Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Rishi Sunak Punya Hati Mulia, Aksinya Bareng Relawan Inggris Bikin Decak Kagum!

        Rishi Sunak Punya Hati Mulia, Aksinya Bareng Relawan Inggris Bikin Decak Kagum! Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, London -

        Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada Kamis (9/2/2023) bertemu dengan para sukarelawan di sebuah pusat donasi yang didirikan di ibu kota untuk para penyintas gempa kuat yang melanda Turkiye dan Suriah.

        Sunak berbicara dengan mahasiswa dari University College London (UCL) dan membantu mereka mengepak barang-barang di pusat tersebut, serta menyumbangkan topi, syal, dan selimut.

        Baca Juga: Segudang Bantuan dari Inggris buat Turkiye, Ternyata Lebih dari Sekadar Uang

        "Sulit untuk memahami skala tragedi yang terjadi di Turkiye dan di Suriah. Hampir 20.000 orang telah kehilangan nyawa (dan) kota-kota hancur. Dan sebagai seorang ayah, saya yakin semua orang telah melihat foto-foto orang tua yang mencoba untuk menemukan anak-anak mereka, bayi, balita dari puing-puing," katanya dalam sebuah video yang diposting di Twitter.

        "Saya pikir itu adalah citra yang akan melekat pada kita semua untuk waktu yang lama," katanya, seraya menambahkan bahwa sangat penting untuk mendukung Turkiye saat ini.

        "Kami akan terus memberikan semua dukungan yang kami bisa," katanya, seperti dilansir Anadolu Agency.

        Sunak mengatakan Komite Darurat Bencana mengoordinasikan semua pekerjaan amal di Inggris.

        "Dan ketika saya mengatakan orang-orang dapat memberi dengan murah hati untuk amal itu, pemerintah mengatakan akan mencocokkan setiap sumbangan itu, dan saya mendesak orang-orang untuk memberi dengan murah hati jika mereka bisa," tambahnya.

        Sementara itu, Inggris akan mengirimkan rumah sakit lapangan dan tim dukungan udara perawatan kritis serta pesawat untuk membantu memberikan perawatan darurat vital bagi mereka yang terluka parah akibat bencana gempa bumi di Turkiye.

        Dukungan tambahan datang selain tim yang terdiri dari 77 spesialis pencarian dan penyelamatan Inggris, peralatan dan empat anjing pencari yang tiba pada hari Selasa di Gaziantep, salah satu dari 10 provinsi di Turkiye yang terkena dampak gempa bumi, untuk memulai operasi penyelamatan jiwa mereka.

        Sedikitnya 17.674 orang tewas dan 72.879 lainnya terluka setelah dua gempa kuat mengguncang Turkiye selatan pada Senin, menurut angka resmi terbaru.

        Gempa bumi berkekuatan 7,7 dan 7,6, yang berpusat di provinsi Kahramanmaras, berdampak pada sekitar 13 juta orang di 10 provinsi Turki termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: