Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Banjir Keuntungan Hingga Cuan, Masyarakat Medan Johor Miliki Kesempatan Menjadi Agen Pegadaian!

        Banjir Keuntungan Hingga Cuan, Masyarakat Medan Johor Miliki Kesempatan Menjadi Agen Pegadaian! Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
        Warta Ekonomi, Medan -

        PT Pegadaian Kanwil 1 Medan mengajak para Kepala Lingkungan (Kepling) se-Kecamatan Medan Johor bergabung menjadi Agen Pegadaian. 

        "Para Kepling akan memperoleh benefit (keuntungan) berupa fee dari Pegadaian, jika berhasil merekomendasikan warga khususnya pelaku usaha melakukan transaksi pembiayaan di Pegadaian Cabang Padang Bulan," ucap Deputy Bisnis Area Medan 2 yang diwakili Pimpinan PT Pegadaian Cabang Padang Bulan, Tengku Namira disela sosialisasi Keagenan Pegadaian, di Kantor Kecamatan Medan Johor, Jumat (3/3/ 2023).

        Baca Juga: Makin Meninggi, Harga Emas Antam di Pegadaian Jadi Rp1.062.000 per Gram Hari Ini

        Menurut Namira, sapaan akrabnya, para Kepling yang bergabung menjadi agen, akan menjadi perpanjangan tangan Pegadaian dalam membantu masyarakat yang membutuhkan permodalan usaha. 

        "Selain membantu warga yang butuh tambahan modal usaha, Kepling yang menjadi agen Pegadaian akan memperoleh keuntungan berupa fee sebesar 0.75 persen dari nilai transaksi nasabah yang dicairkan oleh Pegadaian," sebut Narima. 

        Namira membeberkan, PT Pegadaian sebagai perusahaan BUMN, telah bertransformasi. Pegadaian tidak lagi hanya melayani jasa gadai, melainkan ada banyak pilihan inovasi produk layanan. 

        "Pegadaian siap melayani kebutuhan tambahan modal usaha, pembiayaan kendaraan bermotor, pendaftaran porsi haji, investasi emas dan lainnya," ungkap Namira. 

        Baca Juga: Maju Mundur Kena, Manuver Anies Jebak Heru Budi Hartono Dibaca: Demi Seolah-olah Karya Abadi...

        Namira menambahkan, proses menjadi agen Pegadaian sangatlah mudah. "Para Kepling yang ingin bergabung menjadi agen Pegadaian, silakan datang ke Cabang Padang Bulan atau mendaftarkan diri melalui aplikasi Agen Pegadaian," jelasnya. 

        Tugas para agen, lanjut Namira, hanya menawarkan dan membantu menyiapkan berkas calon nasabah. "Para Kepling hanya membantu warga menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Untuk urusan survei, kunjungan hingga pencairan ada di Pegadaian," cetus Namira. 

        PT Pegadaian sendiri memiliki beragam pilihan produk unggulan. Diantaranya Kredit Cepat Aman (KCA), Krasida, Arrum Haji, Tabungan Emas, Amanah (kepemilikan kendaraan bermotor), Cicilan Logam Mulia dan KUR Syariah. 

        Baca Juga: Habis Dirujak Menterinya Jokowi, Mario Dandy Terancam Masuk Jurang Lebih Dalam Lagi: Kami Mengamankan...

        Para Kepling dapat memanfaatkan layanan KUR Syariah untuk membantu warga yang membutuhkan tambahan modal usaha. "KUR Syariah dari Pegadaian tanpa jaminan. Sewa modalnya juga relatif mudah cuma 3 persen per tahun atau setara 0.14 persen per bulan," kata Namira. 

        Namira menjelaskan, KUR Syariah adalah produk terbaru dari Pegadaian. "Pemerintah memberi kepercayaan pada Pegadaian untuk menyalurkan KUR Syariah, dengan tujuan membantu mempercepat pemulihan ekonomi di sektor UMKM. Pemerintah mengharapkan, melalui subsidi KUR Syariah sektor UMKM bisa dapat bangkit dan pulih kembali," sebut Namira. 

        KUR Syariah menyasar masyarakat pelaku UMKM. "Syarat untuk mendapatkan KUR Syariah Pegadaian, usahanya sudah berdiri minimal 6 bulan dan melampirkan surat keterangan usaha yang dikeluarkan oleh pihak Kelurahan. Selain itu, melengkapi administrasi lainnya seperti KK, KTP, buku nikah (bagi yang sudah menikah), dan juga PBB," tandasnya.

        Nilai pinjaman KUR Syariah Pegadaian mulai dari 1 juta hingga 10 juta rupiah dengan jangka waktu cicilan selama tiga tahun atau 36 bulan. Sementara itu, Camat Medan Johor diwakili Sekcam Yoga Budi mengapresiasi kedatangan manajemen PT Pegadaian Cabang Padang Bulan, untuk meliterasikan produk-produk Pegadaian.

        Baca Juga: Jangan Terjebak Bualan, Ingat Nasib Proyeknya Jokowi Saat Era Anies Baswedan: Rakyat Bisa Menilai...

        Yoga melaporkan, Kecamatan Medan Johor memiliki 6 kelurahan dan 81 lingkungan. "Diharapkan para Kepling mengambil peluang ini dengan bergabung menjadi agen Pegadaian, dengan tujuan membantu masyarakat yang membutuhkan tambahan modal usaha," cetusnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Khairunnisak Lubis
        Editor: Aldi Ginastiar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: