Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ijtima Ulama Nusantara Minta Seluruh Warga Indonesia Pasang Logo Pancasila

        Ijtima Ulama Nusantara Minta Seluruh Warga Indonesia Pasang Logo Pancasila Kredit Foto: PKB
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar, meminta agar seluruh warga Indonesia memasang simbol Pancasila di setiap rumahnya. Hal tersebut menjadi wajib bagi para kader PKB, simpatisan, hingga para warga Nahdliyyin.

        Pria yang akrab disapa Cak Imin itu menegaskan, seluruh kader dan Nahdliyyin memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan instruksi tersebut kepada masyarakat luas. Pasalnya, arahan tersebut diambil dari salah satu keputusan Itjma Ulama Nusantara.

        Baca Juga: Maruf Amin Sebut Cak Imin Butuh 'Perahu' sebagai Kandidat Capres 2024: Tak Cukup Hanya PKB

        "Saya minta seluruh warga Indonesia memasang gambar Pancasila di rumahnya masing-masing," kata Gus Muhaimin dalam acara Ijtima Ulama Nusantara, Hotel Millenium, Jakarta, Sabtu (14/1/23).

        Baca Juga: Cak Imin: PKB Tolak Semua Usul Penundaan Pemilu dan Sistem Coblos Partai

        Cak Imin menuturkan, pemasangan gambar Pancasila merupakan sebuah sikap dalam membela negara. Menurutnya, warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembela negara.

        Dia menilai, sikap bela negara tidak seketika muncul sejak seseorang dilahirkan. Oleh sebab itu, perlu ditumbuhkan sejak dini serta senantiasa dipelihara dan dikembangkan secara berkesinambungan melalui pembinaan kesadaran bela negara.

        "Bela negara tidak hanya dilakukan oleh para abdi negara, namun oleh semua warga negara. Memasang gambar Pancasila salah satunya," ucapnya.

        Baca Juga: Koalisi Gerindra dan PKB Masih Belum Juga Deklarasikan Capres, Sufmi Dasco: Ini Bukan Deadlock!

        Dia juga menilai, sikap bela negara merupakan hak dan kewajiban bagi seluruh warga Indonesia sesuai dengan UUD 1945, pasal 27 ayat 3 tentang warga negara dan penduduk bahwa; Bela negara yang dilakukan oleh abdi negara termasuk bela negara militer, sedangkan warga negara biasa melaksanakan bela negara nonmiliter. 

        Baca Juga: Tepis Isu Pecah Kongsi, Prabowo Subianto Sebut Perumusan Cawapres akan Dilakukan Bareng PKB

        "Dalam permasalahan bela negara terdapat banyak masalah masalah yang terjadi seperti pelecehan terhadap dasar Pancasila. Pancasila lambang negara, kita membangun kesadaran sejak dini," ucapnya.

        Lebih lanjut, Cak Imin menegaskan bahwa para kader PKB memiliki peran besar dalam menumbuhkan semangat Pancasila. Dengan begitu, dia meminta para kader untuk tidak bertindak di luar norma-norma Pancasila.

        "Jangan sampai ada kader PKB yang melecehkan lambang negara Pancasila. Kader PKB pun harus memahami dan menjalankan nilai-nilai Pancasila," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Hidayat
        Editor: Yohanna Valerie Immanuella

        Bagikan Artikel: