: Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan, Jokowi Akhirnya Bicara Siapa Penerusnya: Saya Kira Jelas...

        "Saya harap dari pertemuan ini muncul butir penting yang bisa menjadi kebijakan, yang akan kami usahakan langkahnya agar pemerintah bisa hadir dan memberikan solusi tepat untuk persoalan media," ujar Wapres.

        Sementara itu, Ketua Forum Pemred Arifin Asyhad mengatakan, permasalahan media telah disampaikan pada saat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yaitu tepatnya dua tahun lalu. Dirinya pun menyampaikan bahwa ekosistem media saat ini sedang tidak baik.

        Baca Juga: Tiru Kejutan Maroko, Wapres Ma'ruf Amin Harap Timnas Bisa Bawa Pulang Piala AFF 2022

        "Jadi kira-kira 3 tahun lalu HPN 2020 Forum Pemred saat itu bersama Pak Presiden makan malam di Banjarmasin. Disampaikan situasi ekosistem media ini sedang gak baik, sudah darurat," kata dia.

        Menurutnya, keadaan ini disebabkan karena ekosistem media atau adanya platform global media. Pasalnya hal ini mempengaruhi informasi yang disampaikan kepada masyarakat 

        "Karena ekosistem ini sudah ada platform global dari media. Kita gak masalah, kita welcome juga karena berkaitan dengan informasi yang disampaikan masyarakat. Namun harusnya bisa di diskusikan," tegasnya.

        Baca Juga: Waduh! Perindo Dapat Jatah Menteri, Jokowi Bisa-bisa Diamuk Koalisinya Sendiri

        Dalam kegiatan ini hadir 18 pimpinan redaksi seperti, Pemred Kompas, Pemred Kumparan, Pemred Bisnis Indonesia dan Pemred Warta Ekonomi, dan Pemred  Republika dan masih masih banyak pimpinan redaksi media lainnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: