Agar dapat bertahan di tengah tren belanja online, sejumlah mal melakukan inovasi. Dengan berbagai inovasi ini, mereka dapat mempertahankan bahkan meningkatkan jumlah pengunjung.
Terdapat beberapa mal yang sukses menciptakan inovasi-inovasi untuk menarik minat pengunjung. CEO dan Co-founder Corporate Innovation Asia (CIAS) Indrawan Nugroho mencatat sejumlah mal yang inovasinya berhasil membuat mereka kembali diminati pengunjung.
1. Senayan City
Senayan City menjadi salah satu mal yang inovasinya berhasil meningkatkan jumlah pengunjung. Mal ini membuat sejumlah terobosan seperti drive thru serta Senayan City live shopping yang memungkinkan pelanggan menghubungi toko yang dituju untuk berbelanja sekaligus menikmati promo yang diberikan selama live berlangsung.
Baca Juga: Ini Lima Alasan Mal Makin Sepi
Berkat inovasi tersebut, Senayan City memperoleh sejumlah capaian, seperti 90% tenan sudah beroperasi, 25% pengunjung di weekday, dan 35% pengunjung di weekend.
2. Kota Kasablanka Mall
Mal ini menginisiasi kolaborasi dengan platfom e-commerce Lazada. Strategi ini diharapkan dapat berimplikasi pada naiknya daya beli dan penjualan ritel.
Kota Kasablanka Mal juga berupaya menghadirkan kegiatan-kegiatan yang mengakomodasi kebutuhan pengunjung, seperti travel fair movie dan lain sebagainya. Mal ini juga mampu menambah tenan F&B tanpa meninggalkan ritel fesyen yang selama ini menjadi kekuatannya.
3. AEON Mall, Green Pramuka Square, dan Central Park Mall
Ketiga mal ini memiliki persamaan inovasi, yakni lebih menonjolkan fasilitas nongkrong daripada toko-toko pakaian.
Misalnya, Green Pramuka Square memiliki area food street untuk tempat nongkrong kaum milenial. Mereka juga rutin menggelar acara tematik yang menyasar anak muda sampai keluarga.
Sementara itu, AEON Mall mengusung tema Jepang sehingga restoran dan kafe di AEON selalu padat pengunjung.
4. Grand Indonesia
Tak jauh berbeda dengan AEON Mall, Grand Indonesia juga berinovasi pada aspek F&B dengan mengubah konsep foodcourt mereka menjadi foodprint. Selain itu, mal ini juga menonjolkan variasi brand yang diminati konsumen dan sedang menjadi trendsetter. Mal ini juga kerap membuat program-program belanja bertema eksperimental.
5. Lippo Mall Puri
Lippo Mall Puri baru-baru ini meluncurkan layanan Park and Dine. Mereka menyulap parkiran khusus di Sky Garden Lippo Mall Puri menjadi lokasi Park and Dine. Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati hidangan restoran di dalam mobil sambil melihat pemandangan senja dan malam kota Jakarta.
6. Neo Soho Mall
Neo Soho Mall yang berlokasi di Jakarta Barat ini menjadi living planet indoor terbesar di Indonesia. Sebab, mal ini menyuguhkan wisata Jakarta Aquarium Safari yang di dalamnya menghadirkan banyak objek wisata bawah laut. Inisiatif ini menjadi daya tarik mereka melalui wisata yang menarik, edukatif, dan instagramable.
7. Mall Taman Anggrek
Mall Taman Anggrek memiliki Sky Rink atau arena seluncuran es terluas di Asia Tenggara. Kehadiran Sky Rink mampu menjadi arena rekreasi bagi keluarga.
8. Sarinah
Sarinah merupakan pusat perbelanjaan tertua di Indonesia. Kini, mal tersebut telah disulap menjadi mal dengan konsep baru yang mengunggulkan area terbuka yang luas. Konsep ini membuat Sarinah menjadi ruang bagi komunitas untuk memadukan literasi, kultur, dan produk UMKM.
Selain itu, konsep department store Sarinah diubah menjadi specialty store. Produk-produk yang dijual di mal ini dibuat relevan dengan konsumen dan pola belanja modern.
Demikian sejumlah mal yang sukses berinovasi sehingga mampu mempertahankan bahkan meningkatkan jumlah pengunjung mereka.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti