Potential product atau produk potensial adalah semua fasilitas yang dapat menarik perhatian pelanggan baru dan membantu mempertahankan klien yang ada.
Tidak peduli seberapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk suatu produk, tidak ada produk yang bisa menguntungkan kecuali jika dijual. Oleh karena itu semua produk harus memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Karena semua pelanggan berbeda dan mencari manfaat yang berbeda dari produk, bisnis idealnya menyesuaikan produk mereka untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan setiap pelanggan.
Baca Juga: Apa Itu Frugal Living?
Semakin banyak fleksibilitas yang dimiliki bisnis untuk mengonfigurasi produk ke segmen pelanggan yang berbeda dengan biaya minimal, semakin banyak segmen yang dapat mereka targetkan dengan produk inti. Itulah mengapa sangat penting untuk mengembangkan produk baru dengan fleksibilitas sebagai fitur utama.
Philip Kotler, seorang ekonom, menyusun model yang mengakui pelanggan memiliki lima tingkat kebutuhan, mulai dari kebutuhan fungsional atau inti hingga kebutuhan emosional. Model ini juga mengakui bahwa produk hanyalah alat untuk memuaskan berbagai kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pelanggan akan memilih produk berdasarkan nilai yang mereka rasakan. Kepuasan adalah sejauh mana penggunaan aktual suatu produk sesuai dengan nilai yang dirasakan pada saat pembelian.
Produk potensial adalah tingkat kelima dalam struktur pemasaran produk buatan Kotler. Ini mencakup semua modernisasi dan transformasi, yang dapat dialami suatu produk di masa depan. Potential product adalah aspek yang sangat penting yang meningkatkan peluang terkait dengan pengenalan perbaikan produk di masa depan yang menghasilkan daya saing dan posisi pasar yang tetap terjaga.
Produk potensial juga berlaku untuk semua aktivitas yang terkait dengan layanan pelanggan, seperti kemungkinan pengembalian atau komplain. Kualitas pertemuan dengan klien juga penting, seperti musik, hiburan di lingkungan layanan, kepekaan terhadap kebutuhan konsumen potensial, serta keterampilan staf yang terkait dengan kebutuhan konsumen tanpa berkonsultasi dengan penyelia.
Sebagian besar contoh produk potensial dapat dilihat di industri teknologi. Konsumen memiliki persyaratan tinggi ketika datang ke pasar untuk teknologi canggih. Mereka berharap produk yang mereka beli, akan bertahan lama dan bekerja selama beberapa generasi kemajuan teknologi.
Produk potensial mengandung semua transformasi dan peningkatan yang akan dibawa oleh produk tertentu di masa depan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: