Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Lagi Bersinar, Ini Delapan Alasan Bisnis Kuliner Jadi Opsi yang Paling Menarik Saat Ini

        Lagi Bersinar, Ini Delapan Alasan Bisnis Kuliner Jadi Opsi yang Paling Menarik Saat Ini Kredit Foto: Unsplash/Lampos Aritonang
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bisnis kuliner menjadi pilihan bisnis yang paling banyak diminati saat ini. Hal ini terlihat pada maraknya pertumbuhan bisnis kuliner, baik makanan maupun minuman. Artinya, banyak pelaku bisnis yang meyakini bisnis kuliner adalah pilihan yang cocok dan memiliki peluang bisnis yang baik.

        Menurut Foodizz Academy, terdapat delapan alasan yang membuat bisnis kuliner menjadi pilihan yang paling menarik saat ini.

        Melansir dari Youtube Foodizz Channel, berikut delapan alasan kenapa bisnis kuliner sangat menarik saat ini.

        Baca Juga: Cara Menentukan Harga Produk Baru yang Lebih Murah untuk Bisnis Kuliner

        1. F&B Data

        Berdasarkan data, peningkatan pendapatan anggaran belanja konsumsi makanan diperkirakan bakal tumbuh 7,1% dalam lima tahun ke depan dan melebihi Rp1 triliun pada 2025.

        Prediksi itu menunjukkan bahwa bisnis kuliner itu seksi dan memiliki potensi yang cerah.

        2. Konsumsi Sehari-hari

        Bisnis kuliner merupakan bisnis yang menyasar konsumsi harian alias kebutuhan pokok masyarakat. Makanan dan minuman menjadi hal yang dikonsumsi oleh masyarakat mulai dari pagi hingga malam. Artinya, bisnis ini akan terus dicari masyarakat karena menjadi bagian dari kebutuhan mereka.

        3. Kebiasaan Baru

        Alasan berikutnya adalah pergeseran perilaku konsumen. Dulu, masih jarang masyarakat yang menghabiskan waktu dan uang untuk kuliner. Selain itu, masakan rumahan juga lebih populer sebelumnya.

        Sementara saat ini, khususnya di wilayah perkotaan, banyak masyarakat yang mengeluarkan waktu, uang, dan tenaga mereka untuk berlama-lama di kafe maupun restoran. Selain itu, pemesanan makanan secara daring juga makin populer. Pergeseran perilaku ini membuat potensi bisnis kuliner semakin besar.

        4. Potensi Penjualan yang Sangat Luas

        Bisnis kuliner memiliki potensi rise of mutichannel sales alias penjualan multisaluran yang luas. Misalnya, bisnis kuliner bisa memanfaatkan WhatsApp, toko online, dan lain sebagainya.

        Bahkan, bisnis kuliner makanan kini juga bisa menjangkau pasar dengan lebih mudah dan hemat.

        5. Faktor Pertumbuhan yang Meningkat

        Faktor berikutnya adalah bisnis kuliner merupakan salah satu industri yang mempunyai aspek scaleable and hack growth besar. Bisnis kuliner dapat dijalankan dengan berbagai model kerja sama bisnis, mulai dari modal ventura, avengers capital, crowdfunding, hingga franchise. Potensi-potensi ini membuat bisnis kuliner dapat membuka lebih banyak cabang dengan mudah.

        6. Dampak Sosial

        Bisnis kuliner juga memiliki dampak sosial yang besar ke masyarakat. Sebab, bisnis kuliner mampu membuka lapangan pekerjaan. Selain itu, pengembangan bisnis kuliner juga mendorong lahirnya banyak entrepreneur baru.

        7. Peluang untuk Semua Orang

        Siapa saja berkesempatan untuk masuk dan sukses di industri bisnis kuliner. Tentunya, kondisi ini perlu memenuhi sejumlah syarat, seperti networking yang luas, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, hingga ekosistem yang mendukung.

        8. Banyaknya Investor

        Mengingat besarnya potensi bisnis kuliner, banyak investor yang berkenan untuk menginvestasikan dananya ke bisnis ini. Investor untuk bisnis kuliner terbilang sangat luas, mulai dari korporasi hingga individual. Tak heran, banyak brand yang mampu bertumbuh dengan pesat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: